Domba : Sang Penebus

Masih ingat dong kisah Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail. Duluuu
banget, waktu saya baru bisa membaca, kisah teladan mereka saya baca
di Majalah Aku Anak Saleh. Satu-satunya majalah yang dilangganankan
bapak untuk saya. (makasih ya, pak!)

Tak hanya lewat buku. Guru agama di sekolah pun kerapkali menceritakan
kisah pengorbanan tulus Bapak Semua Nabi ini. Apalagi saat momen Idul
Adha tiba. Tak hanya di televisi, hikmah Hari Raya Kurban ini
dijelaskan. Pastinya, khatib pun akan selalu membahas tema ini.
Meskipun dari tahun ke tahun, isi khutbahnya monoton (terutama di
kampungku), tapi paling gak, kami ada yang mengingatkan. Ada yang
menanamkan kuat2 di memori tentang makna hari nan agung ini. Yang
mungkin, bagi kebanyakan orang, terkesan biasa saja. Tidak sesakral
idul fitri.

Yang pasti, sejak matahari tergelincir di ufuk barat kemarin, suara
takbir mulai menggema dari mushola2 dan masjid2. Tengah malam juga.
Dan, sekarang juga saat aku sedang menuliskan ini.

Takbir, tahmid, dan tahlil yang bersahut-sahutan, sungguh memancing
kerinduan akan kampung halaman. Tapi apa daya? Wong besok aja udah
masuk kuliah lagi kok. So, ditahan aja rindunya. Bentar lagi UAS dan
liburan panjang deh!

Btw, aku mau mandi dulu ah! Siap2 menuju masjid kampus. Sholat ied
bareng bersama masyarakat sekitar Unair dan mahasiswa2 yang gak bisa
pulang kampung.

Siyya!
Sekali lagi saya ucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1429 H…

Iklan

16 thoughts on “Domba : Sang Penebus

  1. Yang pasti, sejak matahari tergelincir di ufuk barat kemarin, suaratakbir mulai menggema dari mushola2 dan masjid2. Tengah malam juga.Dan, sekarang juga saat aku sedang menuliskan ini.Tapi di tempatku, sepi….Mesjid n mushala ga ingat kalo besoknya adalah hari raya….Menyedihkan ya….Salam kenal….Firsty…

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s