Roti Setrika, Inspired by Mbak Dodol

Bagi yg udah pernah baca Anak Kos Dodol-nya Mbak Dewi
(dedew80.multiply.com), pasti tau dong salah satu cerita yang
berhubungan ama judul tulisan ne. Yup! Ada teman Mbak Dewi yang
mencoba jualan roti bakar di kos-kosan mereka. Setelah diselidiki,
ternyata mereka manggang roti ‘bakar’nya dengan setrika! Hiyyaaa…

Dan, tau gak? Entah kenapa ide dodol itu pun muncul di kepalaku.
Ceritanya, sabtu lalu saat aku pulang dari Togamas. Setelah ber-haha
hihi dengan teman via chatting. Dengan perut lapar, dalam perjalanan
pulang, tercetus pula ide bikin roti panggang alias roti setrika.
Kebetulan bgt di kos lagi ada roti tawar yang aku beli pagi harinya
plus selai stroberi. Wah, klop dagh!!!

Lupakan nasi buat pengganjal perut. Aku mau bereksperimen. Makasih yaw
Mbak Dewi aka Mbak Dodol yang udah kasih inspirasi!

Begitu nyampe kosan, aku segera mengeluarkan roti tawar, selai, dan
setrika dari kotaknya. Tapi, gak mungkin kan langsung nyetrika
rotinya? So, aku ngakalinnya dengan memakai koran. Sambil menunggu
setrika ‘naik darah’, aku pun moles sehelai roti tawar dengan selai.
Kuratakan di sekujur permukaannya. Lalu, kuambil satu helai lagi.
Huppp! Tumpuk dah!

Begitu setrikanya sudah panas, segera kugelar koran. Kuletakkan rotiku
di atasnya dan tutup dengan helai koran lainnya. Deg-degan dengan roti
percobaan, aku pun menindihkan setrika. Kutekan2 biar panasnya merata.
Kubikin garing. Kubolak-balik, sampe warnanya berubah agak kecoklatan
karena garing.

Aku menyetrika roti sambil senyam-senyum sendiri. Ini pilot
project-ku. Gak boleh gagal. Dan, benar saja! Aku berhasil, Kawans!
Roti panggang pake setrika buatanku sukses! Aku nikmati dengan penuh
kegirangan. Meskipun bayangan baju dan celana pernah kusetrika dengan
Philips-ku ini terus menghantui. Hayah! Yang penting bisa bikin roti
panggang sendiri. Hemat. Murah meriah. Gak pake lama, lagi!

Gimana, ada yang mau coba? Coba aja! Gak usah malu2… Hahaha

25 thoughts on “Roti Setrika, Inspired by Mbak Dodol

  1. fatah lupa akan sesuatu! kertas koran yang ada tintanya kalo kena panas bahan kimia koran tersebut bisa pindah ke rotinya, so roti kamu jadi gak higienis! boleh eksperimen tapi inget faktor kesehatan dong! misalnya pake daun pisang sbg penutupnya gmn? hehehe

  2. lafatah said: @pak nono + mbak leila adalah para mantan anak kos, pastinya. Hahaha…yang penting hepi. Dibikin murah meriah aja. Ya kan?

    Nggak juga, tuh. Aku merasakan jadi anak kos malah baru setelah nikah dan ditempatkan di pulau berbeda dengan suami… Total cuma 6 bulanan.

  3. gak gendheng tah,itu realitapasalnya,aku juga sering ny0ba n hasilny yummy kuq…kertas k0ran n tulisanny g da yg nempel,CUMA jgn pake SUSU ato MILK sbgai selai,pasti hasilny nempel ma kertas.pake ja mentega n gula pasir,meses ato selaimet nyoba..

Sila Urun Tutur

