Obat Stres Gue: Potong Rambut

Kalo rambut gue mulai panjang, mesti bawaannya stres. Gampang marah. Mau tidur mulu. Mau nyeruduk ban mobil orang mulu. Bahkan, kalo diadu ama banteng di arena matador, bisa-bisa kalah tuh banteng! Saking besarnya energi negatif yang menguasai ubun-ubunku. Ciaaaaah… Singkatnya gini. Emosiku jadi selabil gunung Kelud belakangan ini.

Tapi, kalo udah potong rambut, bener-bener beda bawaannya. Kepala jadi terasa ringan. Darah di kepala terasa lebih encer. Lebih adem aja rasanya. Apalagi jika angin berhembus, membelai kulit kepala, betapa segarnya dunia kurasa.

Biar pun demikian, potongan rambutku nggak pernah berubah dari jaman onta hingga jaman honda. Modelnya selalu yang itu-itu saja. Bahkan, kalo udah masuk tukang potong rambut, terus ditanya mau style yang gimana, aku cuman bilang: “ Biasa aja, Bang! Doggy style…” Bisa dipastikan abang cukur rambut itu bakal tertawa mendayu-dayu.

Yeah!!! Aku emang orangnya simple. Nggak suka yang macam-macam. Sekedar potong rambut saja, aku tak pernah gonta-ganti model. Pokoknya, gimana rambutku yang rada-rada bergelombang bahenol itu bisa bikin aku kelihatan cakep, dikelilingi banyak nyamuk, dan membuat cewek-cewek berteriak histeris karena ngeliat burung cucakrawa bersarang di atas rambutku. Hooooh…

Itu juga sih alasan gue gak sreg kalo rambut gue udah panjang. Jadi nggak pede aja. Rambut mulai menunjukkan ke-brekele-annya, sementara badanku kayak es lilin, jadi mirip korek api deh! Sumpah, aku jadi nggak pede. Dunia terasa runtuh, menimpa rambutku yang seksi keparat itu.

Pernah ada usulan, lebih tepatnya kritikan dari adek misanku, agar sesekali ngerubah tampilan rambut. Terus terang, gue nggak pernah sampai plontos, gimbal, spaeky yang bener2 spaeky, atau tampil dengan rambut culun. Apalagi sampe dicat merah, kuning, biru, atau ijo tai kambing, nggak banget deh! Bukannya makin manis, gue pasti makin mirip ama yang namanya PENAMPAKAN. Disindir kayak gitu, gue cuman bilang: “ Inilah gue! Gue akan mempertahankan de orijinel of Fatah. Sampai kapan pun. Sampai MTV ngundang gue di acara Make Over-nya.” (hehehehe…gak dink!)

Suralook, gue di-make over malah beneran over. Over dosist…

Sila Urun Tutur

