[Catatan Mudik] : Aku Ingin Seperti Andrea Hirata

Sejak kemarin2 aku gelisah. Rasanya tidak tenang. Ada yg tersimpan di
dada, bergejolak di sana. Tapi, untuk mengungkapkannya, sulit adanya.
Makanya, aku share aja di blog ini. Siapa tahu temen2 bisa kasih
solusi.

Tapi, kegelisahanku ini bukan tanpa sebab. Aku tahu penyebabnya. Aku
yakin sekali “itu” pemicunya. Apa “itu”? Ya, aku harus balik lagi ke
Surabaya.

Berat. Aku ingin berlama-lama di Lombok. Aku merasa bahwa Lombok yg
dulu biasa2 saja bagiku, kini merupakan lahan yg perlu untuk
kujelajahi. Biar gak orang asing saja yg menginjakkan kakinya di bumi
selaparang ini. Masa’ aku orang Lombok sendiri belum semua titik
kujelajahi.

Aku cinta Lombok. Belakangan baru kusadari hal itu. Saat aku telah
mencoba keluar dari Lombok. Melihat Lombok dari luar. Menyerap semua
tuturan dan komentar tentang daerahku ini. Aku pun tersadar, seperti
dibangunkan dari tidur panjang. Bahwa ternyata daerahku ini cukup
dikenal. Apalagi acara2 jelajah wisata yg bertebaran di televisi
banyak mengangkat keindahan, keunikan, dan pesona Lombok.

Itu pula yg menjeratku. Hingga aku pun gelisah sendiri.

Aku gelisah karena harus meninggalkan daerahku ini, kembali
menyeberang ke Tanah Jawa. Lantas, aku pun menghibur diri: “menuntut
ilmu sebanyak2nya di sana, lalu kembali untuk membangun daerahmu!”
Dan, aku melihat kegelisahanku lebih dikarenakan ketidaksabaranku
untuk menjalani semua proses itu. Aku benar2 masih perlu belajar
banyak menghargai proses. Menjalani. Menikmati. Tak bisa instan.
Instan bisa saja. Tapi, hasilnya pasti tidak maksimal.

Aku ingin seperti Andrea Hirata…


Allah always with us!!!

15 thoughts on “[Catatan Mudik] : Aku Ingin Seperti Andrea Hirata

Sila Urun Tutur

