Tah, BOROS BANGET SIH PAKE PULSA!!!

Ini adalah omelan buat diriku sendiri.

Diucapkan oleh diriku sendiri.

Untung omelan ini bukan kudapat dari orang lain.

Jadi, aku masih ada waktu untuk bisa mengoreksi diri dan untuk tidak sakit hati.

Mungkin ini yang namanya boros, ya? Pulsa seratus ribu habis dalam dua minggu. Padahal, sebagai pengguna setia XL, khususnya Bebas, setiap bulannya aku dijatah seratus ribu. Tapi, lebih sering habis sebelum deadline yang sudah ditetapkan.

Sebenarnya, bukan masalah sih jika pulsaku sekarat sebelum masa aktifnya berakhir. Sebab, aku selalu diisin pulsa XTRA 100 ribu. Artinya, aku bisa free 100 sms untuk pengguna XL selama 30 hari. Nah, kalau aku nggak pake buat nelpon atau gprs-an, niscaya tuh pulsa akan tetap fresh, 100 ribu, hingga pengisian pulsa berikutnya.

Masalahnya, seringkali pulsa yang seratus ribu itu habis dalam jangka yang benar-benar pendek. Apalagi sejak aku pake Nokia 6020 di mana fitur gprs-nya aku aktifkan. Dengan fasilitas itu, aku yang memang hobi online, makin dimudahkan. Buka browser, ngecek e-mail, download aplikasi OTA (Over The Air), dan lain-lain. Juga ada beberapa aplikasi yang untuk menggunakannya, harus koneksi gprs dulu, kayak mig33, cellityfreesms, atau mxit. Nah, pulsaku kebanyakn kesedot di situ.

Penyebab lain pulsaku terkeruk adalah sms yang over. Artinya, dalam sehari, aku kalau lagi semangat2nya smsan, bisa menghabiskan kuota untuk gratisan. Aku memakai lebih dari seratus sms. Ini berarti, setelah seratus jatahku habis, maka setiap sms-nya aku akan dikenakan tarif reguler, Rp. 350/sms. Dan, aku sering kebobolan di sini. Maksudnya, karena keasyikan sms, forward, atau pun send to many, akhirnya deh pulsaku jebol sebelum masa aktif berakhir. Rugi sendiri deh gue akhirnya.

Intinya, sebelum hp-ku berfitur gprs, aku justru hemat banget pake pulsa. Terkadang, dalam sebulan, cuma kepake lima puluh ribuan gitu. Ini karena aku jarang outgoing calls, lebih sering nerima panggilan. Biasanya sih dari ortu. Terus, aku lebih fokus ama fitur hiburan di hp-ku, yaitu radio. Jadi, minus fitur gprs, justru membantuku dalam menghemat pemakaian pulsa.

Sekarang, karena hp-ku minus hiburan (musik atau radio), so bukan cuma sms-nya yang benar-benar kumanfaatkan, melainkan juga fitur gprs-nya. Bahkan, jujur saja, pulsaku lebih banyak kesedot untuk gprs ini. Huhuhuhuhu…

Bisa nggak aku terlepas dari kebiasaan ‘buruk’ ini??? Aku menganggapnya buruk karena ini termasuk pemborosan. Selain itu, aku ber-gprs untuk hal-hal yang kurang perlu dan nggak terlalu penting. Sempat terpikirkan sih untuk ganti ke hp yang minus gprs, namun maknyus dalam fitur hiburan (ada slot mmc-nya, music player, video player, atau radio) yang dulunya pernah aku dapatkan dari SE K700i.

Aku nulis ini karena tadi malam pulasku mulai mengalami masa-masa sekaratnya. Padahal baru dua minggu yang lalu aku diisin. Dengan terpaksa aku puasa ber-sms beberapa hari ke depan sekalian mikir-mikir untuk membeli nomor perdana yang lain.

Hiks…bener-bener deh lo, Tah!!!

11 thoughts on “Tah, BOROS BANGET SIH PAKE PULSA!!!

  1. hehee….yawda ganti hp aja yg fungsinya cuman 2, nelpon dan sms…. klo masih boros jg, bli hp yg cuman bisa sms, heheheee…. tapi klo aku siy, ada biaya komunikasi bertambah itu artinya order bertambah, naah dirimu jg gitu aja….^_^

  2. capulaga said: hehee….yawda ganti hp aja yg fungsinya cuman 2, nelpon dan sms…. klo masih boros jg, bli hp yg cuman bisa sms, heheheee…. tapi klo aku siy, ada biaya komunikasi bertambah itu artinya order bertambah, naah dirimu jg gitu aja….^_^

    hohohoo…orderan apa mbak???boleh tau nggak???kalee aja saya bisa ngikutin langkah strategis mbak! (ciaaaahhh…)memanfaatkan “KEBENGKAKAN PULSA” untuk hal2 positif

  3. pake indosat im3 aja, GPRSnya 1kb=1 rp lho, bener, trus GPRSnya juga stabil, trus kalo im3, kirim 10 sms sehari gratis 10 sms, trus nelp ke luar negeri, contohnya Jepang (tetep) cuman 850/menit, so jangan ragu pake im3…hehehehe

Sila Urun Tutur

