Selamat Ulang Tahun, Lapindo….

Tah, salamku sebesar-besarnya untuk Lapindo. Tak terasa sudah menginjak usia 2 tahun. Semoga panjang umur…

– sms dari temanku di Lombok –

Aku pun langsung protes. What? Panjang umur? Emangnya lo pikir Lapindo itu manusia, apa?! Apa gak ada ucapan yang lebih lumpurawi ketimbang kalimat di atas? Plis! Aku minta empati Kamu, Sobat!

Tapi, aku juga berpikir begini. Temanku yang kebetulan kukenal cerdas ini, gak ada salahnya juga sih ngomong demikian. Mungkin saking stress-nya kalee sebagai salah satu warga negara Indonesia yang pemerintahnya gak becus ngurus lapindo.

Bisa jadi ini juga sebagai salah satu bentuk empati teman saya itu pada saudara-saudara kita di Sidoarjo sana. Kenapa lumpur dibiarkan makin melarut? Kenapa lumpur lapindo harus sampai berusia dua tahun? Tak adakah langkah ‘mematikan’-nya? Tak adakah?

Lalu, kalau pemerintah melakukan pembelaan dengan berkata dan berusaha ‘bla-bla-bla’, lantas… apa yang bisa kita perbuat? Mencari kambing hitam? Lalu, kalau akhirnya kambing hitam itu tak ketemu-ketemu, lalu berujungkah di tangan Sang Nasib? Tuhan ikut disalahkan? Iya???

Atau bisa saja kita membutakan diri. Bisa saja kita tidak menemukan kambing hitam itu karena kita sendirilah kambing hitam itu.

Kita?

Siapa lagi…

Tanpa ada campur tangan Tuhan?

Kita, siapa lagi…

Tanpa ada jentikkan jemari Tuhan di kasus Lapindo ini?

Kita, siapa lagi…

Surabaya, 29 Mei 2008

Iklan

8 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, Lapindo….

  1. 3rdevolution said: kalo bay sedang lutcu..lutcu..nyakalo lapindo…sedang…sakit-sakitnya 😦

    doakan dong biar lapindo cepet sembuh!!!

  2. tashi1 said: huh, sudah 2 tahun, dan masih tiada penyelesaiannya ?

    iya nih…luar negeri aja ikutan stress… dalam negeri??? penduduk sidoarjo apalagi???semoga deh saudara2 kita di sana mendapat banyak hikmah di balik semua cobaan ini… amiiin

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s