Kopdar dengan Narablog Multiply Surabaya

Kopdar itu… selalu menyenangkan! 🙂

Sekian lama berinteraksi di dunia maya, saya, Mas Ferry Zanzad, dan Mbak Helene akhirnya duduk semeja di cafe Togamas Petra, Surabaya, pada Minggu sore (20/2). Mas Suga dan Mas Roebyarto (yang sebelum kopdar, belum menjadi kontak saya di Multiply) juga hadir.

Kami mengobrol asyik. Tentang buku dan proyek menulis masing-masing. Mbak Helene, datang jauh-jauh dari Perancis, untuk melihat langsung novel perdananya yang terbit Januari lalu “Memburu Fatamorgana”. Novel yang ditulis duet bareng Mbak Wuwun Wiati ini sebelumnya sempat dikirimkan ke Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Namun, lama tak ada jawaban, akhirnya berpindah ke Penerbit Imania. Di sinilah novel yang berdasarkan kisah nyata TKW Indonesia di Abu Dhabi ini menemukan jodohnya. Tinggal selama 6 tahun di Abu Dhabi memudahkan risetnya dalam menulis novel setebal ix + 326 halaman ini.

Mbak Helene memiliki jadwal yang lumayan padat selama di Indonesia. Seminggu lebih tiga hari, tepatnya, ia manfaatkan untuk talkshow di Istara FM, kopdar dengan rekan-rekannya, juga kopdar dengan narablog multiply. Jumat siang (18/02) promosi buku di Istara FM, keesokan harinya kopdar dengan Mas Ferry dan Mas Suga di Surabaya Town Square. Nah, Minggunya di Petra Togamas bareng empat narablog lainnya, termasuk saya.

Cerita lain tentang Mas Ferry. Tinggal sekota dan berteman selama hampir 3 tahun di Multiply, tidak menjadikan kami gampang kopdar. Selain karena MPers Surabaya jarang kopdar (mungkin ada, tapi saya tidak tahu), juga alasan kesibukan masing-masing (ngeles sih…hehehe).

Saya mendapat banyak ilmu dari Mas Ferry. Pengalamannya menulis lebih 30 buku IT yang diterbitkan oleh penerbit mayor di Indonesia dan novel thriller-nya “Elle Eleanor”, membuat saya serasa berapi-api. Semangat menulis saya tersuntikkan begitu rupa. Mendapat royalti 12,5%, bukan satu-satunya alasan saya takjub pada penulis yang FF-nya selalu nge-thrill ini. Menulis di ruang tertutup rapat, terisolasi, adalah salah satu cuplikan proses kreatifnya. Produktif menulis buku-buku IT, namun berminat ruah pada sastra. Kombinasi yang…mengingatkan saya pada Stiegg Larsson! Namun, tema lokal sepertinya akan lebih kental terasa dalam novel Mas Ferry berikutnya “Bait Jayabaya”. Ditunggu!


Dengan Mas Suga. Penulis FF handal. Mbak Helene sendiri yang mengakui. Saya belum membuktikannya, karena belum intens bermain-main di rumah mayanya (tapi, akan saya jabani, kok, Mas. Hehehe). Mas Suga sedang merampungkan novelnya. Bertema cinta, manajemen, psikologi, dan banyak lagi akan tertuang dalam satu novelnya. Menarik, bagi saya. Judulnya masih dirahasiakan. Calon ‘induk semang’ aka penerbitnya juga sedang diincar. Ngobrol sastra dengan narablog lulusan ITS yang kerja di Batam ini sungguh menarik.

Mas Roebyarto. Saya langsung menggelegak ketika ditanya, “Apa sih yang Anda dapatkan selama kuliah?” Ia melemparkan pertanyaan dengan nada interogasi dan membuat saya seketika tergeragap menjawabnya. Hahaha… Ternyata, itu pertanyaan sekaligus curcol beliau. Aktif menulis masalah-masalah pendidikan menjadikan blog beliau asyik dijadikan jujukan.

Obrolan kami juga menyerempet ke rencana penerbitan buku-buku para narablog dan penulis di Multiply. Dengan maksud, memanfaatkan jejaring Multiply Indonesia dan mancanegara. Ini juga untuk menekan harga buku sekaligus mem-boost royalti yang akan diterima penulis. Hingga, Mas Ferry mengusulkan agar ada penulis di Multiply yang membuat karya novel yang monumental dari segi sastra dan mengikutsertakannya ke ajang-ajang kepenulisan, seperti Khatulistiwa Literary Award. Jika ini berhasil, maka bisa jadi ‘Multiply Publishing’ (nama yang diusulkan oleh Mbak Helene) akan bisa lebih berjaya dan membuat komunitas Multiply ini dilirik oleh penerbit mayor.

Untuk detail pelaksanaannya, masih butuh pertemuan-pertemuan lagi. Kapan? Semoga ide cerdas dan bernas itu tidak hilang tergerogoti angin dan waktu.

Hmmm… Siapa lagi narablog Multiply yang akan saya kopdari? 🙂


Iklan

3 thoughts on “Kopdar dengan Narablog Multiply Surabaya

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s