Besok, IREDC!!!


Besok jam 6 pagi sampai jam 9 malam, ada lomba debat bahasa Inggris di kampusku alias IREDC (International Relations English Debate Competition). Anak-anak HI yang ngadain buat Highschoolers – SMA se-Surabaya dan sekitarnya. Kebetulan aku menjadi salah satu Liaison Officer alias LO. Semacam pemandu buat tim-tim yang mo lomba gitu. Aku disuruh pegang anak-anak dari SMA 1 Sidoarjo tim C.

Yahaaa…this is my first experience becoming LO! Sebelumnya aku nggak pernah menjadi panitia acara apaan gitu. Emang sih aku anaknya kurang aktif dalam hal beginian. Tapi, begitu ada tawaran dari Ishmer, temenku yang jadi panitia lombanya, aku pun said: OK! Sekalian nyari pengalaman, juga nostalgia dengan hobiku ngeliat orang debat bahasa Inggris.

Yahaaa…Entah kenapa sejak masih SMA dulu aku suka banget ngeliat “ The Battle of Wits” yang pembawa acaranya Angelina Sondakh – mantan Putri Indonesia – itu. Dulu acaranya ditayangin di TVRI tiap sore. Sambil makan, aku pantengin tuh TV. Senang aja ngeliat mereka nyerocos dalam ‘bingkai’ intelektual. Tailaaaa… Emang bener kan? Mereka yang wakilin kampus adalah debaters terpilih, baik dari kelancaran ngomong bahasa Inggris juga dari brillian otak yang mereka punya. And…aku sering berkhayal kalo sumday, i’ll be like them!

Kesempatan ikut lomba debat aku dapatkan ketika menginjak bangku pertama di SMAN 1 Selong. Aku dan Sumiati, temanku sekelas, ditunjuk untuk ikut lomba kelas coro di STKIP Hamzanwadi. Kebetulan Tim Inti sekolah waktu itu – Helmy (IPDN sekarang), Dita (HI UGM sekarang), dan Uswatun (FK UNHAS sekarang) – lagi ada lomba di tingkat propinsi. Jadilah kami berdua, aku dan Sumi, menjadi kelinci percobaan. Yeah…guruku sengaja ‘ngelepas’ kami agar punya pengalaman juga. Start from zero. Like that!

Pengalaman debat yang tidak mengenakkan waktu itu. Aku bener-bener nggak lancar ngomongnya. Dan itu pula yang terlontar empat tahun kemudian ketika aku kuliah di Wearnes Education Center Malang. Aku yang di kelas terlihat lumayan, harus terlihat bego ketika diseleksi oleh dosen-dosenku sebelum ngikutin lomba debat se-Jawa Timur di UMM. Aku emang nggak lolos seleksi dengan satu alasan: kurang lancar ngomong in English. Untuk membesarkan hatiku, dosenku sempat berkomentar juga kurang lebih, “ Kamu emang kurang dalam hal kelancaran, tapi ide-idemu boleh juga diadu!” Hmmm… sedikit bangga sih!

Besok, aku bukan sebagai debater, namun sebagai Liaison Officer. Cukuplah aku jadi pengagum Jamal, temanku sekelas yang debater nasional itu. Cukuplah bagiku menjadi saksi kepintaran anaka-anak SMA itu besok pagi sebagai intelektual muda yang cekatan dalam ber-cas-cis-cus itu.

Ternyata… Allah masih ngasih kesempatan padaku untuk nyalurin kesenanganku dalam menyaksikan acara debat bahasa Inggris!

I love english debate competetion!

Success 4 IREDC!!!

Me without Names…

Iklan

4 thoughts on “Besok, IREDC!!!

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s