[Lomba] 35 Buku, 3 Kutipan Menarik


Jujur, saya agak minder mem-posting daftar bacaan saya tahun 2009. Mengapa? Jumlah yang saya baca jauh di bawah teman-teman MPers, katakanlah misalnya: Mbak Rini, Mbak Retno, Mbak Zen, dan tentu saja Mbak Nia (sang penyelenggara lomba – http://bramasole-menantimatahari.blogspot.com/).

Tapi, saya justru akan makin minder jika tidak belajar untuk memperbaiki diri, menyandingkan dan membandingkan daftar bacaan saya dengan teman-teman pecinta buku tersebut. Inti lombanya bukan pada saya menang atau kalah. Namun, bagaimana agar saya mulai menghargai waktu, tenaga, biaya, dan diri sendiri saat menikmati buku-buku yang saya baca tersebut.

Inilah daftar bacaan saya tahun 2009.

1. Negeri van Oranje – Wahyuningrat dkk
2. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi
3. The Journey: From Jakarta to Himalaya – Gola Gong
4. Bunda… Aku Kembali – Lalu Mohammad Zaenudin
5. Datuk Hitam – Bahril Hidayat
6. Emak Ingin Naik Haji: Sebuah Skenario – Aditya Gumay
7. Emil dari Lonneberga – Astrid Lindgren
8. On The Road: Cerita Hati Pengguna Kereta Api – Baban Sarbana
9. Paris Lumiere de l’Amour – Rosita Sihombing
10. The Bookaholic Club – Poppy D. Chusfani
11. The Road to the Empire – Sinta Yudisia
12. Kaya Lewat Terjemahan – Silvester Goridus Sukur
13. Totto Chan – Tetsuko Kuroyanagi
14. Lelaki yang Menangis – Rini Nurul Badariah
15. Luka Adalah Cinta – M. Irfan Hidayatullah dkk.
16. Coraline – Neil Gaiman
17. Ganteng…is Dumb! – Iwok Abqary
18. Keliling Kampus Dunia – Erlangga Ibrahim & Fadel Muhammad
19. Ocehan si Mbot – Agung ‘Mbot’ Nugroho
20. Drunken Monster – Pidi Baiq
21. Ways to Live Forever – Sally Nicholls
22. Boy Overboard – Morris Gleitzman
23. Reporter and The City – Noni Wibisono
24. Garfield: Takes Up Space – Jim Davis
25. Eat Pray Love – Elizabeth Gilbert
26. Stephen King, On Writing – Stephen King
27. The Girls in Love – Jacqueline Wilson
28. Rectoverso – Dewi ‘Dee’ Lestari
29. Puisi Mbeling – Remy Sylado
30. Ketika Mas Gagah Pergi – Helvy Tiana Rosa
31. If I Should Speak – Umm Zakiyyah
32. Great Expectations – Charles Dickens
33. Ketika Cinta Tak Mau Pergi – Nadhira Khalid
34. Honeymoon with My Brothers – Franz Wisner
35. Obama Tentang Israel, Islam, dan Amerika – Taufik Rahman, dkk


Tiga buku berkesan bagi saya beserta kutipan menariknya, antara lain:

1. Garfield: Takes Up Space

An imagination is a powerful tool. It can tint memories of the past, shade perceptions of the present, or paint a future so vivid that it can entice… or terrify, all depending upon how we conduct ourselves today…” (hal. 17)

2. Rectoverso

“Mengubah rutinitas itu sama saja dengan menawar bumi agar berhenti mengedari matahari.” (
hal. 16)


“…Mengapa kita mengenal konsep berpisah dan bersua. Terkadang kita memang harus berpisah dengan diri kita sendiri; dengan proyeksi. Diri yang telah menjelma menjadi manusia yang kita cinta.” (hal. 54)

“…Hingga pada satu titik, engkau ingin kotak itu selamanya melingkupimu. Kebebasan yang tiap hari kaudamba dan kaukejar dalam mimpi, menjadi mimpi permanen yang sepaket dengan upayamu untuk mewujudkannya… Pada saat kotak itu terbuka, engkau malah gelagapan, menggapai-gapai udara kosong demi mencari kungkungan itu lagi. Engkau lebih rindu terantuk dan terbentur-bentur ketimbang bertemu kehampaan yang dulu kauinterpretasikan sebagai kebebasan. (hal. 128)

