[UTS Hari Kedua] : Menulis Ilmiah? Owlala…

Weel, kemarin ujian hari kedua. Mulai 09.30 sampe 11.00 ada TPIHI
(Teknik Penulisan Ilmiah HI). Seperti nama mata kuliahnya, kali ini
kami diwajibkan membuat sebuah opini (tentunya ilmiah) dengan pilihan
tema : prediksi hasil Pemilu AS 4 November 2008, peluang dan tantangan
Indonesia dalam memanfaatkan aturan2 Piagam ASEAN untuk mencapai
kepentinan nasionalnya di kawasan Asia Tenggara, dan terakhir adalah
mengenai agenda2 mendesak yang harus dibahas dalam KTT G-20 di
Washington guna menyelesaikan krisis finansial global.

Topik yang pertama, aku kurang mengusai. Apalagi semester lalu gak
ngambil mata kuliah SPAS (Sistem Politik Amerika Serikat). Rata2
penuturan temanku kemarin, mereka ngambil topik ini.

Topik kedua, tidak begitu ‘ngeh’. Sebab, gak ngikutin headline dan
berita internasional tentang piagam ASEAN ini. So, aku lewatkan begitu
saja.

Barulah topik ketiga. Secara aku juga sudah mempersiapkan bahan2nya
dari kos, meskipun itu berupa Kompas hari Minggu doank. Selebihnya aku
browsing di internet, baca2 kolom opini di Jawa Pos mengenai resesi
ekonomi ini. Karena batere laptopku udah aus (gak bisa dipake waktu
ujian untuk ngeliat data2), so aku manfaatin akses gprs buat browsing
selama ujian : mencari data2 yang berkaitan dgn topik yang kuambil.

Jadilah, Kompas berantakan di atas paha dan bawah kursi, sementara hp
standby di atas meja. Tanganku pun mulai menulis. Tak jauh berbeda dgn
teman2ku. Rata2 juga sibuk dengan berkas2 koran, terutama sih Kompas.
Selain itu print-an dari internet juga mereka bawa. Bolak-balik koran.
Gak ada saling ‘ngereken’. Gak bisa kerja sama juga pastinya! Meskipun
teman yang posisi duduknya paling dekat, gak bisa dunk dimintai
tolong. Apalagi kalo jelas2, topik yang digarap berbeda.

Aku maen gabung sana gabung sini. Aku tambahin pake kata2 sendiri.
Satu yang masih jadi kelemahanku dalam penulisan berbau ilmiah adalah,
bagaimana memaksimalkan data2 serta menganalisisnya. Perlu latihan
banyak nih!


Allah always with us!!!

Iklan

7 thoughts on “[UTS Hari Kedua] : Menulis Ilmiah? Owlala…

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s