esenSIAL – Kuliah FILSAFATah-fatah

“Kalian tahu, pengertian ESENSI itu apa???”


Semua terdiam. Sekelas cuman lengang. Anak2 nyobain berpikir.


“Yang bisa jawab, saya kasih nilai A untuk filsafat!!!”


Semua berlomba-lomba mikir. Mulut2 pada ngedumel. Beberapa anak

ada yang nyoba, namun jawabannya ditolak. Lalu si Kidung pun

njawab dan agak2 benar gitu. Lalu, dia pun yang berhak menggondol

nilai A untuk mata kuliah filsafat semester ini.


gileeeee….

apa jawaban sang dosen mengenai ESENSI???


“ESENSI adalah SESUATU YANG HARUS ADA, TIDAK BOLEH TIDAK ADA PADA

SESUATU ITU SEHINGGA SESUATU TERSEBUT DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI

SESUATU”


GIMANA????

filsafat kurang kerjaan banget kan???!

Iklan

6 thoughts on “esenSIAL – Kuliah FILSAFATah-fatah

  1. Kayaknya, bukan filsafatnya yang kurang kerjaan, tp gurunya yg kurang bisa menjelaskan. dalam dunia filsafat ada yang disebut esensi atau subtansi (jauhar) dan ada yang disebut aksiden (‘aradh). kongkretnya mungkin begini, Allah adalah jauhar dan semesta adalah aksiden. semesta ini ada, termasuk manusia tetapi keberadaan mereka sangat terhantung dg keberadaan Allah. tanpa Allah manusia dan semesta lainnya yang disebut aksiden itu tidak akan ada. beda dengan jauhar, yang ada tidk tidaknya alam tidak akan berpengaruh pada adanya. pemahaman tentang jauhar dan aradh inilah yang dulu sering digunakan para mutakallimun untuk menjelaskan alam. dan ini adalah pelajaran dasar tentang tauhid. Jadi, jangan salah paham dengan filsafat. masak hanya karena gurunya yang keliru yang disalahin filsafatnya. xixixixi…

  2. rhedjozt said: hooooo………….*mati aku kalo kena kuliah yg macam gitu ^_^!

    mati??? ah, segitunya… kalo mati kutu sih boleh2 aja… tapi, kalo mati beneran???

  3. zaydfaza said: Kayaknya, bukan filsafatnya yang kurang kerjaan, tp gurunya yg kurang bisa menjelaskan. dalam dunia filsafat ada yang disebut esensi atau subtansi (jauhar) dan ada yang disebut aksiden (‘aradh). kongkretnya mungkin begini, Allah adalah jauhar dan semesta adalah aksiden. semesta ini ada, termasuk manusia tetapi keberadaan mereka sangat terhantung dg keberadaan Allah. tanpa Allah manusia dan semesta lainnya yang disebut aksiden itu tidak akan ada. beda dengan jauhar, yang ada tidk tidaknya alam tidak akan berpengaruh pada adanya. pemahaman tentang jauhar dan aradh inilah yang dulu sering digunakan para mutakallimun untuk menjelaskan alam. dan ini adalah pelajaran dasar tentang tauhid. Jadi, jangan salah paham dengan filsafat. masak hanya karena gurunya yang keliru yang disalahin filsafatnya. xixixixi…

    wah, tengkyu deh atas penjelasanna yang panjang lebar!!!hmmm…filsafat…filsafat…

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s