Sampul-Menyampul

Tadi malam, saya sedikit keluar ‘jalur’. Tidak seperti biasanya yang
‘kalo nggak begadang di ruang publik perpus, ya… di kamar membaca
buku’. Saya ke Gramedia Manyar, membeli sampul plastik, gunting,
stabilo, dan post-it. Intinya: mencoba menambah kenikmatan membaca
dengan menyampul, menandai, dan meng-highlight.

Niat utama adalah menyampul. Tumben sekali, dalam rentang waktu
puluhan tahun, saya kembali berurusan dengan kegiatan
sampul-menyampul. Sependek ingatan saya, pas zaman SD-lah terakhir
kali saya menyampul buku. Itu buku tulis. Disampul kertas cokelat yang
ada kata-kata motivasinya, semisal ‘rajin pangkal pandai, hemat
pangkal kaya’. Atau kalo nggak, pakai kertas-tai-sapi, lalu sedikit
di-make over dengan sampul plastik bening. Itu kalo nggak saran guru,
ya karena kakak-kakak saya yang memang gape me’repot’kan diri seperti
itu.

Dan, tadi malamlah, saya kembali ‘bermain’ dengan gunting, selotip,
dan plastik bening. Begadang sampai setengah tiga. Lebih dari 15 buku
tersampul dengan rapi. The Last Emperor yang jadi kelinci percobaan
karena paling tebal dan dimensinya paling besar. Saya hanya berbekal
‘memperhatikan beberapa buku teman yang bersampul plastik yang lagi
saya pinjam’. Dan, bekerjalah saya. Ini juga sebenarnya salah duanya
dimotivasi oleh 2 buku pemberian Mbak Desi Puspitasari yang tersampul
dengan rapi. “Wah, enak juga, ya? Rapi, sampulnya nggak bakalan kotor,
enak dilihat.” Juga jurnal Teh Rini mengenai ‘buku itu investasi’.
Itulah yang membakar semangat saya untuk sampul-menyampul. Dan, saya
pun bisa tidur nyenyak dengan senyum senang karena buku-buku saya
tersampul rapi.

Catatan lagi: sampul sepanjang 500 cm itu ternyata kurang. Beberapa
buku saya belum disampul. Oya, awalnya saya lamban menyampul buku-buku
pertama, tapi lama kemudian semakin cepat. Itu karena saya sudah
menemukan pola dan tekniknya. Lega!

48 thoughts on “Sampul-Menyampul

  1. kalau saya sih setiap beli buku pasti langsung disampul dulu…makanya saya suka beli buku di togamas atau BBC, supaya sy yg terkadang pemalas ini tak perlu repot2 menyampul buku dulu… 😀

  2. Dulu, sebelum aku bisa nyampul buku, aku perhatikan bagaimana cara menyampul yg cepat, rapi, dan efektif dari adikku yg pernah magang di toko buku kampusnya dulu 🙂 Tak lupa pula sebelumnya buku itu aku beri label namaku (kayak label buku di perpus) dan nama perpustakaan pribadiku 🙂 *jaman kuliah pas masih rajin*Tapi, aku skrg lebih suka buku HC, ga perlu disampul pun udah mantep 🙂

  3. Bapakku udah ngajari buat menyampul sebuah buku. Bukan buku sekolah,tapi buku dluar sekolah (kalo buku pelajaran anti aku sampul. Hahaha). Biar buku lebih manis, kata beliau.Jd pas kuliah, tiap buku yg kubeli pasti kusampul bening. Awet n kliatan baru.Stabilo? G gt suka tah. Kalo aku suka tak coret2 pake pensil warna :DSelamat menyampul.Selamat melindungi buku-buku ^__^

  4. hahhaha hal sepele tapi ga semua orang bisa dan cepat termasuk pustakawan….saya termasuk cepat menyampul dan sedikti tahu jenis sampul yang asiik tuk dilipat…

  5. myyhere said: hehehe,,biasanya beli buku gratis nyampul lho ka

    Itu kalo di Togamas. Itu pun dengan minimal pembelanjaan 50 ribu (kalo nggak salah), atau harga masing2 buku yang dibeli itu minimal 25ribu…Saya sih prefer nyampul sendiri, sekalian belajar dan cari kegiatan. heheh

