Next Dream: Bikin Buku untuk Anak-anak

Mampukah aku menulis cerita anak-anak? Ouchhh… Ini adalah pertanyaan yang langsung melintas di kepalaku sesaat setelah keinginanku bikin buku untuk anak-anak muncul. Bisakah? Mampukah? Ah… Kayaknya nggak mampu deh!

Secara selama ini aku cuman bisa nulis hal-hal yang sok gokil, yang sok refleksi diri, sok nyastra, sok gaul, dan sok-sok lainnya. Sementara aku tahu bahasa untuk anak-anak lebih sederhana, lugas, dan mudah dicerna. Aku belum mampu untuk itu. Sungguh…aku tak mampu *lagu ciptaanku mengalun syahdu mendayu-dayu kayak suara penyu*

Aku kenal dengan Ali Muakhir, Benny Ramdhani, dan beberapa penulis cerita anak lainnya. Aku pernah baca buku mereka, baca blog mereka, terlebih-lebih kalau postingannya mengenai how to write cerita anak-anak. Dan, aku pun men-judge diri. Aku takkan mampu menulis dengan bahasa untuk anak-anak. Sulit!

Tapi, entah kenapa, makin aku nggak percaya dengan kemampuanku itu, makin menjadi-jadi keinginanku untuk menulis buku untuk anak-anak. Aku, dengan idealisme tingkat tinggi, ingin nulis buku cerita dengan tokoh anak-anak, bahasa anak-anak, serta tema cerita yang anak-anak banget, semisal persahabatan, sekolahan, keindahan alam, petualangan, dan lain-lain. Secara…dulu ketika masih anak-anak, aku banyak melahap cerita dengan tema seperti itu.

Namun, ada satu hal paling mendasar yang mendorong aku untuk mewujudkan impianku tersebut. SAAT MASIH SD, AKU SUKA MALING BUKU. Saking suka sama buku, aku seringkali mencuri buku dari perpustakaan. Ini karena petugas perpus tidak memberikan izin pada siswa untuk membawa buku ke rumah. Harus baca di tempat. Karena tidak ingin terkekang dengan aturan itu, terpaksa aku nyingkret2 ke perpus dan menyelundupkan buku-buku cerita di perut atau pinggangku. Yesss!!! Berhasil. Sampai di rumah, aku pun tak melewatkan satu pun buku-buku yang aku curi. Bahkan, kalau stok buku curian sudah habis kubaca, tak jarang aku membaca sebuah buku berulang-ulang, sampai aku hapal jalan ceritanya.

Tak hanya di sekolah, bahkan di lingkungan tetangga pun, aku adalah PENCURI BUKU PALING AKTIF. Bagaimana tidak? Aku punya tetangga namanya Iyoh. Kebetulan ibunya adalah guru SD. Nah, ibunya ini langganan Majalah Asyik (itu loh majalah yang tokoh-tokohnya KUCING itu). Aku sering main ke rumahnya dan baca-baca di sana. Namun, karena tidak puas dan naluri mencuri sudah muncul, aku pun tak segan-segan membajak tuh majalah ke rumah. Kadang, pemiliknya nyari-nyari. Tapi, aku diem aja. Nggak balik-balik deh tuh majalah ke tangan empunya. *sialan banget gue*

Dengan dua alasan itulah: NYURI BUKU SEKOLAH dan NGORUPSI MAJALAH TETANGGA, setelah gede gini, aku pun berniat untuk bikin buku cerita anak-anak. Aku ingin mendedikasikan tulisanku nantinya untuk mereka, harapan bangsa. Aku ingin menyumbangkan pemikiranku untuk adik-adikku se-Indonesia, bahkan se-dunia kalo bisa. Ingin rasanya saat aku mudik ke Lombok kemarin dulu, misalnya, aku bisa menyumbangkan buku-buku untuk sekolahku. Sumpah! Aku pengen banget.

Tapi, mengingat statusku yang masih belajar nulis, aku pun masih dan akan terus memendam keinginan itu hingga suatu hari nanti – entah kapan – aku datang ke sekolah dan menyerahkan buku-buku tulisanku sendiri untuk adik-adikku.

Ah, that’s my next dream!

Aku tetap menuliskan itu di reminder HP-ku. Waktunya aku setting jam sepuluh malam agar menjelang tidur, aku bisa membaca reminder itu.

Pukul 22:00

NEXT DREAM: BIKIN BUKU UNTUK ANAK-ANAK

Iklan

6 thoughts on “Next Dream: Bikin Buku untuk Anak-anak

  1. Nah…ntar kalo buku anak2 karya-mu laku…gantiin deh tuh para korban keganasan si-Maling… Biar nggak cuma sampe depan pintu sorga doang… Otre…?Wish U suxes anyway, Bro…!

  2. bundaathira said: Nah…ntar kalo buku anak2 karya-mu laku…gantiin deh tuh para korban keganasan si-Maling… Biar nggak cuma sampe depan pintu sorga doang… Otre…?Wish U suxes anyway, Bro…!

    iyuph…Insya Allah…mohon doanya mbak!!!

  3. Alhamdulillah… ada. Tapi, bukan dalam bentuk kumcer anak. Yang lain… Pengen nerbitin indie, Mbak Ari.Dan…alhamdulillah, dapat kabar baik dari salah satu kontak di MP.Tinggal nunggu kucuran dana saja untuk merealisasikannya :))

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s