Kilas Balik Ujian Semester Ini

Semester ini ditutup dengan hidangan lezat dari MBP Australia, Timor Leste, dan Pasifik Barat Daya. Hari ini, Selasa (12/01), tepat pukul 15.00 WIB, pertempuran saya pun usai. Tiga pertanyaan dan yang tersulit bagi saya adalah pertanyaan nomor 3: menganalisis pengaruh Perjanjian Waitangi terhadap hubungan Pakeha dan Maori di Selandia Baru.

Senin kemarin, dua ujian saya hadapi. Politik dan Keamanan Internasional (Polint) serta Bisnis Internasional atau kami lebih akrab menyebutnya Binal. Untuk Polint, saya sangat terbantu oleh ‘novelet’ akhir Analisis HI saya, yakni tentang terisme dan globalisasi. Meski demikian, saya tersendat pula ketika soal di kertas meminta saya untuk menganalisis mengenai proses regionalisasi ASEAN. Pakai teorinya siapa? Hmmm… Untung ada bisikan ‘setan’.

Mengenai Binal, ini sungguh sesuai dengan nama mata kuliahnya. Saya dibikin ‘binal’ oleh ujian lisannya. Dosen Binal, Mas Yunus, mencoba trik-triknya untuk menjatuhkan mental kami dengan beberapa kali bilang, “Kok IP kalian bisa segitu? Belum pernah dapat nilai C, kan? Untuk topik ‘pricing‘, kalian gagal!” Hmmm… Saya, Kiki, dan Hari yang maju bertiga langsung speechless. Saya sendiri suka gertakan sambal Mas Yunus. Ya, saya memang dari sononya suka sambal.

Lalu, pada hari Jumat minggu lalu, Organisasi Internasional (OI) memberikan senyum ramahnya dengan soal berbahasa Inggris. Mata kuliah yang dipangku oleh Madamme Anne memang selalu memberikan pilihan pada mahasiswa untuk menjawab dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dan, tumben-tumben saya dengan pede-nya menjawab soal UAS OI dengan bahasa Inggris. Yang penting, maknanya tersampaikan. Grammar? Nomor dua!

Hari Kamis, tidak ada UAS.

Hari Rabu, Hukum Internasional yang sangat baik hati itu membuat saya bisa tersenyum lebih lega. Sebab, sistem ujiannya adalah open-book. Meski saya tidak punya buku-buku Hukin atau sekadar print-an slide show serta makalah teman-teman, tapi saya memanfaatkan notebook alias laptop teman.

Selasa adalah yang paling berkesan. Ujian MBP Eropa. Berada di Ruang Cakra selama 4 jam. Membuat artikel 2000 – 3000 kata. Bahan-bahan langsung dicari di perpustkaan yang tersedia di sana. Akan tetapi, saya sendiri memilih mencari e-book lewat koneksi internet. Dan, kemampuan translasi saya cukup diuji. Jemari gemetaran di atas papan ketik, mata jereng, dan… pfiuuuuuuuhhh… lega!

Hari Senin, pertama UAS, saya hanya menyerahkan ‘novelet’ Analisis HI yang judulnya saja membuat saya terengah-engah membacanya. Ini mata kuliah terberat semester ini. Sebab, di mata kuliah inilah kami digembleng untuk belajar membuat skripsi. Tugas-tugasnya banyak dan berat. Asdosnya? Nggak usah ditanya… Tugas akhirnya?

Inilah sekelumit kilas balik UAS saya semester ganjil ini. Semoga hasilnya tidak ‘ganjil’

Iklan

5 thoughts on “Kilas Balik Ujian Semester Ini

  1. lafatah said: Inilah sekelumit kilas balik UAS saya semester ganjil ini. Semoga hasilnya tidak ‘ganjil’

    Amiiiiiin :-)Aku kagum padamu yg rajin nge-blog, Dik. Dijamin akan berbuah manis 🙂

  2. IP saya?Hmmm… Seiprit lagi mencapai cum laude.Saya sih udah senang karena bisa naik IP-nya. HehehWohooo… LDL? Mauuuuuuuuu!!! Bukan LDL sebenarnya lho ya, tapi bukunya Mbak Ima! :DMakasih banget ya sebelumnya 😀

  3. *mengerinyitkan kening*Cumlaude itu berapa ya?Sudah lama gak kuliah dan memoriku terbatas, hehehe…Tapi ntar LDLnya diresensi yak :-)Kan kamu sudah berfoto dengan si LDL.Maaf ya Dik, itu lomba yg tertunda, kr minim peserta, hihihi :-DTapi tetep akan diadain kok, dan Fatah dianggap tetap sbg peserta 🙂

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s