Yang Muda, Yang Ngebet Punya Mertua

Sudah ada satu…dua…tiga…lima…happp…lumayan deh temenku yang pengen nikah dini. Beberapa di antaranya cewek, lainnya cowok. Hmmm…ada apa yah dengan nikah dini? Kok, dari waktu ke waktu, rasanya istilah ‘NIKAH DINI’ makin begitu fenomenal???

Dulu, sempat aku mosting tulisan tentang nikah dini. Kini, aku malah lebih tertarik lagi. Ini gara-gara obrolanku dengan seorang temen cewek lewat sms. Dia yang kutahu belakangan ini makin syar’i saja tiba-tiba pengen di usia yang muda banget. Dua puluhan tahun. Secara, dia terobsesi sama salah seorang cowok, temannya, yang kini udah beristri. Owlalala… Aku pun tidak terlalu kaget dengan sms itu. Opini yang udah lazim, begitu menurutku.

Sampai di kesempatan kedua, aku ketemu ama teman SMA di YM. Dia jarang banget online. Di SMA pun dulu aku nggak begitu akrab ama dia. Apalagi dia lain kelas denganku. Tapi, entah kenapa kalau lewat dunia maya, komunikasi jadi lebih terbuka.

Nah, saat kutanya gimana kuliahnya? Dia ngebalesnya kira-kira begini: “Wah, capek kuliah, Tah! Pengennya nikah aja deh!”

Toeeeeeeng… Aku cuman ngasih smiley ama dia. Aku tahu dia anak teknik di sebuah universitas negeri di Lombok sana. Sering kudengar kalau materi kuliah anak teknik rada-rada angel (Jowo), atau sekat (Lombok), atau sulit (Indo), atau difficult (Engligsh), atau difficile (France).

Hmmm… Aku jadi berpikir. Apakah NIKAH DINI bisa jadi salah satu jalan keluar dari kehidupan perkuliahan yang sulit tersebut? Tapi, aku yakin itu bukan satu-satunya alasan. Faktor yang lebih logis menurutku adalah pergaulan dewasa ini yang sulit terkontrol. Kehidupan anak muda jaman sekarang emang udah edan. Seks bebas udah dianggap hal yang biasa. Narkoba, judi, minuman keras, (ngerokok, juga) udah jadi selingan hidup. Kiranya inilah faktor-faktor logis – ingin menghindari – sehingga temen-temenku banyak yang pengen nikah dini.

Termasuk aku??? Hmmm…

Sulit nggak ya nikah, apalagi di usia dini? Ada yang mo sharing???

7 thoughts on “Yang Muda, Yang Ngebet Punya Mertua

  1. akunovi said: hehehekalo jaman kuliah, pasti deh ga jauh sama bahasan itu… 😀

    Jangan di bayangin, tapi laksanain ajah..ya gak ka Nop? ;)Huhehehehehee..Iya nih, bahasan jaman kuliah..Sekarang mahhhh…teuteupppp..Hueheheheeeee….

  2. akunovi said: hehehekalo jaman kuliah, pasti deh ga jauh sama bahasan itu… 😀

    iya ta???wah…berarti apa yang kami bahas juga emang normal dong!secara gitu…udah turun-temurun diskusinya!!!

  3. lafatah said: iya ta???wah…berarti apa yang kami bahas juga emang normal dong!secara gitu…udah turun-temurun diskusinya!!!

    yah, begitulah kira-kira…:Dtergantung nanti gimana ngelewatinnya, nikah dini, atau nikah udah ga dini 😀

Sila Urun Tutur

