Batalin Puasa

ADA nggak di antara Xmud yang puasanya penuh selama sebulan? Hayo, acungin jari! Tak kasih deh kurma sebiji. Hehe

Kalo bagi cewek sih, wajar kali ya. Kan, ada tuh yang teratur ngajak ngedate tiap bulan. Tapi, kalau cowok? Hmmm, ada juga sih. Alasannya bisa macam-macam.

Weits, ngomongin soal batalin puasa, pernah nggak Xmud ngelakuinnya? Kalau menurut hasil hasil survei, ternyata sebanyak 57,15% responeX mengaku pernah sengaja batalin puasa dengan alasan diajakin batalin sama teman (18,11%), sedang sakit (25,13%), dan kecapekan (11,14%).

Dede Abdul, contohnya, ia pernah batalin puasa gara-gara diajakin sama temannya. “Waktu itu aku habis pulang sekolah sama teman-teman. Kita sama-sama haus banget. Ada yang ngasih usul buat batalin puasa. Karena semua setuju, aku ikutan deh,” terang siswa SMPN 1 Mataram ini.

Dede juga menambahkan kalau dia pernah ketahuan batalin puasa. “Teman yang pergokin aku langsung deh ngasih nasehat biar aku nggak ngulanginnya lagi,” pungkasnya.

Nggak cuma Dede, ternyata ada sekitar 71,54% responeX yang pernah ketahuan batalin puasanya. Rina Fatma termasuk di antaranya. Namun, berbeda dengan Dede, cewek yang akrab dipanggil Rina ini punya cerita lain tentang reaksi orang yang pergokin dia batalin puas. “Meskipun ada teman yang pergokin aku, tapi pada cuek-cuek aja tuh,” tandas cewek kelahiran 1997 ini.

Selain dengan nasehatin (30, 25%) dan bersikap cuek-cuek aja (48,15%), reaksi orang yang pergokin responeX batalin puasa pun sampai ada yang marah (30,25%).

Islam memang memberikan banyak kemudahan bagi umatNya dalam menjalankan ibadah, termasuk puasa di bulan Ramadhan ini. Tentu saja jika ada halangan tertentu, misalnya sakit atau datangnya tamu bulanan. Tapi, jangan sampai kemudahan dari Tuhan itu bikin Xmud menggampangkan puasa. Oke? (fth)

Sumber: Lombok Post, 23 Agustus 2010.

N.B. Ini adalah tulisan pembuka di halaman Xpresi, Lombok Post. Tulisan kedua yang saya buat di hari ketiga magang. Masih perlu banyak belajar dari Kru Xpresi yang menangani opening. Thanks to Galih for helping me in arranging this!

Iklan

11 thoughts on “Batalin Puasa

  1. Alhamdulillah… Terima kasih, Mbak. Tapi, masih kurang panjang, menurut saya. But, kalo esensinya sudah tercapai, nggak perlu dong yak dipanjang-panjangin :))

  2. udah bagus dek cm gak dikaih keterangan persenan itu dari berapa orang yang diteliti…hihihihi kan biar valid datana. terlihat kmu gk berat sebelah antar boleh gak puasa ama harus wajib puasa tapi better ditambahin klo meninggalkan puasa tanpa alasan yg jelas Xmud harus ngapain aja (dendana gtu,)Selamaaatt….^_^

  3. happywithavis said: udah bagus dek cm gak dikaih keterangan persenan itu dari berapa orang yang diteliti…hihihihi kan biar valid datana. terlihat kmu gk berat sebelah antar boleh gak puasa ama harus wajib puasa tapi better ditambahin klo meninggalkan puasa tanpa alasan yg jelas Xmud harus ngapain aja (dendana gtu,)Selamaaatt….^_^

    responeX berjumlah 120 orang, dari SMP dan SMA masing2 50%. Cewek cowok juga 50: 50.Ini kami dapetin dari hasil survei di lapangan. :))mengenai harus ngapain saja, udah dimasukkan ke dalam kolom ‘Aoq Wah Aneh’. Sama diselipin di kolom2 yang lainnya juga :))Makasih banyak ya atas masukannya. Akan coba saya eksplorasi lagi pada tulisan2 berikutnya :))

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s