[Behind The Writing] Natal Vanila dan Rumah Pelangi

Cerpen ini pernah saya posting di sini.

Cerpen ini saya buat pada bulan Desember 2007. Dari judulnya saja Anda pasti bisa menebak alasan saya menulis cerpen ini. Ya, memanfaatkan momentum Natal yang jatuh dua minggu lagi.

Selain itu, efek ‘Laskar Pelangi’ juga memberikan ide bagi pemberian judul serta latar belakang cerpen ini. Meski terkesan mirip dengan judul buku epigonnya Laskar Pelangi (tahu kan?), tapi sungguh…saya lebih dulu memakai judul cerpen, baru deh menemukan novel dengan judul yang sama (iyaaa…iyaaa… percaya!!! )

Saya menggunakan teknik bercerita yang mungkin sudah tidak terlalu ‘distinct’ bagi kebanyakan penulis. Tapi, karena penulis-penulis cerpen sebelumnya yang dimuat di Deteksi Jawa Pos belum menerapkan teknik ini, saya pun ‘mencuri’ lantas memburainya di cerpen saya.

Oya, saya masih ingat. Cerpen ini saya kirim lewat kantor pos di Kampus A Unair. Saya keburu sebab akan pergi ke Malang. Daripada saya membawa naskahnya ke Malang dan mengeposkan dari sana, alangkah efektifnya jika saya kirim melalui domisili yang sama, yakni Surabaya. Kenapa? Tentu saja agar naskah saya bisa cepat sampai ke Kantor Redaksi Jawa Pos.

Bisa saja sih saya meminta tolong pada teman untuk mengantarkan ke Kantor Jawa Pos di Jalan Ahmad Yani. Tapi, beginilah. Menjalani sendiri proses dan menuai hasilnya, tentunya lebih membanggakan

Enjoy read it!
Kliping cerpennya saya scan di sini.

Iklan

16 thoughts on “[Behind The Writing] Natal Vanila dan Rumah Pelangi

  1. absen dulu ya dik,ntar makan siang bacanya ;)) btw good luck ,oh iya…..ku mo ke lombok neh,daerah senggigi sana ,selain novotel n senggi beach da hotel lain yg menarik ga?

  2. koranpagi2008 said: absen dulu ya dik,ntar makan siang bacanya ;)) btw good luck ,oh iya…..ku mo ke lombok neh,daerah senggigi sana ,selain novotel n senggi beach da hotel lain yg menarik ga?

    wohooooo…dengan senang hati menerima kunjungan Mbak Ita…*Oya, kok ada yang bilang ‘Kang’ sih* *jadi heran* :))Selain dua hotel wow itu, hotel apalagi ya… yang hotel melati? banyak. Tapi saya kurang tau persis nama dan lokasinya. Yang pasti sekitaran Senggigi..

  3. lafatah said: wohooooo…dengan senang hati menerima kunjungan Mbak Ita…*Oya, kok ada yang bilang ‘Kang’ sih* *jadi heran* :))Selain dua hotel wow itu, hotel apalagi ya… yang hotel melati? banyak. Tapi saya kurang tau persis nama dan lokasinya. Yang pasti sekitaran Senggigi..

    hihii biarin aja deh,kalo da yg manggil mas atau kang,kalo ditanya baru dikasi tau ;)) ohh ok,ntar ku lihat web lombok aja dehh,soalnya ku ma temen2 bule datengnya ,ga enak kalo tdr di hotel melati,thanx ya dek tuk inponya

  4. dibilang produktif siiiih, nggak juga mbak.produktifnya pas kepepet aja.misal, pas duit bulanan lagi nipis, baru deh terpacu nulis n ngirim ke media :))

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s