  6. rinurbad said: Cieeee, udah punya Last Emperor. Aku juga seneng Tah, kalo beli buku seken ternyata bersampul. Wah, naik ‘martabat’ jadinya:)

    The Last Emperor jadi PR meresensi saya, Teh :)Alhamdulillah… Bisa dipercaya sama penerbit. *tantangan juga*Iya, meskipun seken kalo terbungkus, senang deh rasanya. Masih terasa kinclong 😀

  7. malambulanbiru said: Oh… Oh… Ada namakuPake pola teknik menyampul Toga Mas itu ta?

    Hahaha…Makasih ya udah mengilhami saya nyampul buku, Mbak :)Apalagi ngeliat si Smurf rapi gitu…Aku juga belajar kok dari Mbak2 penyampul di Togamas. Kerja mereka telaten sekali ya :DKalo Mbak, butuh berapa speed?

  8. sukmakutersenyum said: iki pamer iso nyampul buku opo pamer duwe buku anyar? waakakakakkakaka pis ^_^V

    Dua-duanya deh, Mbak. wkwkwkwkw…Terutama sih, pamer iso nyampul buku 😀

  9. dewimarthaindria said: Dek.. Di rumahku masih bnyk yg belum disampul lho :p Ayo nang Malang,hehe..

    Hahaha…Boleh-boleh. Sekali sampul, 10 ribu ya? :p

  10. pondokkata said: kalau saya sih setiap beli buku pasti langsung disampul dulu…makanya saya suka beli buku di togamas atau BBC, supaya sy yg terkadang pemalas ini tak perlu repot2 menyampul buku dulu… 😀

    Hahaha…Saya sih nggak pernah kepikiran buat nyampul buku pas beli. Tapi, karena ada ‘kompor’ belakangan ini, ya… nggak ada ruginya juga ternyata. Heheh…

  11. moiniknok said: Bapakku udah ngajari buat menyampul sebuah buku. Bukan buku sekolah,tapi buku dluar sekolah (kalo buku pelajaran anti aku sampul. Hahaha). Biar buku lebih manis, kata beliau.Jd pas kuliah, tiap buku yg kubeli pasti kusampul bening. Awet n kliatan baru.Stabilo? G gt suka tah. Kalo aku suka tak coret2 pake pensil warna :DSelamat menyampul.Selamat melindungi buku-buku ^__^

    Enak ya, Mbak udah diajari dan dibiasakan sejak kecil. Tapi, kok buku pelajaran nggak disampul? Hehehe… takut akan ngilangin mood ya? Saya kepincut pake stabilo karena lebih gampang meng-higlight. Hmmm… pensil warna ya? Boleh juga tuh! Kan, harganya lebih murah dan warna-warni pula. 🙂

  12. nikinput said: Dulu, sebelum aku bisa nyampul buku, aku perhatikan bagaimana cara menyampul yg cepat, rapi, dan efektif dari adikku yg pernah magang di toko buku kampusnya dulu 🙂 Tak lupa pula sebelumnya buku itu aku beri label namaku (kayak label buku di perpus) dan nama perpustakaan pribadiku 🙂 *jaman kuliah pas masih rajin*Tapi, aku skrg lebih suka buku HC, ga perlu disampul pun udah mantep 🙂

    Iya nih! Seharusnya gitu, ya, Mbak. Dikasih label kayak buku perpustakaan. Salah seorang kawan yang sering kami barteran buku juga seperti itu caranya. Kan, lebih elit gituh kelihatannya. Hehehe…Buku HC? Wuiiiiih… nggak sayang di dompet, Mbak? 😀

  13. siasetia said: hahhaha hal sepele tapi ga semua orang bisa dan cepat termasuk pustakawan….saya termasuk cepat menyampul dan sedikti tahu jenis sampul yang asiik tuk dilipat…

    Hmmm… setelah ini, saya berani ngajuin lamaran ke perpustakaan Unair atau Togamas, sebagai volunteer buat nyampul buku. Hahaha…Jenis sampul yang asyik dilipat? Apa itu, Mbak? Kertasnya namanya apa?

