DICARI : ORANG YANG GAK PERNAH NYONTEK SAAT UJIAN!!!

Ada gak ya orang yang gak pernah nyontek saat ujian? Kalo ada,
kasitahu donk! Apa, siapa, dan bagaimana orang tersebut. Paling
gampang sih, pengamatan Anda terhadap teman2 Anda ketika masih jadi
pelajar dulu. Adakah?

Kenapa saya bertanya begini? PERTAMA, saya gak abis pikir aja dengan
kasus korupsi yg lebih banyak dilakukan oleh kalangan ‘berpendidikan’
itu? Mereka jelas2 kaum intelek, yang mungkin dulunya aktivis paling
berani bersuara di kampus, entah di kelas atau pada saat demonstrasi.
Tapi, begitu duduk di kursi pemerintahan, suara mereka ‘hilang’. Lebih
banyak aksi ‘diam-diam’ alias nilep duit rakyat.

Pertanyaan : kira2 adakah kaitannya dengan – mungkin – toleransi
mereka yg tinggi pada sesama ketika masih muda (pelajar) yang kemudian
teraplikasi dalam nyontek-menyontek alias KKN kecil itu? Toleransi
karena ingin membantu temannya yg tidak bisa mengerjakan soal. Terus,
dia mengharapkan pula dibantu jawaban oleh temannya.

KEDUA, siapapun kagum pada orang pintar, apalagi saya. Tapi, kekaguman
saya bisa runtuh gara2 si pintar tersebut juga melakukan hal manusiawi
(?) seperti NYONTEK. Dan, saya pun sadar, paham, ngerti. Cap ‘pintar’
yang sudah didapatkan dari orang sekitarnya, mau gak mau sekeras
mungkin dia pertahankan. Nah, ketika ia berada dalam kondisi terjepit
(misalnya, pas ujian bener2 gak bisa jawab karena: belum belajar atau
memang terlalu sulit), akhirnya jalan NYONTEK pun ditempuh. Sekali
lagi, demi menjaga reputasi. Nah loh! Gimana itu? Dan, who knows para
pejabat yang kini bertengger di kursi2 publik adalah orang2 pintar
yang dulunya sempat/sering kepleset buat nyontek.

Sehingga kalo nyontek udah membudaya, jadi lebih parah lagi tuh!

Gimana? Mental nyontek adakah kaitannya dengan mental KKN di negara kita?

*sok mikir nih gw*

Iklan

33 thoughts on “DICARI : ORANG YANG GAK PERNAH NYONTEK SAAT UJIAN!!!

  1. waktu SMP dulu, saya nggak pernah nyontek. Instead, saya dan teman2 menamakannya “BEKERJA SAMA”, hehe… karena sifatnya simbiosis mutualisme. tapi sejak SMA, saya selalu mengerjakan ujian dengan kemampuan saya sendiri. percaya diri aja, yg penting saya udah berusaha dan belajar sungguh2. nikmat banget rasanya kalo mendapatkan hasil dari jerih payah sendiri.

  2. kayaknya orang itu aq deh Tah! aq gak pernah nyontek, aq ini orangnya jenius, pintar, ramah, baik hati, berbudi luhur, cekatan, pokoknya I LOVE MYSELF *narsis level gak keitung+lebay.com+ngibul.com* hehehe… btw, ini nih aq benci aktivis2 politik mahasiswa yg muna, mrk demo anti KKN, tp sejatinya mrk jg pelaku KKN dlm hal keseharian, misal titip absen (korupsi tuh+nepotisme), nyontek kerja sama pas ujian (kolusi tuh), dll..

  3. *nglirak-nglirik karena sebel punya teman yang tukang nyontek*Saya punya sahabat 4 orang waktu SMA (jadi ada 5 dengan saya) yang selalu sekelas tiap tahun. Kelima2nya nggak pernah nyontek (terserah percaya atau nggak) tetapi kelima2nya selalu lima peringkat teratas dan bergantian untuk peringkat satunya ^_^Dari SD saya punya prinsip yang sangat kuat tentang usaha sendiri, sehingga lebih baik nilai jelek dengan usaha sendiri. Saya senangnya duduk di belakang, tetapi kalau ujian selalu ingin di depan karena tidak ingin diganggu.

  4. Saya setuju bahwa mental nyontek berhubungan dengan mental KKN. Mental nyontek adalah masalah ketidakmandirian. Yang tidak nyontek cenderung dikucilkan dan menjadi BUKAN bagian dari sistem. Sistem di pemerintahan bisa jadi sudah mengakar sehingga mental waktu kecil akan terbawa dan pada akhirnya kembali terjebak pada budaya NEGATIF tersebut. Saya sendiri AMIT2 ketika disodorkan untuk melamar menjadi PNS karena saya tahu benar tentang PNS melihat dari orangtua dan kakak saya yang PNS (alhamdulillah keduanya sangat jauh dari KKN sehingga hidupnya pas-pasan bahkan kekurangan).Akan tetapi, mental nyontek masa jadi pelajar bisa hilang kalau dia mengalami masa transedensi yang luar biasa sehingga mengubah gaya hidup dan mentalitasnya. Wallahu’alam….

