2DO Before I Die

Sebelum ngejer toilet, buku ini saya sabet di rak. Sudah lama saya beli, tapi saya eramkan di rumah. Kini, pas pulang kampung, kesempatan yang tepat untuk mengubek-ubeknya. Yeah, salah satu buku yang cocok menemani toilet-time saya. Karena nggak ada lafaz Al-Qur’an di dalamnya. Selain tentu saja isinya juga ‘ringan’.

Dan, sembari menahan napas (you know what I mean, huh?), bagian-bagian awal buku ini menarik disimak. Termasuk pada bab “Apa Isi Daftar ANDA?” yang memaparkan petunjuk dalam membuat 2DO List. Setidaknya ada 10 hal yang bisa kita persiapkan daftar hal-hal yang ingin kita lakukan sebelum mati, antara lain:

  • Yang serba nyaman
  • Yang serba lengkap
  • Gunakan daftar yang tersedia di bagian belakang buku ini
  • Jadilah Diri Sendiri
  • Usahakan tetap nyata
  • Pikirkan perkara besar
  • Pikirkan perkara kecil
  • Spesifik
  • Permainan untuk dimainkan sendiri atau bersama orang lain
  • Tulis sasaran sampai seratusan

Nah, yang menarik perhatian saya dari 10 hal ini adalah pada “Jadilah Diri Sendiri”. Penulisnya bilang begini, “Entah Anda eksentrik, emosional, optimistik, lebih suka tampil beda, penuh pertimbangan, suka melamun, atau petualang, jadilah diri sendiri. Makin jujur Anda, makin bermanfaat daftar yang akan Anda buat.”

Membaca bagian ini, ide-ide 2DO List pun mulai berlompatan secara acak di kepala saya. Wah! Saya kudu bikin nih setelah cebokan. Buka laptop dan mulai nulis secara acak apapun ide 2Do yang melintas.

Karena tidak suka menuliskan di atas kertas (alasan: gampang tercecer), maka saya tuliskan saya di jurnal ini. Biar bisa dibuka sewaktu-waktu. Sebagai pengingat diri.

Oke, ini seratus di antaranya.

