Kuliah vs Non-Kuliah

“Kamu aneh banget y?”

“Aneh kenapa?” tanyaku balik.

“Kalo beli buku2 non-kuliah Kamu punya budget. Kalo buku2 kuliah justru…”

“Aku sih takutnya beli buku2 kuliah tapi gak dibaca. Mubazir kan?
Apalagi dari segi harga, rata2 mahal. Mendingan aku beli buku yang aku
tertarik membacanya.”

“Kalo buku kuliah? Kamu gak tertarik buat membaca?”

“Tertarik sih…gak amat2 ya! Tapi, bisa kan pinjem di temen ato perpus.”

Itulah sekelumit obrolanku dengan seorang teman. Dia selalu heran tiap
kali ada pameran buku ato minimal ke toko buku, aku amat sangat jarang
yg namanya beli buku kuliah. Buku2 yg berhubungan politik, hubungan
internasional, juga hukum gak tertarik aku beli. Prinsipku untuk buku2
kuliah: pinjem di perpus ato temen, ato fotokopi aja!

Emangnya, buku2 yg sering aku beli, seperti apa?

Yup! Kebanyakan fiksi. Selain itu, buku2 yg temanya unik, jarang
dibahas, dan aku tertarik. Selain itu, buku2 tentang kepenulisan.
Buku2 how to juga.

Gak ada satu pun buku kuliah???

Ada! Itu pun aku beli di semester satu gara2 masih belum punya koneksi
dan takut gak punya handbook sendiri. Buku apa itu? Pengantar Ilmu
Hubungan Internasional-nya Georg Sorensen, Etika-nya K. Bertens, dan
Logika-nya Alex Lanur OFM.

Jadi, sebenarnya aku itu mahasiswa HI atau mahasiswa sastra???

*hmmm…pertanyaan yg cukup berat*


Allah always with us!!!

Iklan

14 thoughts on “Kuliah vs Non-Kuliah

  1. kalo dulu ktk aq msh kuliah berimbang sih antara beli buku u/ kuliah ma beli buku u/ non-kuliah, kl gk beli buku u/ kuliah wah bs2 aq keteteran/ketinggalan ma temen2, apalagi menjelang T.A, dosen2 mewajibkan “cari literaturnya!”, kl mslh harga buku kuliah mahal bs diakalin pergi ke “furu hon-ya” (kios buku second alias loakan), mengenai loakan, aq demen cari buku langka dgn harga murah! that’s the art of loakan! hehehe

  2. Hum, kalo aku justru perhitungan kalo beli buku non-kuliah. Biasanya disortir dulu buku-buku mana non-fiksi/fiksi yang memang benar-benar menarik. Namun yang lebih diutamakan adalah bacaan bersifat hiburan yang tetap berkaitan dengan dunia yang kugeluti. hehehehe…btw, bukannya bila dibanding2-kan secara akumulasi harga buku fiksi jauh lebih mahal daripada buku kuliah yak? =D

  3. @mas japonaise : saya kok gak ada rasa takut keteteran ya? Hahaha… Aneh! Ngeliat temen2 pada sibuk ke perpus buat nyari buku literatur pun, saya gak bergeming. Jstru ke perpus, lebih suka bca koran ato wifian. Pnjem bukunya kalo pas lagi ‘mood’. Haha

  4. @tutuq: sy bilang buku kuliah mahal krna rata2 handbook di HI tebal2 dan kbxkn kalo gk buku terjemahan ya…versi asingnya. Dan, berkebalikan dgn anda. Saya jstru perhitungan kalo beli buku kuliah… 🙂

  5. @mas otto : kalo lg bnyak budget, sy jstru senang beli2 buku, terutama fiksi. Coz kalo di perpus, sedikit tuh koleksi fiksinya. Alternatif lain: pinjam di rental buku.

  6. lafatah said: Jadi, sebenarnya aku itu mahasiswa HI atau mahasiswa sastra?

    u aj g tw pa lagi aq Fatah,hehehehe….yg q tw u sekelas ma aq waktu u ngambil jurusan Informatika & Teknik Komputer,hehehehehe….

  7. lafatah said: iyya!!! itu mah aku juga tau.. wkwkwkw…eh, masih binun nih! dualisme banget gw!

    kan enak Fatah lu mahasiswa Hubungan Internasional yang bisa Sastra…

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s