  5. aku waktu kuliah nggak pernah nyontek kok, soalnya mahasiswanya cuma sedikit (seangkatan 13 orang), terus sistem ujiannya direkayasa sedemikian rupa, jadi kami nggak punya energi lagi buat nyontek hihiii

  6. gatau deh Lu..*puyeng mikir KKN pejabat:D*yg pasti jaman Rasulullah SAW mah pd gak mau jd pemimpin krn tanggungjwb yg berat…tp skrg mah pd berebut mau jd ‘pemimpin.oh Indonesiaku

  7. hanya semenjak kuliah enggak pernah nyontekdari sd smpe sma kayanya nyontek terus dehhahahahhahakalo ga salah ada satu anak di kelas waktu kelas 3 smaga pernah nyontekbahkan ngbrol dan senyum pun jaranggimana tuhh…;p

  8. bundaathira said: Ya gue lah…!!! ;)(pecaya kan? pecaya dong!)

    iyaph! percaya aja deh… secara gitu, mbak kriting. orang kriting biasanya cerdas (termasuk nyontek???) *masih dipertanyakan*

  9. nulisaja said: waktu SMP dulu, saya nggak pernah nyontek. Instead, saya dan teman2 menamakannya “BEKERJA SAMA”, hehe… karena sifatnya simbiosis mutualisme. tapi sejak SMA, saya selalu mengerjakan ujian dengan kemampuan saya sendiri. percaya diri aja, yg penting saya udah berusaha dan belajar sungguh2. nikmat banget rasanya kalo mendapatkan hasil dari jerih payah sendiri.

    iya, mbak! saya juga terkadang idealis. kalo suasana ruang ujian emang gak mendukung, saya berusaha semaksimal mungkin. gimana pun hasilnya. apalagi semacam tes SPMB dsb, usaha bener2 deh. nah, lain halnya kalo di ruang ujian semester gitu… ehemmmm…. so far, berusaha sendiri dulu, toh kita juga yang bakal nikmatin hasilnya.

  10. asianatelier said: kayaknya orang itu aq deh Tah! aq gak pernah nyontek, aq ini orangnya jenius, pintar, ramah, baik hati, berbudi luhur, cekatan, pokoknya I LOVE MYSELF *narsis level gak keitung+lebay.com+ngibul.com* hehehe… btw, ini nih aq benci aktivis2 politik mahasiswa yg muna, mrk demo anti KKN, tp sejatinya mrk jg pelaku KKN dlm hal keseharian, misal titip absen (korupsi tuh+nepotisme), nyontek kerja sama pas ujian (kolusi tuh), dll..

    Istighfar, Mas!!! Istighfar… (hohoho…kelebayan tuh ama diri sendiri)btw, iya juga sih. saya juga terkadang skeptis gitu ama mahasiswa yang rajin berkoar2, tapi ternyata behind the scene, tingkah polah mereka gak ada ubahnya sama… *tiiiiiiitttttttt…..censored*

  11. aswi said: *nglirak-nglirik karena sebel punya teman yang tukang nyontek*Saya punya sahabat 4 orang waktu SMA (jadi ada 5 dengan saya) yang selalu sekelas tiap tahun. Kelima2nya nggak pernah nyontek (terserah percaya atau nggak) tetapi kelima2nya selalu lima peringkat teratas dan bergantian untuk peringkat satunya ^_^Dari SD saya punya prinsip yang sangat kuat tentang usaha sendiri, sehingga lebih baik nilai jelek dengan usaha sendiri. Saya senangnya duduk di belakang, tetapi kalau ujian selalu ingin di depan karena tidak ingin diganggu.

    wowww…saluuuut…saluuuut… *sambil tepuk2 piring*It’s inspiring! TFS, Mas!Indonesia butuh orang2 seperti Mas!

  12. mmlubis said: aku waktu kuliah nggak pernah nyontek kok, soalnya mahasiswanya cuma sedikit (seangkatan 13 orang), terus sistem ujiannya direkayasa sedemikian rupa, jadi kami nggak punya energi lagi buat nyontek hihiii

    justru bagus yang kek gini, mbak!emang ya kelas2 di Indonesia itu kebanyakan overloaded. jadi, budaya rame2 (kalo gak ada lo gak seru) masih tertancap kuat. nyontek pun jadi gampang.coba kalo sekelas cuma 15-20 orang. lebih efektif juga kan kegiatan belajar mengajarnya.

  13. meylafarid said: gatau deh Lu..*puyeng mikir KKN pejabat:D*yg pasti jaman Rasulullah SAW mah pd gak mau jd pemimpin krn tanggungjwb yg berat…tp skrg mah pd berebut mau jd ‘pemimpin.oh Indonesiaku

    oooooh… Indonesiaaaa…. *nada sediih*

  14. sofiyasaja said: hanya semenjak kuliah enggak pernah nyontekdari sd smpe sma kayanya nyontek terus dehhahahahhahakalo ga salah ada satu anak di kelas waktu kelas 3 smaga pernah nyontekbahkan ngbrol dan senyum pun jaranggimana tuhh…;p

    teman mbak itu, contoh siswa gak nyontek yang bagus!!! patut ditiru dalam hal seperti itu.saluuut dah… terlepas dari kekurangan yang berasal dari penilaian subjektif individu terhadapnya.

  15. kekna gak ada deh orang yg gag pernah nyontek.pasti smua org pernah.tergantung ‘nyontek’ dlm k0nteks apa dulu?tapi,kalo ada yg gak pernah nyontek saat ujian,kekna NAJONG deh…ada rejeki koq g dmanfaatin,he hesalah satu bentuk ‘pertolongan’ Allah tuh,hwkwkwkwk..

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s