Postingan ke-400 : Terasi Perusak Konsentrasi

Ide bikin tulisan ini terbetik ketika aku sedang shalat maghrib. Gimana gak muncul lampu ide di kepalaku? Secara, hidungku tak henti-hentinya dibombardir ama bau terasi yang lagi digoreng di dapur..

Nah, kamar kosku kan di atas? Sementara dapur ada di bawah. Pembantu ibu kosku atau yang lebih sering kupanggil bibi, lagi asyik goreng terasi. Kok aku tau itu bau terasi? Tau dong! Hidungku kan peka ama terasi. Hiiiiyyy… Gak dink! Soalnya, tadi pas mo ke kamar mandi buat ambil air wudlu’, aku sempat melirik benda kecoklatan yang dihancurkan dan digoreng di atas wajan. Pas wudlu pun, bau terasinya meresap ke air wudlu’. Hehehe…

Nah, naik ke kamar, bukannya khusyu’ melaksanakan shalat , bau terasi itu justru makin menjadi-jadi. Seperti lagunya Anggun: tua-tua keladi. Makin digoreng, makin terasi???

Pokoknya, dari mulai takbiratul ihram sampai salam, sang terasi meneror aku dengan baunya yang khas. Terbayang di kepalaku, masakan nan lezat berterasi, dan pastinya bergizi, baik untuk tulang dan gigi. Sebuah masakan yang begitu aku selesai shalat, langsung bisa aku santap. Hmmm…

Meskipun terasi telah membuyarkan konsentrasiku, namun aku bersyukur ternyata hidungku masih diberi kekuatan oleh Allah SWT. Hidungku, alhamdulillah, masih peka terhadap bau-bauan. Gak terbayang gimana kalau aku tidak bisa membaui. Berhidung tapi tidak bisa membau tak ubahnya makan sayur tanpa garam (vegetarian donk???)

Ah… terasi…

Kau bagaikan melodi

Yang berdentang indah di hidungku…

Meskipun terasi bertampang jelek, namun khasiatnya dalam melezatkan makanan tak perlu diragukan lagi. Itulah salah satu poin plus dari terasi. Yeaaah… seperti manusia jugalah! Ada yang tampangnya kurang, namun hatinya baik. Ada yang tampangnya oke, namun ternyata…

Mari budayakan makan makanan yang mengandung terasi!!!

Iklan

14 thoughts on “Postingan ke-400 : Terasi Perusak Konsentrasi

  1. Kalau gak salah kalau lapar mending makan dulu deh daripada sholatnya gak konsen… Btw terasi di sini jadi komoditi yang cukup kondang…

  2. niwanda said: Kalau gak salah kalau lapar mending makan dulu deh daripada sholatnya gak konsen… Btw terasi di sini jadi komoditi yang cukup kondang…

    bibinya lagi masak tuh, mbak!!!masa’ mo minta distop acara masak-memasaknya!!!gak enak euy negur2…

  3. sambel trasi yg enak tuh di resto “Yogyakarta” (dkt rmh Pak Nono), knp aq bilang enak? sebab pd mulanya aq gak suka sambel terasi, eh iseng2 nyoba di resto itu, kok wenak buanget toh! bayangin dr org yg gak suka sambel terasi jd ngabisin tuh sambel terasi! jd kesimpulannya tuh resto pake terasi yang terbaik kali ya?! bisa merubah pandangan org yg gak suka terasi jadi suka terasi, hebat toh…

  4. susieutomo said: jangankan engkau yang anak kos, Presiden pun kalo nyedot aroma terasi, rapat koordinasinya pasti dibreak….

    coba ya seandainya ada bau terasi berkeliaran pas sidang…lucu juga deh kayaknya liat idung para pejabat kembang-kempis…!!!

  5. asianatelier said: sambel trasi yg enak tuh di resto “Yogyakarta” (dkt rmh Pak Nono), knp aq bilang enak? sebab pd mulanya aq gak suka sambel terasi, eh iseng2 nyoba di resto itu, kok wenak buanget toh! bayangin dr org yg gak suka sambel terasi jd ngabisin tuh sambel terasi! jd kesimpulannya tuh resto pake terasi yang terbaik kali ya?! bisa merubah pandangan org yg gak suka terasi jadi suka terasi, hebat toh…

    hebattt!!!terasi memang hebattt!!!!pandangan dan indera penciuman seseorang bisa berubah karenanya!!!a tibute to terassi!!

  6. ayupisan said: Lho terasi anget plus nasi anget enak banget tuuhhh bt brikfes..ni’mat n syedapnyaaaa…mantab bow !!

    jaman masih kecil dulu sering banget dibikinin ama bibi2ku…enak pisaaaaaaannnn!!!

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s