  1. Bisa menyetir mobil
  2. Mendaki Gunung Rinjani
  3. Menulis novel berlatar Lombok
  4. Memiliki peralatan selam yang lengkap
  5. Memiliki kamera bawah air
  6. Memiliki MacBook Pro
  7. Jalan-jalan dari ujung Barat Indonesia ke ujung Timur – Sabang sampai Merauke
  8. Tinggal dan belajar bersama masyarakat di daerah perbatasan
  9. Meliput berita di medan perang
  10. Masuk Oprah Winfrey
  11. Punya acara talk show kayak Kick! Andy
  12. Punya rumah di atas perbukitan dikelilingi danau
  13. Berambut gondrong
  14. Berkuda keliling Sumbawa
  15. Bisa memasak masakan tradisional
  16. Menyelami isi kepala Andrea Hirata
  17. Berkebun
  18. Menciptakan lagu
  19. Bikin album berisi lagu-lagu ciptaan sendiri
  20. Studi S-2 ke Amerika Serikat
  21. Backpacking ke Afrika
  22. Bisa bahasa Perancis dengan lancar
  23. Belajar bahasa Rusia
  24. Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa Arab
  25. Bertemu dan berbincang dengan Presiden Brasil – Lula Da Silva
  26. Menyaksikan keluarga besar duduk satu meja, akur kembali
  27. Menulis buku biografi teman-teman kuliah yang bakal jadi orang sukses
  28. Memiliki perpustakaan
  29. Membuka toko buku terbesar di Lombok
  30. Menulis otobiografi
  31. Menjadi teman anak-anak punk
  32. Mendengarkan kisah-kisah para oma opa di panti jompo
  33. Menombak ikan di laut
  34. Menggali dan menguburkan orang mati
  35. Mengalahkan Jamal debat
  36. Menghadiri upacara pelantikan Presiden AS yang baru
  37. Merasakan gempa dan saksi tsunami di pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik Barat Daya
  38. Memanajeri sebuah usaha penerbitan
  39. Menunggang kerbau sambil berseruling
  40. Memainkan grand piano
  41. Pergi haji dengan cara backpacking
  42. Membacakan puisi di depan para sastrawan kondang negeri ini
  43. Berani memegang ular
  44. Menjadi guru di daerah terpencil
  45. Naik gantole
  46. Menang kuis berhadiah 1 milyar
  47. Memiliki yayasan sosial
  48. Menikah dan memiliki tiga anak
  49. Berhasil menikahi wanita yang cantik akhlak dan fisiknya, cerdas, serta suka bertualang
  50. Menyiapkan pesta pernikahan sendiri dengan konsep buku-buku
  51. Melakukan foto pre-wedding di bawah laut
  52. Membiayai adik-adik kuliah sampai selesai
  53. Menemukan kembali seseorang bernama Natalie
  54. Memiliki lisensi menyelam
  55. Membiayai keluarga beribadah umrah
  56. Duet nyanyi bersama Dira J. Sugandi
  57. Jualan martabak paling enak di Italia
  58. Beternak mutiara
  59. Menjadi bagian tim gendang beleq yang show di pantai Senggigi
  60. Memiliki resort sendiri di Tanjung An, Lombok Timur bagian selatan
  61. Memiliki alokasi anggaran 1 juta per bulan untuk beli buku
  62. Terlibat dalam syuting film dengan orang-orang hebat
  63. Menanam pohon mangga atau jambu hingga melihatnya berbuah
  64. Memiliki kamera DSLR
  65. Ber-hitck hiking di daratan Rusia
  66. Makan buah kiwi manis langsung di Selandia Baru
  67. Menonton konser musik paling mahal sedunia
  68. Membuat Josh Groban takjub saat saya menyanyikan ‘You Raise Me Up”
  69. Memiliki galeri lukisan
  70. Ikut membangun sekolah dan perpustakaan di daerah pedalaman
  71. Berkano di Danau Maninjau
  72. Beranjangsana ke rumah-rumah para penulis yang telah meninggal
  73. Ingin dicabut nyawanya saat sujud dengan khusyu
  74. Ikut tur ke luar angkasa
  75. Bersyukur setiap hari sampai mati
  76. Mengikuti majlis taklim dan mengamalkannya
  77. Bertemu dengan semua kontak saya di facebook dalam satu waktu dan tempat
  78. Ngobrol-ngobrol satu meja dengan Dino Patti Djalal dan Marti Natalegawa
  79. Melihat langsung Lindsay Lohan nyanyi ‘Confession of A Broken Heart’ sampai dia teriak-teriak nangis
  80. Menyumbang ide kostum pada Lady Gaga untuk benar-benar dipakai manggung
  81. Berlari-lari melintasi danau yang sedang membeku
  82. Memancing di atas perahu
  83. Duduk merenung di kursi yang biasa diduduki oleh Albert Einstein
  84. Mengadakan acara ulang tahun bersama anak-anak yatim
  85. Ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi
  86. Menyaksikan prosesi kelahiran istri
  87. Mengazankan dan memandikan bayi saya sendiri
  88. Berkelana ke Timur Tengah bersama istri dan anak
  89. Melunasi hutang seseorang
  90. Menyumbangkan salah satu organ tubuh bagian dalam untuk seseorang
  91. Bekerja sama dengan adik saya, Oki, membuat buku perjalanan
  92. Membuat kaos untuk buku saya yang didesain oleh Oki
  93. Nyanyi duet bareng adik saya, Ofah, dan mengunggahnya ke Youtube!
  94. Menulis surat dengan kertas dan tinta dan mengirimkannya via pos ke teman-teman
  95. Memasak masakan sendiri untuk dihidangkan pada acara makan besar keluarga
  96. Mencoba bungee jumping
  97. Berpidato di sebuah konferensi internasional
  98. Menyaksikan konser Muse
  99. Mengajarkan membaca dan menulis anak-anak di pedalaman
  100. Membesarkan ikan piranha di dalam akuarium

