SOH 911


Mata kuliah saya di HI kebanyakan diawali dengan kode SOH diikuti dengan angka-angka tertentu. Misalnya, SOH 315 (MBP Eropa), SOH 304 (Organisasi Internasional), SOH 316 (MBP Afrika), SOH 308 (Geopolitik dan Geostrategi), atau SOH 306 (Globalisasi dan Strategi).

Nah, berhubung banyak mata kuliah yang isinya ‘menyeramkan’ dengan tugas-tugas yang membuat mahasiswa sering begadang, oleh karena itu sekelompok mahasiswa secara ilegal mencetuskan mata kuliah berkode SOH 911. Terbentuknya mata kuliah ini juga didorong oleh intensifnya pergaulan di dunia maya, terutama FB dan YM. Alasan lain adalah banyaknya berita tak beres alias gosip yang beredar di kalangan mahasiswa HI.

Jika meniliki tiga angka di belakang SOH, apa yang terbetik di benak Anda?

Ya, peristiwa Black September yang dilakukan teroris terhadap WTC.

Namun, kode tersebut amat sangat tidak berkaitan dengan nama mata kuliah. Tiga angka di belakangnya hanya untuk menarik perhatian saja. Terkesan eye-catching dan ear-catching. Memang, nama mata kuliahnya apa?

GOSIP & KONSTELASI PERGAULAN INTERNASIONAL

Jumlah SKS = TAK TERBATAS.

Dosen pemangkunya adalah Praja Firdaus yang diasisteni oleh Ayudria Putri. Mereka adalah salah dua teman saya yang concern pada masalah angkatan. Saya sendiri mulai bergabung dalam mata kuliah ilegal ini dua malam lalu. Sangat seru, ternyata! Apalagi pada pertemuan pertama, saya langsung didaulat menjadi pembicara. Astaga…

Apa yang dibahas dalam mata kuliah SOH 911 itu?

Karena saya belum mendapatkan silabusnya, jadi saya belum bisa membeberkannya di sini.

Saya sendiri cukup surprised dengan topik yang kami bahas dua malam lalu. Saya dikorek, dikejar dengan jubelan pertanyaan, dibantai dengan pedang interogasi.

Dan, kuliah yang berlangsung lebih dari dua jam itu sangat tidak membosankan. Serius!

Duh, seharusnya saya membuat review terhadap isi mata kuliah dua malam yang lalu. Tapi, berhubung saya belum mendapatkan ide, jadi untuk saat ini, tulisan ini saya dulu yang bisa saya sajikan.

Kurang lebihnya mohon dimaklumi.

6 thoughts on “SOH 911

Sila Urun Tutur