3. If I Should Speak

“…Keingintahuan sering menggiring seseorang ke tempat-tempat yang sulit dipahami begitu dia mengetahui kebenarannya.” (hal. 294)


“Lalu mengapa begitu banyak manusia yang tak memerhatikan, bertingkah sekehendak hati, mengabaikan dedaunan dan pohon-pohon itu sebagai peringatan akan datangnya kematian? Apakah mereka mengira akan hidup selamanya?
…Mungkin mereka telah terbiasa bangun setiap pagi sehingga percaya bahwa selalu ada hari esok bagi mereka untuk berubah, memperbaiki diri, tunduk kepada Allah…” (hal. 353-354)

Terima kasih pada Mbak Nia yang telah nge-tag saya pada info lomba ini Terima kasih pada teman-teman MPers yang selalu setia menjadi ‘kompor’ saya dalam membaca.

Daftar bacaan Anda, mana???

38 thoughts on “[Lomba] 35 Buku, 3 Kutipan Menarik

  1. akhidirman said: sedihnya gk bs ol lwt kompi. jd gk mungkin bs ikutan :-(ol pake hp terus nih. warnet jauh bgt jaraknya. mana lg sibuk gene

    Saya memaklumi, Bang.Lewat Opera Mini ya? Space buat ngetik berapa karakter emang???Kalo saya lewat browser biasa, cuma 2000 karakter.kadang kalo ngebet ngempi dan jauh dari warnet, saya posting via email, tapi lewat hp. Tapi ya gitu…ngerasa nggak puas 🙂

  2. duniauchi said: rectoverso, i love it. gag pernah bosen mbaca berapa kalipun. udah gag keitung brapa kali aq udh bc ni buku.^^

    Gak heran kalau gaya kepenulisannya Uchi a la Dee…So far, saya juga penggemar berat dia…Meskipun Perahu Kertas belum tergerak untuk membacanya *membayangkan ketebalannya*:))

  3. lovusa said: garfield itu buku anak2 atau dewasa, tah? kayanya seru..

    Kalo menurut saya sih, buku remaja – dewasa.Nggak cocok untuk anak-anak. Ini komik lho, Mbak.Ada dialog-dialog yang agak sarkastik. Tapi, sangat segar dan menghibur 🙂

  4. suararaa said: caranya gimana nih? hehehehe.. lama gak buka MP gak tau ada lomba2 hehee

    Mbak buka aja link-nya Mbak Nia yang saya tulis di paragraf pertama. Informasi lombanya ada di situ. Oke, selamat berlomba 🙂

  5. dedew80 said: saya blom ikuut..pegel ternyata posting daftar buku lewat hp tah..:)

    Mbak, kenapa nggak bangun warnet saja di Ungaran??? Kan, pangsa pasar juga lumayan tuh, mahasiswa2 STIKES Ungaran… hihihih

  6. happywithavis said: banyak eui…berat2 juga bukuna dek^_^

    Berat secara fisik, iya…Isi? Iya juga… Kalo Mbak Avis, gimana???Saya tunggu yak daftarnya 🙂

  7. lafatah said: Mbak buka aja link-nya Mbak Nia yang saya tulis di paragraf pertama. Informasi lombanya ada di situ. Oke, selamat berlomba 🙂

    gak bisa dibuka,, diprivate khusus kontak

  8. #Dani: Bacaanmu juga lumayan, Dek! Serial AKD belum semuanya saya baca. Apalagi versi komiknya. Bagus, tidak?#Mbak Leila: Hehehe… Saya tahu, pasti karena kesibukan juga mudik mbak ke Solo itu, kan? Hayooo… saya tunggu daftar bacaan Mbak untuk tahun 2009 ini. Sekalian ikutan lombanya… :))#Mbak Rara: hohoho… liat yang di blogspot saja 🙂

Sila Urun Tutur