gambar diseret dari bukabuku.com

Iklan

23 thoughts on “2DO Before I Die

  1. Beternak kerang penghasil mutiara. Hehehe… Silakan, Bang Yudi, kalau hendak bikin 2DO List juga.Spesifik, jelas, dan yeah…mungkin sebagai ganti ‘life mapping’? 😀

  2. @Mas Tofan: emaneee, Mas…coba diunggah ke sini. Saya hendak intip juga. 😀 Kan, kan…mending didigitalkan… :)@Mbak Diah: asyiiiik… Sama-sama, Mbak. Ini buku obralan dan yeah…menarik emang, isinya. Keinginan2 para kontributor dalam buku banyak yg ‘sepele’ tapi proses pewujudannya itu yang bikin banyak belajar.@Sist errrrrgh: hahahaha…yes, I’m kidding you. After you tell me. For sure. Hahaha

  3. @Uchi: yes, just make it. So simple, yep!@Sist errrrrgh: nah, itu! Dah liat repiyunya di tetangga sebelah, tapi belum juga dunlut… Sampeyan duwe ra?

  4. @Sist eeerrrghh: kudu nongkrong ndk wifi corner iki. Dunlut dunlut. Wes nyoba dunlut via kompie konco, tapi ra iso. Ra kenceng.@Mbak Dee: amiiin…semoga kesampaian ya, Mbak 🙂 tar jualan atau buka expo mutiara bareng di Eropah :D@Mbak Ari: kurra-kurra!!! 😀

  5. Gara-gara lupa sampe nggak inget?Apakah ‘lupa’ tidak sama dengan ‘nggak inget’? Hahaha…Yo, coba dibikin aja, Endah. Kalau pun nggak tercapai, ya setidaknya ada yang bisa kita tertawakan dan kenang di masa mendatang 😀

  6. hehe, gara2 habis baca novel dan ada salah satu percakapannya “gara-gara lupa sampe nggak inget” jadinya sempet ketawa sendiri sama ungkapan itu 😀

  7. Bukunya emng bagus waloo rata2 keinginan na europe banget, simple tapi elegan termasuk bungee jumping. Tapi…dari semua ada satu yang paling berat….blikin josh groban gk mati saat kamu nyanyi ups….salah ya….secara kan dirimu bersuara lebih emas dari dia….qiqiqiqiqi * kaburrrr

  8. Huaahahaha…Josh Groban akan meringis-ringis kalee ya denger saya nyanyiin lagunya :D*sambil maksa Mbak Avis nyariin link buat ketemu manajernya Groban :p

  9. amppppuhnnn…..klo cari link gk bisa…gmn klo lanng aje daku suntik setengah gk sadar si doi biar pas denger suaramu bisa melayang ke surga nunnn indah *mlirik2 sambil lihat kalender…jadina kapan neh waktu pastinya jjs lombok….sapa tau eik bisa kabur ngebawa satu bis pasien biar mrk cpt sembuh wakakaka

  10. SELAMATTT hari lahirr dek…smeoga selalu bertambah kebaikan yang ada padamu ya dan dimudahkan jalan menuju kebaikan itu…..sukses selalu yaa….untuk cita dan cinta mu^_^

  11. imazahra said: Hihihi, beberapa mimpi Alhamdulillah sudah kugapai :-)Lucu juga ya list ini, jadi kepingin bikin juga kapan-kapan 😀

    Hehehe… Alhamdulillah, Mbak Ima :)Iya, mbak, ini list yang lucu. Saya sendiri senyum2 bikinnya. Tapi, memang begitulah. Saya sesuaikan dengan personalitas 😀

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s