Kaleidioskop 2010

Telat? Tepatnya sih, ini masalah timing. Karena baru siang tadi saya bisa mengetikkannya lewat hp. Saat duduk sehabis shalat di musola AHCC – semacam Student Health Center.

Anyway, karena ini nulisnya dari hp, jadi formatnya akan lebih ringkas saja. Beberapa pencapaian saya di tahun 2010, terlepas dari narsisme, adalah sebagai berikut.

1. Cerpen dimuat lagi untuk kedua kalinya di Jawa Pos. Masih di Deteksi sih. Belum pernah nyoba ngirim cerpen yang lebih nyastra untuk pemuatan hari Minggu. Tapi, ini prestasi tersendiri. Setidaknya bagi saya.

2. Numpang nampang di halaman Book-nya Deteksi Jawa Pos. Kali itu bedah buku ‘Menebus Impian’ Abidah El-Khalieqy bersama bookaholic lainnya. Seru, ah!

3. Untuk pertama kali backpacking ke Jogjakarta. Numpang kereta ekonomi, nginep di hostel murah dekat Malioboro, dan serunya…bareng teman-teman!!!

4. Untuk pertama kalinya juga ke Gunung Bromo. Penjajakan ke gunung yang sekarang masih muntah-muntah ini menjadi kado ulang tahun ke-22 saya yang paling indah. 🙂 Million thanks to Ami, Firman, Wendy, dan Nino.

5. Saya bisa pulang kampung setelah 9 bulan lebih di Tanah Jawa. Puasa sebulan penuh di rumah. Berada di tengah-tengah keluarga. Itu anugerah yang perlu disyukuri.

6. Saya magang di Lombok Post selama 3 minggu, tepatnya untuk halaman XPRESI. Banyak pengalaman yang saya dapatkan. Ngeliput, wawancara, jadi bagian panitia acara Ramadan XLalu Penuh Xpresi, bertukar pikiran, gabung di acara buka bersama para wartawan media terbesar di NTB ini. Memperkaya dan mengayak kemampuan menulis saya lah, pokoknya.

7. Saya akhirnya traveling keliling Lombok! Sendirian dan selama 7 hari mbambung di luar rumah. Hanya modal ransel dan duit kurang dari 800ribu. Ini salah satu impian saya. Sungguh memperkaya batin. Bertemu orang-orang yang menginspirasi. Menyelami keindahan Lombok yang bikin banyak orang mupeng ke sana. Sungguh, ingin saya napaktilasi sekali lagi. Tentu dengan rute yang sedikit berbeda. Bagian selatan dan barat Lombok belum saya eksplorasi sepenuhnya.

8. Esai saya masuk sebagai finalis Lomba Esai Nasional yang diadakan oleh Indonesian Future Leader kerjasama dengan UN World Food Program. Yang membanggakan saya bukan titel finalisnya itu, tapi karena ‘behind the scene‘ proses penulisannya yang bikin saya ‘amazed‘. Mengangkat tema lokal dan mengawinkannya dengan ‘social entrepreneurship‘. Justru istilah ‘social entrepreneurship‘ ini pertama kali saya dapatkan dari para mahasiswa yang ngamen. Dengan pemahaman yang terbatas akan istilah itu, saya pun mengurainya dalam esai saya dan berbuah hal yang manis. Kabar sebagai finalis dengan menyisihkan ratusan peserta. Alhamdulillah…

9. Beasiswa yang saya ajukan untuk kedua kalinya ke perusahaan tambang di NTB, akhirnya turun juga. Alhamdulillah, bisa meringankan sedikit beban bapak. Meski saya sendiri agak ketar-ketir karena IP sempat turun. Ya, jika Allah berkehendak, maka akan terjadi jua. Allah-lah yang memutuskan dan menetapkan hati para selektor beasiswa.

10. Naskah buku traveling Lombok saya di-accept dan disetujui untuk diterbitkan. Penerbitnya nggak main-main karena memang menjadi spesialisasi mereka di bidang traveling. Sungguh, ini kabar penutup di tahun 2010 yang membuncahkan semangat saya. Insya Allah bulan depan akan terbit…. 🙂 Doakan ya proses editing-nya lancar.

Well, untuk tahun 2011 ini resolusi saya tidaklah muluk-muluk. Buku terbit, bisa nulis buku kedua, lulus dari HI, dan backpacking ke Eropa. Amiiin… 🙂

Iklan

15 thoughts on “Kaleidioskop 2010

  1. #Mbak Desi: ayo, munggah, kapan2… hehehe… saiki tunggu gunungnya berenti nge-jamming :))#Mbak Diyah: Amin ya robbal ‘alamiin… Matur nuwun sanget, Mbak.dengan doa yang sama juga untuk Mbak :))

  2. Bravo….buat prestasi-prestasinya di tahun lalu, mas. Kalau dah terbit, aku dikabari, ya. Yuk, kita jalan bareng ke Meru Betiri bulan Feb, mas.Amin….,mudah-mudahan resolusi utk tahun ini bisa tercapai.

  3. topenkkeren said: aamiin..Fataaaah.. aku pesen satu. pake tandatanganmu.

    Insya Allah ya nanti, Mas…*dicatet dulu siapa saja yang hendak beli* hehehe…

  4. nonragil said: Bravo….buat prestasi-prestasinya di tahun lalu, mas. Kalau dah terbit, aku dikabari, ya. Yuk, kita jalan bareng ke Meru Betiri bulan Feb, mas.Amin….,mudah-mudahan resolusi utk tahun ini bisa tercapai.

    Merci, Mbak Helene. Insya Allah nanti kalau udah terbit, akan ada woro-woro lagi :))Oya, saya baru tahu lho ada Meru Betiri. Ini lagi kulik-kulik infonya di google… Heheh… *payah*Kapan pulang ke Indonesia?

  5. siasetia said: semoga kerberhasian dan semangatnya menular padaku hhehehhehe

    Salah satu tujuan saya, Mbak…Ingin saling menularkan satu sama lain… dalam hal-hal yang positif :)Mari saling tulari 🙂

  6. miftamifta said: Amin…Sukses ya Tah:)nanti pesen bukunya satu plus ttd nya ya:)

    Horeeeee….Sudah ada yang mau pesen… *jitak diri dulu, deh*Amiiin… makasih banyak ya, Mbak atas doanya.Sukses juga buat Mbak.Selalu 🙂

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s