People have right to be stupid! Some people abuse that privilege!

Inilah quote yang aku dapetin dari status update seorang teman di FB. Dan, aku langsung girang! This is what i need now! Hahaha…start being crazy? Yup, maybe!

Bukannya kenapa-kenapa. Seringkali kujumpai orang-orang di sekitarku yang menghendaki orang lain pintar. Orang tua pengin anaknya pintar. Pacar pengin pacarnya pintar. Guru pengin muridnya pintar. Ustadz pengin santrinya pintar.

Adakah orang yang pengin orang lain, bodoh?!

Ada!

Coba bedakan dengan: membiarkan orang lain dengan kebodohannya.

Atau sengaja membuat orang lain bodoh alias membodohi orang lain!

Hmmm… yang ingin saya bahas di sini adalah memberikan kebebasan bagi orang lain untuk bodoh, entah dalam berpikir ataupun bersikap. Kenapa? Sebab, menunjukkan sikap bodoh atau pikiran yang bodoh, bisa jadi itu di luar kendalinya. Bisa pula ia menyengaja, entah dengan alasan apa. Dan, kita tak berhak untuk meng’hakimi’ kebodohannya tersebut. Dia punya hak. Hak dia. Anda bisa saja tertawa, menertawakan, ngakak berderai. Tapi, Anda takkan pernah tahu apa yang ada di hatinya. Bisa saja luka, dendam, marah, atau bahkan masa bodoh. I don’t care, kata salah satu teman saya.

Dan…bagi kalian yang berada di pihak yang ‘bodoh’ menurut dia (entah orang tua, guru, pacar, atau teman), cuek saja. Bodoh itu hal yang lumrah. Lebih tepatnya sih, BELUM TAHU, BELUM PENGALAMAN, BELUM PERNAH MENCOBA. Dan, jika dia menjelek-jelekkan kalian karena bodoh yang kalian tunjukkan (secara alami), dialah yang bodoh sebenarnya! Ukuran apa yang dia punya untuk menentukan bodoh dan tidak bodohnya seseorang?

Coba tunjukkan saya, siapa sih yang ngaku dirinya pintar? Coba tunjukkan saya, siapa yang mengaku dirinya tahu banyak? Coba tunjukkan saya, siapa yang ngaku dirinya hebat???

Yang paling pintar menurut ukuran manusia pun, seberapa pintar sih di hadapan-Nya?


Fatah in stupid time!
I’m proud in my stupidity.

4 thoughts on “People have right to be stupid! Some people abuse that privilege!

  1. kayaknya aku dah dapat ilmu tentang kebodohan setelah membaca postingan ini! terima kasih Fatah, aku makin pintar dengan mengetahui tentang hal yang bodoh… huahahaha *bingung.com*

  2. lafatah said: Dan, jika dia menjelek-jelekkan kalian karena bodoh yang kalian tunjukkan (secara alami), dialah yang bodoh sebenarnya! Ukuran apa yang dia punya untuk menentukan bodoh dan tidak bodohnya seseorang?

    wow..setuju sama yang ini! 4 thumbs up! 🙂

Sila Urun Tutur

