Maka, Nikmat Tuhanmu Manakah yang Kau Dustakan?

21. Sebuah angka sakti. Paling tidak bagi diri saya pribadi. Bukan karena angka ini menjadi trade-mark bioskop besar di Indonesia. Bukan karena kita sekarang hidup di abad selikur ini. Bukan. Ia istimewa bagi saya karena saya masih diizinkan Allah untuk menapaki usia segitu.

Dua puluh satu. Hidup saya telah berlalu sebegitu. Hidup yang perlu direnungi, tak sekadar dijalani. Secuil asam garam kehidupan telah saya cerapi. Sekelingking pahit manis hidup telah saya sesapi. Segalah jarak telah saya lampaui. Lalu, di manakah saya saat ini?

Saya bukan lagi anak kemarin sore. Saya bukan lagi anak kemarin malam. Saya bukan lagi anak kemarin pagi. Saya bukan lagi anak kemarin siang. Saya adalah saya pada detik ini. Saya adalah saya ketika menarik napas ini. Saya adalah saya ketika menyusun aksara ini.

Jikalau saya bahagia pada detik ini, bukan karena saya lahir pada tanggal ini 21 tahun yang lalu. Saya bahagia karena kemurahan-Nya masih terlimpah pada saya hingga hari ini. Andai pun saya terlahir di tengah keluarga yang tidak memperhatikan tanggal kelahiran, mungkin satu-satunya yang bisa saya lakukan adalah mensyukuri hari demi hari yang bisa saya rengkuhi.

Mengulang hari jadi, hari pertama kali saya merasakan udara bumi, tiada yang perlu dihura-hurai. Kue, lilin hari jadi, kado-kado, ataupun pesta, dalam keluarga saya bukanlah tradisi. Bapak dan inaq tak pernah mengajarkan untuk merayakan hari jadi. Jika hari jadi itu datang, cukup saya disuruh berdoa. Saya pun minta didoakan oleh orang tua. Saudara-saudara mengucap selamat semoga. Dan, semua kembali biasa. Apalah yang perlu dihura-hurai tatkala umur makin diperpendeki?

Jikalau ada yang mengucap selamat dan meniupkan selarik doa, saya aminkan, semoga. Jikalau ada yang memberikan sesuatu, anggap saja rezeki dari Dia. Jikalau ada yang meminta traktiran, saya lemparkan saja sesabit senyum. Jikalau ada… maka saya…

Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan? Usia tak hanya ladang menanam prestasi, tapi juga ladang cobaan. Sejauh mana saya berhasil menanam ladang tersebut dengan benih-benih kebaikan, akan terukur pula bagaimana saya berhasil menapaki setiap duri-duri cobaan.

Fhabiayyi alaa irobbikumaa tukazzibaan???


29 thoughts on “Maka, Nikmat Tuhanmu Manakah yang Kau Dustakan?

  1. masfathin said: Selamat Ulang Tahun ya Tah πŸ™‚ semoga apa yang Fatah inginkan dikabulkan Allah Swt, Amin πŸ™‚

    Amiin…Terima kasih atas doanya, Cek πŸ™‚

  2. rinurbad said: Perasaan besok, deh. Soalnya bareng ma ponakanku. Yasud, semoga usiamu berkah ya..

    Mumpung hari ini bisa menulis, Teteh.Kalo besok kan, we never know πŸ™‚

  3. toramarimelompat said: cuma beda beberapa hari sama saya ya. haha.hppy bday =)

    Oya? kapan nih??? Beberapa hari ke depan?Okeh deh… selamat hari jadi juga ya?:)))Tora, mari melompat! *cmiww*

  4. Lagi muhasabah y mas Lalu…seneng rasanya masih usia muda belia tapi dalam banget introspeksinya..selamat ulang tahun y mas Lalu, satu jam lebih cepet gk papa kan ngucapinnya. Smg apa yg mas Lalu inginkan baik di dunia maupun di akhirat kelak tercapai, amien y Allah

  5. Terima kasih ya Mbak Ita…Paling tidak ini salah satu cara muhasabah…meski ada cara lain lagi yang lebih oke.biar saya punya rekam jejak, apa saja yang saya perbuat selama ini.tentunya rekam jejak-Nya teramat MAHA!

  6. specchless bacanya tah..selamat ulang tahun yah!kapan dan dimana saya ” Fhabiayyi alaa irobbikumaa tukazzibaan???” selalu membuatku bergetar dan ingin berair mata..Nikmat-Nya yang mana lagi yg kan kita dustakan???selamat ulang tahun teman..