  14. masfathin said: Mau aku bantuin Tah? aku jago lho hehehehe

    Hehehe…Boleh… Boleh!Come to Surabaya! I’ll give you a ‘tumpuk’ of my naked books. Haha

  15. niyrachma said: buku sapa yang kamu pinjam tah???buku apa???kalo bagus Q juga pinjam…hgehehehe

    Buku temanku, anak Komunikasi dan Farmasi.Eh, Smurf yang kamu pake kipas-kipas kemarin itu pemberian Mbak malambulanbiru.Kamu sih, sepertinya nggak suka Smurf, yaudah nggak usah pinjam. Hahaha

  16. fauziatma said: jadi ingat kalendar bekas yang dijadikan sampul. tapi kalo novel mah jadi nggak keliatan sampul aslinya ya, haha.

    Hahaha… Pastinyalah, brotha.Apalagi kalo nyampulnya pake kertas koran. *inget jaman SD* 😀

  17. Itu-itu-itu… beneran dismurf kipas-kipas? Kyaa! *njerit histerisHahaha. Aku butuh 4o atau 5o atau 6o menit nyampul 1o buku. Hehe. Yang bikin lama itu mensmurf sampul plastiknya

  18. nonragil said: Mas, nitip buku-buku juga ya?hihihihihihihi. Emang mas Fatah arek Suroboyo?

    Boleh…boleh…Mbak Helen. Dengan senang hati. Heheh…Saya bukan arek Suroboyo. Cuma kebetulan lagi kuliah di sana. Aslinya sih… Lombok 🙂

  19. malambulanbiru said: Itu-itu-itu… beneran dismurf kipas-kipas? Kyaa! *njerit histerisHahaha. Aku butuh 4o atau 5o atau 6o menit nyampul 1o buku. Hehe. Yang bikin lama itu mensmurf sampul plastiknya

    Iya! Makanya aku smurf-smurf nggak tega.Padahal buku seapik itu. Hiks…Waaah, lumayan cepet dong Mbak mensmurf buku-buku. Malam ini aku juga rencana kembali mensmurf buku lho, Mbak. Mumpung lagi di Togamas. Beli sampul aaaah :))

  20. lafatah said: Buku temanku, anak Komunikasi dan Farmasi.Eh, Smurf yang kamu pake kipas-kipas kemarin itu pemberian Mbak malambulanbiru.Kamu sih, sepertinya nggak suka Smurf, yaudah nggak usah pinjam. Hahaha

    pinjam donk…saya khan suka komik…=)jadi jadi jadi…orangnya ada…hua maafkan saya mbak…saya tidak merasa memakainya untuk kipas2…fatah paling…

  21. malambulanbiru said: Itu-itu-itu… beneran dismurf kipas-kipas? Kyaa! *njerit histerisHahaha. Aku butuh 4o atau 5o atau 6o menit nyampul 1o buku. Hehe. Yang bikin lama itu mensmurf sampul plastiknya

    hua mbak….maafkan saya…saya tidak merasa memakainya kipas2…atah tuh yang lebay…hahahahhamaafkan saya..=)

  22. lafatah said: Biarin, Yan!Yang penting eksis. Bwahaha

    eksis kau bilang???hadeh….mau eksis???ngomong donk di Glostra…kalo perlu marah2 ma dosennya…wkwkwkwkwk

  23. lafatah said: Hahaha..Itu sih, aku langsung ditapok.Nggak, ah.Aku nggak butuh eksis di kelas Glostra.wkwkw

    wkwkwkwkwkwk….keren kali tah….tapok papadu pake kumisnya…wkwkwkwkwkkw

  24. lafatah said: Buku HC? Wuiiiiih… nggak sayang di dompet, Mbak? 😀

    gak lah, Tah 🙂 Buku HC tuh buku referensi penting agama. Kalau buku sekali baca (trus terlantar) mah SC ajah cukuph.

Sila Urun Tutur

