19 Hari Magang…

…di Lombok Post.

Banyak hal yang saya dapatkan. Tak cuma pengalaman terjun langsung di lapangan meliput berita, tapi juga menjadi bagian dari panitia Event ‘Ramadan XLalu Penuh Xpresi’ yang kegiatannya meliputi: road show ke sekolah-sekolah, bekerja sama dengan tim mendekorasi panggung, serta jadi corner-security saat acara berlangsung.

Menyenangkan? Meletihkan? Keduanya!

Anyway, yang bikin beda dari magang saya ini adalah karena berlangsung selama bulan Ramadan. Bahkan, saat acara puncak yang dilangsungkan di Mal Mataram 2 Lt. 1 pada hari Minggu (6/9), saya sempat nge-drop dan terlintas di benak untuk membatalkan puasa. Tapi, saya menguatkan diri dan mencoba untuk menetralisasi euforia. Duduk istirahat di dekat sound system manager sambil menekuri lantai.

Sepantasnya, saya bersyukur karena telah dijodohkan untuk magang di kantor berita terbesar di NTB tersebut. Bertemu dengan teman-teman dan orang-orang yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya. Satu lagi yang membuat saya paling bersemangat adalah karena dikelilingi oleh orang-orang yang menyukai aktivitas menulis! So pasti, karena mereka kan jurnalis. Suatu hal yang tidak sepenuhnya saya dapatkan di kampus. Well, tentu saja karena ini dunia kerja dengan atmosfer yang mengedepankan produktivitas dan kualitas.

Saya memasukkan aplikasi tanggal 18 Agustus 2010. Langsung mendatangi Graha Pena Lombok Post dan bertemu dengan wartawan senior yang sekaligus jadi supervisor selama magang, yakni Mbak Nancy Radithe Gunawan atau saya biasa memanggilnya Mbak Echy. Keesokan harinya, saya mendapat ‘lampu hijau’, diminta datang ke kantor, berkenalan dengan kru Xpresi, dan langsung menulis rubrik Aoq Wah Aneh. Menantang! Sangat saya nikmati karena merasa berada di ‘bath tub’ yang tepat! Hehehe…

Esoknya, saya untuk pertama kalinya turun ke lapangan, tepatnya ke SMP 1. Kegiatannya apa? Menyebarkan polling. Ya, akhirnya saya merasakan juga tugas sebagai surveyor. Ini adalah pekerjaan yang sempat saya incar di Deteksi Jawa Pos pada tahun 2007, semester awal saya di Unair. Meski sempat kapok untuk mencoba pada lowongan berikutnya, namun akhirnya saya merasakan juga aktivitasnya seperti apa. Langsung. Pas magang.

Oya, halaman Xpresi Lombok Post itu mirip dengan halaman Deteksi Jawa Pos. Jadi, halaman ini memang didedikasikan buat anak muda di NTB sebagai wadah regenerasi pembaca. Template-nya terdiri lima komposisi (kolom), antara lain: opening, sub, ngomen (ngobrol enak), Aoq Wah Aneh, dan Katanya Sih. Alhamdulillah… dalam waktu 19 hari tersebut saya diberi kesempatan untuk mengerjakan semua kolom.

Hari-hari saya berikutnya diisi dengan road show event ‘Ramadan XLalu Penuh Xpresi’ bersama tim Xpresi ke SMP/SMA di Kota Mataram dan Selong. Event yang diadakan oleh Xpresi Lombok Post bekerja sama dengan salah satu provider seluler itu meliputi: bedug kreatif, lomba pildacil, kliping koran, dan fashion show muslim.

Anyway, kegiatan ini memberi saya kesempatan untuk kembali ke SMAN 1 Selong yang merupakan ‘mantan’ sekolah saya. Bertemu dengan guru-guru tercinta saya dan adik-adik kelas dan menghirup lagi aroma laboratorium fisika. Siang-siang Ramadan yang seharusnya mencapekkan, tapi menyuntikkan energi baru buat saya. Kuncinya: silaturrahim dan interaksi!

Dan, hari-hari menjelang ‘berhenti’ magang, kegiatannya saya makin beragam dengan, misalnya: buka puasa bersama dengan anak yatim; buka puasa bersama dengan kru dan wartawan Lombok Post di rumah Pak Direktur Utama, lesehan, dan RM penyetan; dan lain-lain (termasuk foto-foto bareng awak Xpresi di rooftop Graha Pena! Hahaha… narsis!)

Intinya, saya mendapatkan banyak pengalaman, ilmu, teman, juga materi selama magang. Semoga suatu saat saya bisa menekuni dunia ini dengan pengalaman-pengalaman yang lebih menantang. Ringkasnya, saya bisa bekerja di bidang yang menyediakan ruang bagi saya untuk terus belajar dan belajar… 🙂


18 thoughts on “19 Hari Magang…

  1. meylafarid said: hebat..makin banyak aktifitasnya ya:)

    Hehehe… Setidaknya, ada peningkatan dalam jenis tulisan yang digarap, Mbak.Bagi saya, tidak diterimanya saya di Deteksi Jawa Pos tahun 2007 itu sebagai indikasi bahwa saya masih harus lebih banyak menempa diri dan belajar… 🙂

  2. nitacandra said: apa nih artinya Tah? :)btw, pengalamanmu seru sangat. pasti bermanfaat buat ke depan, insya Allah..sukses ya :))

    Aoq Wah Aneh itu kira-kira artinya ‘Ya Sudahlah’… Hehehe…Isinya tips2 garing kriuk2 yang kadang gokil kadang serius. Saya pernah posting tulisan Aoq Wah Aneh saya di MP. Coba Mbak lihat di http://lafatah.multiply.com/journal/item/880/Aoq_Wah_Aneh_Buka_Puasa_Bersama_ BTW, makasih banyak ya, Mbak Nita… Amiiiin, atas doa sampeyan 🙂

  3. sisapibelang said: wewhseru na taheh betewe km uda balik jawa kah???

    Hehehe.. hari Senin lalu aku baliknya ke Surabaya….Kapan mbolang lagi, yok? Kamu maen ke Surabaya, kapan?

  4. niwanda said: Alhamdulillah, pasti banyak berkah yang didapat ya Tah. Moga lancar terus untuk urusan ini.

    Amin ya robbal ‘alamin…Insya Allah, Mbak. Saya berharap demikian. Terima kasih ya atas doanya… :))

  5. happywithavis said: hehehe seruna km nyari berita dek…..trus jadi artis di smu sndiri dah….sbuk ape sknrg neh

    hehehehe…jadi artis, katanya. kalo selebritis, mungkin lebih tepat *wkakaka*ini dah balik ke kandang macan lagi alias kampus 😀

Sila Urun Tutur