  7. SELAMAT ULANG TAHUN KAK………………..hehehe…….Kak, bikin cerpen dong kak sebagai syukuran atas bertambahnya usia kakak……….saya pengen baca cerpen kakak nih…….saya mau belajar nulis cerpen juga……..hehehe πŸ™‚

  8. sal3ho said: Subhanalloh..surrah arrohman emang begitu menggetarkan hati…..

    Dibaca berulang-ulang… makin luluh hati ini :)Allahu Akbar!!!

  9. tarunapukat said: specchless bacanya tah..selamat ulang tahun yah!kapan dan dimana saya ” Fhabiayyi alaa irobbikumaa tukazzibaan???” selalu membuatku bergetar dan ingin berair mata..Nikmat-Nya yang mana lagi yg kan kita dustakan???selamat ulang tahun teman..

    Terima kasih, Teman…You’re my best friend in maia world :)Hmmm… kok belum sempat ketemu2 juga ya…Mudahan ya pas mudik mendatang :)Sekali lagi, thanks a million :p

  10. putraselat said: SELAMAT ULANG TAHUN KAK………………..hehehe…….Kak, bikin cerpen dong kak sebagai syukuran atas bertambahnya usia kakak……….saya pengen baca cerpen kakak nih…….saya mau belajar nulis cerpen juga……..hehehe πŸ™‚

    Makasih ya Ahmad…Cerpen??? hehehe… Tulisan ini sepertinya lebih representatif bagiku :)Nikmati saja ya… Aku menghadiahi diriku sendiri dengan bacaan2 yang kupinjam dari rental dan teman πŸ™‚

  11. lafatah said: Aku menghadiahi diriku sendiri dengan bacaan2 yang kupinjam dari rental dan teman πŸ™‚

    hahahah.,………gak modal nih kakak………..hahaha………..beli dong kak, menghargai hak cipta……..wakakaka :p

  12. Dengan membaca buku si penulis, secara gak langsung kan menghargai penulisnya juga tho???Apalagi kalo karya mereka kita ulas, senang euy penulis πŸ™‚

  13. Alhamdulilah udah 21 tahun..semoga semakin dewasa, sehat selalu dan melimpah rezeki barokah..amiiin ya robbalamin.sini aku yang nraktir hehehe…*secara bareng ma suamiku :D*

  14. lafatah said: Terima kasih, Teman…You’re my best friend in maia world :)Hmmm… kok belum sempat ketemu2 juga ya…Mudahan ya pas mudik mendatang :)Sekali lagi, thanks a million :p

    Amiiin…maen2 ke mataram makanya..aku punya banyak temen Alumni SMansel.Wahyu sang drumer, echal, Budi, Ita, iDae, dll..dan…aku suka banged musiknya Indrakilla..

  15. Hahaha…Aku juga lumayan sering kok maen ke Mataram pas liburan.Nginep di rumh kakak ato kontrakan teman.Wow! Anak band keh sekarang? Gimana kuliahmu, bro?

  16. lafatah said: Hahaha…Aku juga lumayan sering kok maen ke Mataram pas liburan.Nginep di rumh kakak ato kontrakan teman.Wow! Anak band keh sekarang? Gimana kuliahmu, bro?

    alhamdulillah kuliah lancar bro..kuliahnya nyantai, biasalah extensi..sibuk sama kegiatan luar kampus aja..teater ma band ehehehe…kapan libur lagi tuh?

  17. liburannya pertengahan juli ini udah mulai kok.tapi, ane nggak pulang.ntar pas lebaran mudiknya…owkah, mantabs dah!!! ntar jadi artis aja bro, kan udah modal teater ama band πŸ™‚

  18. lafatah said: liburannya pertengahan juli ini udah mulai kok.tapi, ane nggak pulang.ntar pas lebaran mudiknya…owkah, mantabs dah!!! ntar jadi artis aja bro, kan udah modal teater ama band πŸ™‚

    waduh keknya gak sampai kesana keinginannya..cukup sebagai pengalaman masa muda aja, harapannya nanti bisa menularkan bakat pada murid2ku di masa depan..hahahaha

  19. lafatah said: makin mantabs saja!yeah, i do support your positive works, bro!reach it and share it!!!GOOD LUCK! πŸ™‚

    tengkyu sob!do it u’r self before u’t self di duitin..hahaha

  20. yeah… begitulah, Mbak.Mbak bertanya demikian, karena perjalanan waktu yang terasa amat sangat singkat…Saya aja nggak terasa sudah menginjak angka 21.makin lama, waktu emang melesat jauh ya, Mbak? πŸ™‚

Sila Urun Tutur

