Belajar Ngartikel di HI

Ada untungnya saya masuk HI. Bakat menulis saya bisa makin terasah. Kenapa? Sebab, tiada hari tanpa paper. Membaca artikel, membuat jurnal. Meski bukan dalam rangka menulis bebas – yang lebih saya senangi, tapi paling tidak saya tetap bisa menulis.

Dulu saya merasa kesulitan membuat artikel atau tulisan yang berbau ilmiah. Ini yang saya rasakan ketika SMA. Ketika ada lomba menulis artikel yang diadakan oleh perguruan tinggi, misalnya, saya pun sudah memantapkan niat untuk tidak ikut. Saya masih belum bisa mengorganisasi tulisan berjenis artikel dengan baik.

Entah kenapa, yang ada di kepala saya, yang namanya tulisan ilmiah atau artikel itu, mesti ada data-datanya. Mesti ada angka-angka. Dan, itu yang membuat saya ‘stuck’. Kosakata saja belum banyak, belum lagi kelihaian mengelola angka di antara dereta kalimat-kalimat.

Untuk memantapkan diri dalam menulis, saya tidak menampik selalu tertarik dengan bahasan ‘how to’ menulis. Mulai dari buku cara menulis, artikel tentang cara gampang menulis, bahkan blog-blog yang mengulas dunia tulis-menulis sering saya kunjungi. Salah satunya, siapa lagi kalau bukan blognya Teh Rini.

Dan, saya pernah memperoleh satu tips menulis artikel, yaitu dengan mengamati artikel-artikel penulis yang sering dimuat di media massa, Kompas, misalnya. Hanya dengan pengalaman membaca karya orang lain. Ya, hanya. Aturan dan tetek-bengek menulis, seperti EYD dan lain sebagainya akan kita pahami dengan sendirinya secara alamiah seiring dengan meningkatnya intensitas dan kepekaan kita dalam membaca. Yuhuuu, pengalaman membaca, sangat perlu!

Kembali pada kalimat pertama tulisan ini.

Saya pun demikian di HI. Saking banyaknya artikel yang direcoki ke mahasiswa, secara otomatis kami pun terpengaruh untuk menulis dengan gaya ilmiah seperti yang ditulis oleh para scholars tersebut. Ilmiah, yang saya maksudkan, adalah logis, rasional, juga runtut. Meskipun keilmiahan kami masih perlu dipertanyakan. Sebab, jujur saja, saya terutama, ketika menulis jurnal dengan sumber-sumber bacaan berbahasa Inggris, masih suka melakukan translating. Ide-ide orang itu saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Baru saya kembangkan. Begitu pula untuk terkhusus mata kuliah Sistem Politik Amerika Serikat. Kami diharuskan untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris serta slide presentasi dan mempresentasikannya pun menggunakan bahasanya David Beckham itu. Kalau misalnya, saya menemukan artikel bahasa Indonesia yang pas dengan topik yang saya bahas, maka saya pun melakukan translating, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Ya, setidaknya, saya memperoleh pelajaran dari setiap mata kuliah yang saya ikuti. Apalagi jika paper menjadi menu utamanya. Tak apalah. Mungkin saat ini saya mengeluh, tapi saya yakin manfaatnya bisa saya unduh (halah…). Ya, menjadi seorang kolumnis atau apalah. Pak I Basis Susilo, Dekan FISIP Unair, Dosen saya di HI, sekaligus penulis yang tulisan-tulisannya sering nongol di Kompas, adalah salah satu idola saya. Semoga bisa, minimal, seperti beliau. Maksimalnya? Only God Who Knows… (hehehe… kayak judul lagu aja).


12 thoughts on “Belajar Ngartikel di HI

  1. hehehe…makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii mbaaaaaaaaaaak ita!!!sukses juga buat mbaaaaaaaaakkk…*plis mbak, saya masih penasaran nih* boleh minta ID YM gak???(wink wink)

  2. arikunto said: duuhhh akrab banget!mau belajar dirumahnya siapa nih dek! hehehe…

    hehehe… kita kan teman *ngelirik Cek Yan*Mau belajar ke Palembang donk! 🙂

  3. arikunto said: Semangat terus yaaaa…Terpacu juga untuk lebih mengoptimalisasikan diri…Thanks ya dek!

    Yihaaaaaaaaaaaa….Sama-sama Mas Ari.Nuhun wez moco tulisan iki *belajar pake boso jowo*

Sila Urun Tutur

