Saya Bukan Manusia Sempurna

Saya bukan manusia sempurna. Jangan pernah tuntut saya untuk melakukan semua apa yang menurut ukuranmu ‘sempurna’. Saya punya keterbatasan. Saya punya masa lalu yang membentuk keterbatasan itu. Jika saya paksa diri saya hanya untuk terlihat sempurna di hadapan manusia, apalah artinya. Kalian puas, belum tentu saya.

Saya hanya manusia biasa. Saya sadar punya kekurangan. Saya sadar manusia itu suka mengukur, suka menilai, suka membanding-bandingkan. Itu fitrah. Tapi, jangan lupa kalau keterbatasan manusia juga adalah fitrah. Kau merasa ini kurang sempurna, itu cacat, ini kurang baik, seharusnya begini, lebih baik begitu, parameter apa dan siapa yang kamu gunakan? Manusia juga, kan? Sementara manusia yang membuat parameter itu pun punya kelemahan, kekurangan, keterbatasan.

Kalau pun kau menuntut saya agar terlihat sempurna, bisa diterima oleh orang-orang, bisa ‘dianggap’, lalu buat apa semua itu? Pengakuan? Pengakuan atas diri saya yang memang pantas menjadi bagian dari ‘kami’, dari ‘mereka’, dari ‘kalian’, dari ‘kita’? Kalau hanya itu yang kau suruh saya, buat apa? Toh, hidup saya tak selamanya bergantung pada kami, mereka, kalian, dan kita. Hidup saya adalah hidup yang pada akhirnya bakal saya jalani sendiri.

Oke. Saya hanya mau menegaskan: saya bukan manusia sempurna!

Surabaya, 9 Nopember 2008

Relatif: itu juga karena keterbatasan manusia

26 thoughts on “Saya Bukan Manusia Sempurna

  1. anditasb said: ya, terkadang terlalu banyak orang yang menuntut kita menjadi seseorang yang berbeda sementara hal tersebut di luar kemampuan kita…tfs…

    meskipun hal itu mampu kita lakukan, tapi karena kita tidak ingin melakukannya, tiada hak orang lain untuk ‘memaksa’ kita, bukan???*wewwwwww…panas! lagi emosi soalnya*

  2. lafatah said: Tau apa tempe? Harganya 800 rupee?Kalo lu mau sama aye?Makan dulu tau dan tempe?*apaan siiiich*

    aye makan pake apa aja deh plus minumnya air putih, abis kayaknya cuma itu yang bisa dapet gratisan… selebihnya… mahaaaaalllllTahu dan Tempe asalnya dari kedeleLoe aje kaleee… *pantun ngasal ;D

  3. orang jepang mengatakan *cieh teuteup japanese freak neh, hehehe* “kanpeki na hito ga nai…” alias orang itu gak ada yg sempurna, cuman Andra n The Backbone yg ngomong… “oh sayangku kau begitu… sempurna…” ini sih rayuan gombal! hehehe

Sila Urun Tutur

