Xerografer Nongol di Japos


Gua baru tahu kalo ini nih bukunya Mas Ihwan.

Tadi, sekalian buka puasa, gua mampir di warung. Seperti biasa, warung2 di Surabaya, kurang afdol kalo gak langganan koran. Warung yang biasa tempat gua beli es blewah ini pun juga. Selain makanan dan minuman, juga disediakan menu koran. Jawa Pos, tepatnya.

Gua buka Rubrik Metropolis. Kali aja pengumuman surveyor yang gua ikutin beberapa waktu lalu di-publish. But, ow…ow…belum ada dink! Yawdah, gua langsung ke halaman berikutnya. Eh, rubrik Book Club. Tau gak buku siapa yang lagi di-review??? XEROGRAFER. Karyanya Mas Ihwan, MPers Malang.

Meskipun dulu gua dapet PM dari Mbak Nina, undangan untuk hadirin launching nih buku di Brawijaya, namun berhubung gua udah di Surabaya, so gak bisa ikut deh! Gua cuman bisa ngikutin perkembangan terbaru lewat messages baru atas PM tersebut.

Gua baru tadi bisa ngeliat cover-nya. Mmm… Cool!!! Dari luarnya aja yang bergambar LOVE n MESIN FOTOKOPI udah ketebak, nih novel pasti tentang cinta2 gitu deh! But, dari judulnya, gua juga masih awam, what’s Xerografer??? Photo Copier??? Hmmm…I dunno!!!

Dari judul aja udah bikin penasaran. Gimana ceritanya???

Budi, sejak kecil gila baca. Dari bungkusan koran hingga undangan tahlilan buat bapaknya, semua ia lahap. Gak heran kalo dia berangan-angan bisa kerja di perpustakaan. Dalam bayangannya, buku yang bertumpuk-tumpuk di perpus adalah makanan yang amat sangat bergizi. Bikin dia ngiler setengah mati. Hihihihi…

Karena alasan finansial, dia gak ngelanjutin kuliah. Dia pun ngelamar kerja di perpus sebuah PTN. Bukannya ditempatkan di perpus, dia malah disuruh jaga bagian fotokopi. Meski tidak sesuai harapan, but well…dia terima.

Menjalani profesi sebagai tukang fotokopi, banyak suka dukanya. Hal-hal lucu, jayus, dan garing juga nggak sedikit mewarnai aktivitas si Budi. Kisah cinta juga tak terelakkan. Dan…inilah angle yang dibidik oleh seorang Ihwan.

Budi berkenalan dengan Mira, seorang mahasiswi yang waktu itu lagi motokopi. Budi pun jatuh cintrong ama nih cewek. Meski nyadar dirinya nggak selevel ama Mira, namun dia maju terus. Berbagai usaha pedekate dilakoninya. Mira sih cuek2 aja. Pacaran ama tukang fotokopi gituloh???

Cerita makin seru ketika tokoh Nina, sahabat Mira, muncul. Dia poling in lop ama si Budi. But, Budi nggak nge-reken. Kagak peduli gitu. Usaha pedekate ke Budi juga gencar dilakukan ama Nina. Namun, tetap aja Budi nggak bergeming. Cintanya tetap satu: Mira.

Mengetahui kondisinya seperti itu, Mira pun dilanda dilemma. Menerima cinta si Budi berarti menghancurkan persahatabatannya dengan Nina. Akankah hal itu terjadi??? Well… Baca ndiri ya novelnya!!!

BTW, gue langsung kepikiran. Nih novel pasti terinspirasi dari profesi penulisnya sendiri. Secara, Mas Ihwan kan bekerja di bagian fotokopi Perpustakaan Universitas Brawijaya. Terus, jangan2 si Budi itu Mas Ihwan sendiri??? Kisah cinta yang melatari novel ini juga dialami sendiri oleh Mas Ihwan??? Weeewww…

NB: Ya Ampuun… kok tulisan gua terasa mentah ya??? Nulis ini aja seret banget! Nggak ngalir… Kayaknya, gue kudu belajar lebih banyak lag deh nulis review! Huhuhu…

SELENGKAPNYA:

untuk foto2 yang lain bisa dilihat di sini: http://ninanutter.multiply.com/photos/album/65

laporannya juga ada: http://ninanutter.multiply.com/journal/item/237

review-nya yang lebih maknyus: http://ninanutter.multiply.com/reviews/item/41

Iklan

10 thoughts on “Xerografer Nongol di Japos

  1. sinthionk said: wow…jujur neh aku blom baca tuntas buku ini…baru baca pas launchingnya m’ihwan…itu juga dapet pinjem dari mbk nina…hehehe….*maap m’ihwan*

    sama mbak!!!saya aja inspirasi nulis review gadungan ini pas lagi makan di warung…just read its review!!!pengen baca…

  2. lafatah said: sama mbak!!!saya aja inspirasi nulis review gadungan ini pas lagi makan di warung…just read its review!!!pengen baca…

    novelmu sendiri gimana Tah??

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s