Kematian Donny Osmond

“Buku ini dijamin lain. Ini buku sastra tentang remaja yang nulis Seno
Gumira Ajidarma. Ada komiknya, banyak gambar, plus resep otak-otak.
Nah, bingung kan? Gimana kalau baca sendiri aja!”
(Tulisan di back cover)

Saya kepincut dari awal. Sebab, nama besar penulisnya. Cerita
pendeknya yang khas, surealis, membuat saya terkagum-kagum. “Dilarang
Menyanyi di Kamar Mandi” pernah saya baca di Horison. Saya terpana.
Beberapa cerpennya hanya sempat saya baca sekilas saja di beberapa
buku. Karya fotografinya juga sempat saya nikmati di Jawa Pos saat dia
berpameran di CCCL Surabaya. Ada kekuatan di situ. Magis. White-Black.
Kepalungan pesan.

Kematian Donny Osmond. Dari 14 cerita, baru 5 yang saya sesap.
Sensasinya beragam. Dan, janji yang tertuang di sampul belakang,
memang benar. Saya buktikan sendiri. Cerita “Keroncong Asmara” menjadi
menu pembuka yang panas. Beneran. Lantas saya berseru, “Kok tidak
dicantumkan label FIKSI DEWASA?”

Dalam “Bandana”, SGA menyajikan ending yang menyetrum. Paradoksal
ditampilkan dengan elegan. Tertampak kejelian penulis sebagai
wartawan. FYI, SGA pernah menjadi kolumnis majalah Jakarta-Jakarta.

“Cerita untuk Y & L” menampakkan kesurealisan, ciri khusus SGA. Idenya
segar. Bintang-bintang yang bertaburan di langit bisa dipetik, dimakan
yang “ternyata rasanya seperti permen mentos”. Rembulan pun dibawa
pulang. “Kelak anak-anak mereka akan bermain basket dengan bola
rembulan” (hal. 32).

Di “Ritchie Blackmore”, bahkan makin gemilang saja SGA meracik cerita.
Ada lampiran lagu-lagu “Deep Purple” juga kliping band rock legendaris
itu.

Well, so far I could conclude that “Kematian Donny Osmond” is a very
attractive book. A creative package. Peak of sensation. I can enjoy
comics, pictures, stories, song lyrics, even recipes. W. O. W…

SGA, You’re Rock!!!

5 thoughts on “Kematian Donny Osmond

  1. Cerita “Keroncong Asmara” menjadimenu pembuka yang panas. Beneran. Lantas saya berseru, “Kok tidakdicantumkan label FIKSI DEWASA?”—Hahaha…gimana kalo Fatah baca cerpen SGA di Gallery of Kisses..? *nangis dulu karena bukunya hilang*

  2. #Mbak Sinta: 10ribuan saja. Saya dapetinnya di pameran :)#Mbak rara: Coba search di Google. Kuning ngejreng. Komikal. Mantaps#Teh Rini: Oiya kah??? Dari judulnya saja sudah mengundang… hahah…#Mbak Sia: Coba deh dicari. Terbitan 2001 sih. Ada nggak ya???

Sila Urun Tutur

