Linux: Postingan Kacau, Bingung, Menyegarkan


Pake Linux, Siapa Takut?!?

Ini adalah poster yang terbentang di jagad pikiranku *halah*

Meskipun sebelumnya aku sempat menganggap linux itu sulit, nggak gampang, nggak user-friendly, dan ‘nggak-nggak’ yang lainnya, namun setelah aku coba, jadi pengen ketagihan. Sekedar pengen ketagihan loh ya?

Kenapa???

Pertama kali nyobain linux waktu di Malang. Aku ada temen di asrama Lombok yang memang gape banget ama IT. Nah, waktu itu temennya bawa buku + cd linux, so dia nyobain di laptopku. Lihat tampilan, kesan pertama, cool banget. Setelah nyoba klak-klik, kesan kedua, aneh! Rada-rada sulit. Menu-menunya beda. Yeah, maklum masih didoktrin ama windows.

Sejak sweeping software bajakan diberlakukan di Malang dan Surabaya, banyak warnet di kedua kota tersebut yang menghentikan operasinya sementara waktu. Ada yang tetap bertahan dengan menginstall windows asli. Ini demi kenyamanan dan kemudahan pelanggan. Namun, banyak juga yang berpindah ke lain hati: pake linux.

Karena ke warnet cuman buat ngenet, sesekali buka fitur-fitur yang dimiliki linux, aku pun nggak terlalu concern ama software gratisan ini. Karena masih di bawah bayang-bayang windows, jadi sempat kesel dan bingung juga ketika fungsi yang diinginkan tidak aku temukan. Apalagi ketika ngempih. Berposting ria. Hmmm…jadi masalah neh!

Linux kan pake open office tuh, semacam Microsoft Office-nya Windows. Nah, secara aku lebih sering posting tulisan, so dengan otomatis file dokumen yang aku ketik di word kudu dibuka lewat writer-nya open office. Hasilnya, ketikanku kacau. Font-nya berubah. Alligment-nya nggak rapi. Nggak maknyus deh! Nggak puas…

Apalagi ketika masuk ke kotak posting tulisan di Multiply. Setelah copy, lalu paste, eh…berubah! Tipe hurufnya jadi Times New Roman semua. Nggak bisa diubah. Ukurannya pun small. Meskipun di-normal-in, di-large-in, tetap aja small. Duh, repot! Yang lebih nyebelin lagi, ketika ganti warna font, eh hitam semua, padahal begron MP-ku kan hitam (sebelumnya, sekarang kan beda). Jadi kurang maknyus deh ketika udah nampang di blog. Mpers pasti sering jumpai format tulisanku yang kacau margin dan font-nya.

Tapi, ada satu yang aku suka dari warnet yang pake linux. Aku bakal bisa tetap ketemu ama Mozilla (browser paporitku – browser defaultnya linux). Selain itu, aku ngerasain banget, beda kecepatan browsing-nya pake Mozilla (atas nama linux) ketimbang Internet Explorer atau Opera. Hidup linux!!!

Satu lagi, warnet di sekitar kosku di Suravaya yang komputernya pake linux, sungguh baik hati. Setiap pengunjung warnet dikasih segelas air mineral yang sejuk dan menyegarkan. Jadi, panasnya Surabaya, bisa teredam gara-gara AC atau kipas angin yang tersedia, kecepatan browsing yang tinggi (lumayan, nggak bikin stress2 amat), plus ngasih air minum gratis.

Warnet langgananku…
Kudoakan engkau….
Agar selamanya ngasih air mineral gratis…
Biar aku tetap jadi pelangganmu…
Biar pelangganmu makin banyak
Tapi, satu yang amat sangat kupinta…
Sesekali kasih gratisan ngenet donk! Sekitar dua puluh empat jam gitu…
Free… just for me!!! Oke???




Iklan

6 thoughts on “Linux: Postingan Kacau, Bingung, Menyegarkan

  1. aku juga pernah pake linux..tapi karena udah kebiasaan pake windows..linux yang virus free..tapi software-softwarenya menurut aku kurang menggigit/kurang keren ah..karena desakan suamiku yang gak gitu senang liat linux yang datar2 ajach…dan juga driver2 yang tak tersedia..akhirnya PC dan NOtbuk dipindahin lagi ke windows XP yang full virus dan bajakan semua..hahahaha….jangan bilang-bilang yah …

  2. Huahahaha…teteh ketahuan!Pake bajakan!Sama donk kayak saya.Masih belum ikhlas pindah ke lain hati. Ehehehe…Sempat juga ngebet dual booting: windows ama linux, tapi blum diizinkan ama n0tbuknya 🙂

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s