Nang Ngalam

Beuh! Pake embel-embel napak tilas segala. Tapi, emang bener, kok!
Meski gak keseluruhan jejak saya dulu di Malang, saya datangi lagi.

Sabtu pagi jam 8 saya berangkat dari Stasiun Gubeng, Surabaya. Naik KA
Penataran kelas 3 alias ekonomi. Ternyata dari pertama kali saya
‘nyicip’ kereta ekonomi dari Malang-Surabaya atau sebaliknya, tiketnya
pancet ae 4.500.

Selama perjalanan di atas kereta, pemandangan seperti biasa saya
temukan kembali. Pedagang asongan yg mondar-mandir, anak2 yg merengek,
penumpang yg gak kebagian tempat duduk, penumpang yg tidur dgn
keringat meleler, dan pak petugas yg berjalan ngelubangin karcis.
Biasa aja. Gak ada kejadian heboh yg menarik perhatian, kecuali
mungkin pemandangan kiri kanan, entah sawah, ladang, bukit kecil, atau
sungai yg selalu mampu meng’hijau’kan otak saya.

Pukul 10.20 wib, sampailah saya di Stasiun Kota Baru, Malang.
Nostalgia dimulai.

Saya sudah berniat untuk tidak ngangkot. Lebih enak jalan kaki,
sekalian menuntaskan rindu saya dgn udara segarnya Ngalam. Dengan
bekal satu tentengan tas laptop (yg laptopnya sendiri saya tinggalkan
di kosan) saya pun mulai menyusuri jalan depan Tugu Malang, yg
kebetulan berhadapan pula dgn Kantor Walikota Ngalam. Saya narik napas
dalam2 di sekitar situ.

Memasuki Jalan Splendid, saya teringat Shanto, teman di WEC dulu.
Rumahnya dekat Pasar Burung dan Pasar Bunga di Splendid. Ah, dia pasti
masih sibuk dgn tes SCABA-nya. Niatnya sih mampir, tapi saya terus
nyeret kaki ini.

Eh, ternyata ada galeri seni di Splendid. Baru dibangun rupanya. Saya
pun iseng menengok ke dalam yg mirip dgn padepokan itu. Para gimbalis
(yg mungkin seniman juga) lagi tiduran. Beuh… Tipikal orang malam
nih, gumam saya. Melihat2 sebentar, saya pun keluar. Melanjutkan
perjalanan ke arah alun2 kota. Ya, inginnya mampir ke Gramedia. Siapa
tahu Pengakuan Casanova telah nongkrong di sana. Togamas Petra dan
Gramedia Delta di Surabaya belum majang novel ini. Hhhh… Sekalian
jalan2 di Ngalam, ngulik novel ini.

NEXT…

Iklan

17 thoughts on “Nang Ngalam

  1. Cocoknya disebut apa y? Padepokan seni kali ya? Isinya sih gendang, para gimbalis yg lg tidur, ada orang gitaran juga, trus pamflet2 kegiatan seni gitu…

  2. Cari di bookrent aja!Kalo nunggu teman beli, kayaknya susah. Hehehe… Apalagi novelnya lumayan bergizi dari jumlah halaman, so harganya pun berlemak 🙂

  3. Cari di bookrent aja!Kalo nunggu teman beli, kayaknya susah. Hehehe… Apalagi novelnya lumayan bergizi dari jumlah halaman, so harganya pun berlemak 🙂

  4. lafatah said: Cocoknya disebut apa y? Padepokan seni kali ya? Isinya sih gendang, para gimbalis yg lg tidur, ada orang gitaran juga, trus pamflet2 kegiatan seni gitu…

    ohh ic,;)) apa aja deh namannya

  5. lafatah said: Waaah… Mas Salim asli Kediri tho?Kalo pulang, kabar2i yo Mas. Sapataw iso kopdaran 🙂

    Oke, insya Allah… Mas Atah kuliah di Surabaya-kah?

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s