Cerita Lapis

“Jam berapa?”

“Abis gue nyalon aja!”

“Iya, jam berapa?”

“Sekitar jam limaan gitu…”

“Oke, aku jemput!”

“Mmm… Gak usah deh!”

“Loh? Kamu kok plin plan gitu sih?”

“Mmm… Soalnya… Udah ada temen yang mau jemput aku!”

“Brengsek banget sih lu! Dia pacar apa temen? Atau jangan-jangan selingkuhan lu ya?”

“Ngggg…Gak! Dia temanku SD. Kemarin ketemu di kampus. Aku gak tau kalo dia ternyata satu kampus denganku. Udah lama banget gak ketemu. Gila banget kan?”

“Kamu yang gila!!! Sinting!!!”

“Ih… Sinetron apaa sih ini? Ceweknya aja dibilang sinting gitu! Si cowok kale yang gak punya otak. Cemburuan banget!” Adan, yayangku, yang dari tadi gelisah dengan sinetron yang lagi aku tonton, akhirnya ngasih komentar.

“Aku kirain Kamu bakal nyalahin si cewek! Tapi, bener juga sih! Cowok kadang-kadang error juga ya? Huahaha…” timpalku.

“Be, jadi ke Bonbin ntar?”

“Kok, tiba-tiba Bonbin? Mo ngapaen di sono?”

“Gue ada tugas fotografi dari dosen. Yeah, mo ngapain lagi kalo gak motret-motret kawan-kawan kita di sana…”

“Motret temen kita? Eluuu…kalee… Duh, tapi kok Kamu bilangnya mendadak banget sih?”

“Emang kenapa?”

“Sore ini aku mo pergi ke butik sama mama buat nyiapin baju pernikahanku…”

“Haaaahhhh…pernikahan?”

“Iya! Kamu pasti kaget kan?”

“Mmm…Maksud Kamu?”

“Udah jelas kan? Aku mo nikah.”

“Tapi, sama siapa?”

“Sama tunanganku!”

“Eh, sinetron apaan sih ini? Gak jelas banget! Gimana prosesnya ampe dia bakal mo nikah ama tunangannya? Gak ada ‘pancingan’ di depan-depan sih. Sinetron gak mutu. Pusing gue!” Darin, pacarku sekaligus tunanganku ngedumel.

“Iya nih! Aku aja bingung sama ucapan si cewek. Tiba-tiba aja ke butik, nikah. Sementara kita, para penonton, udah dikasih tau sejak awal kalo si Adan tuh cowoknya si cewek. Kok, tiba-tiba berbelok gini ceritanya?” Aku tak mau kalah ngasih pendapat.

“Emang sinting cerita sinetron sekarang! Bikin cerita yang mencerdaskan dikit kek!”

“Mana iklannya banyak lagi!”

“Gak heran orang-orang kita jadi konsumtif gini. Wong otaknya dijejali ama iklan-iklan di sinetron. Makanya, mending nonton DVD atau ke bioskop aja!”

“Kebetulan banget! Aku pengen nonton Indiana Jones. Mau gak ntar malam kita nonton?” kataku sambil mencomot pop corn di atas meja.

“Aku mau lihat The Nanny Diaries! Kata temenku, ceritanya bagus!”

“Duh, aku gak suka drama, Yang?”

“Dicoba sekali, pasti suka!”

“Tapi, apa bedanya film drama sama sinetron? Perasaan, gak ada deh! Sinetron Indonesia tuh contohnya! Asal maen contek aja tuh dari film drama asing!”

“Ya, terserah Kamu! Kamu mo nonton Indiana Jones, silakan! Aku sih mau The Nanny Diaries!” ketus Darin.

“Ya sudah! Nonton sendiri-sendiri aja!”

“Ihhhh… Datar banget sih ceritanya! Sinetron apaan ini? Gak ada greget sama sekali. Malah kentara banget pesan yang mo disampein ke penonton. Menggurui lagi. Bukannya gak sinting tuh namanya? Sinetron jelek-jelekin dirinya sendiri. Sinetron makan sinetrooon…” Tania, mantan yang balik lagi ke pelukanku, ngasih komentar. Kami sedang nonton berdua di rumahku. Papa, mama, dan kedua adikku lagi ke Taman Safari. Pembantu juga sedang keluar belanja. Tinggal aku dan Tania saja.

“Tan…”

“Iya… Kenapa Yang?”

Aku melirik ke arah Tania. Dia tetap saja cuek. Matanya terus mengarah ke tivi. Jeda iklan.

“Eh, aku haus nih! Ambil minum di dapur ya?” Tania berkata sambil menoleh ke arahku.

“Rian…kok Kamu ngeliat aku seperti itu sih? Mupeng banget! Hwahaha…”

“Tan…” Aku berkata lirih sambil mendongakkan kepala ke arah kamar.

“Ihhhh… Apa-apaan sih!”

“Yang…”

Aku melompat ke arah Tania yang masih duduk. Lalu…

“Ma, kenapa cenelnya diganti?” Ratih, anakku yang berusia enam tahun, bertanya.

“Anak kecil gak boleh lihat…”

“Tapi, sinetronnya bagus, Ma!”

“Udahan yuk! Mending kita baca buku aja…”

“Gak mau! Gak mauuu…”

“Udah, Sayang! Nontonnya ntar aja. Sekarang jam berapa, hayoo? Ratih kan belum ngerjain Pe-eR?”

“Nonton bentaaar aja, Ma!”

“Ntar Kamu keburu ngantuk lagi. Kan repot kalo ngerjain Pe-eR-nya besok pagi?”

“Ya sudahlah, Ma!”

“Mama matiin ya sinetronnya?”

Ratih mengangguk malas.

Surabaya, 8 Juni 2008

Iklan

4 thoughts on “Cerita Lapis

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s