Curhatan Rambut Keriting



Aku sudah berkali-kali bilang: aku nggak keriting! Aku tuh sebenarnya tidak keriting. Rambutku itu bergelombang. Gelombang tsunami. Tapi, engkau ngeyel! Engkau rasanya lebih puas jika menyebutku berambut keriting.

Aku tidak terima!

Aku menolak semua sebutan yang kau alamatkan padaku. Salah alamat kau, Non! Aku jadi curiga. Jangan-jangan kau sendiri yang keriting!

Sentimen banget seh ama keriting?!

Yeah, bukannya sentimen. Tapi, aku nggak mau trauma. Aku nggak mau luka lama itu menganga kembali. Gara-gara ejekan keriting, aku menjadi tidak pede. Sebab, saat itu mataku masih dibutakan oleh cap “rambut lurus itu lebih baik ketimbang rambut keriting”. Aku benar-benar dibuat tidak percaya diri. Padahal, jujur saja, aku merasa tidak keriting. Rambutku bergelombang. Gelombang tsunami.

Karena cap “Si Keriting” sudah melekat denganku, lama-kelamaan aku menjadi terbiasa. Tapi, sekali lagi: aku benar-benar tidak merasa keriting! Maka, setiap kali ada yang memanggilku Si Kriting, aku akan menoleh. Aku menjadi terbiasa. Aku akan senyum. Lalu, menyapa mereka dengan panggilan mereka yang bagus. Ya, aku benar-benar tidak menaruh marah atau tersinggung lagi. Buat apa? Toh, rambutku ini juga ciptaan-Nya! Mencela rambutku, sama aja dengan mencela ciptaan-Nya!

Hhhhh… Mensyukuri apa yang kita miliki kadang-kadang terasa amat sulit. Kita lebih mudah menilai buruk orang lain. Ah, andai saja kita dibekali cermin yang bisa melihat semua kekurangan-kekurangan kita. Kita mungkin tidak percaya dengan apa yang kita lihat. Lalu, cermin itu pun kita banting. Tidak terima. Kita ingkari semua.

Arghhhhhghghgghhhghh………….

Iklan

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s