Ujian SPAS, Banyak PAS!

         Jam tujuh kurang lima belas, saya sudah berangkat dari kosan. Bermodalkan sebuah notes yang telah saya coret-coreti dengan ringkasan materi yang akan saya presentasikan, hufff… berjalanlah saya. Sambil baca-baca sepanjang perjalanan. 


         Di jadwal, kelompok 1, yakni kelompok saya akan mulai diuji pukul 07.00. Sebelumnya, saya pikir ujiannya di Ruang Cakra, Gedung C. Tapi, kok tutup ya? Akhirnya, saya berjalan ke Gedung A, menuju depan KP HI. Ketemu dengan salah satu anak 2008. Mas Syafril, dosen SPAS (Sistem Politik Amerika Serikat), tiba-tiba keluar dari ruang KP HI. 

         “Ujiannya di mana, Mas?” tanya anak 2008 itu. Namanya Danis.

         “Ruang 301.”

         Well, naiklah saya. Sambil menunggu Yeni dan Alin (keduanya anak 2008), teman satu kelompok, saya pun masuk ke kamar mandi. Melatih diri presentasi di depan cermin. Hehehe… Mantabs!!!

        Mas Bayu, sang asdos, pun memanggil. Kelompok saya. Hmmm… Di dalam ruangan sudah ada Pak Basis, dosen SPAS yang kebetulan jadi Dekan FISIP Unair juga. Lalu, ada Tasya juga, asdos. 

        “Tinggal Alin yang belum datang…” 

        “Mana dia?” tanya asdos.

        “Masih di asrama, katanya.”

        Aku baru tahu kalau asramanya Alin dekeeeet banget dari kampus. Cuma selemparan batu saja. 

        Well, asdos pun menyilakan aku dan Yeni masuk duluan.

        Beuuuuh!!! Aura-aura nggak enak sudah menguar. Pak Basis dan dua asdos siap menikam kami dengan pertanyaan-pertanyaan.

        “Well, good morning, Mas…Mbak…” sapa Pak Basis.

         “Morning, Sir!” jawabku.

         “Have you study, right?”

          Aku cuma ngangguk. Lalu, aku dan Yeni pun duduk. 

          “Now, i will tell you the rule. First, you have to present your topic in two minutes. Afterwards, we will give you one question. You must answer it in two minutes, also. All of your words will be recorded. Be ready!” Mbak Tasya kemudian meletakkan MP4-nya di kursi depan kami. 

           “Ok, now start from Mas Fatah,” ujar Pak Basis.

          Aku pun mulai berkoar-koar. Aku milih topik the constitutional power of president, yang sudah kupersiapkan dari rumah. Sungguh, aku cuman belajar topik ini doang. Sementara topik-topik yang lain, tak sempat aku pelajari.

          Karena tidak strategis dalam presentasi, waktu yang dua menit pun tidak cukup bagiku. 

         Kemudian Yeni pun mulai presentasi mengenai mass media in USA. 

         Sesi pertanyaan dibuka. 

         “How well do you know about Super Tuesday?” Pak Basis dengan tenangnya bertanya.

         Aku langsung membeku seperti udang windu yang masuk kulksa sewindu yang lalu *halah*
 
         Aku cuman bilang kalau Super Tuesday itu berupa penyelenggaraan pemilu di Amerika Serikat yang dilaksanakan SPESIAL pada hari Selasa. No more explanation then. Satu menit aku biarkan lepassss…

         Yeni ditanya mengenai peranan masa media terhadap US Constitution. Dia juga nggak bisa jawab. 2 menit yang diberikan terlewatkan begitu saja.

          Kali ini Tasya yang bertanya. Dan, pas…pas…pas..

           Ketika Yeni kembali ditanya dan nggak bisa, aku pun mengambil kesempatan itu dan mencoba memberikan argumen cetekku. Ditanya mengenai “containment policy”. Lumayan bisa kujawab. Meski masih terlalu umum.

          Pokoknya, ujian SPAS tadi pagi akan benar-benar terasa sayang untuk dilupakan. 

          Belum lagi ujian HIK (Hubungan Internasonal Kawasan) yang modelnya kayak sidang skripsi pada hari Kamis, 9 Juli 2009. Sementara, hari Selasa, 7 Juli 2009, aku kudu bersiap berdebat dengan teman-teman yang lain pada mata ujian Ekonomi Politik Internasional. Ya Allah… Tantangan banget sih!!! Semoga aku bisa melampaui semuanya dengan lancar. Doakan temans…



 

 
8 thoughts on “Ujian SPAS, Banyak PAS!

Sila Urun Tutur

