Bukan Bugil, Tapi Memang Dingin!

Saya masih menggigil. Bukan karena saya bugil, tapi udara di Lombok malam hari memang sedang dingin-dinginnya. Sepertinya, sama dengan tempat-tempat lainnya. Malang, misalnya. Saya masih ingat betul pertengahan tahun 2006, pertama kali menginjakkan kaki di kota itu. Saya pun tanpa pikir panjang membenarkan perkataan orang-orang kalau Malang memang kota sejuk. Dingin, tepatnya! Bahkan, kebutuhan prioritas saya waktu itu selain makanan dan kosan adalah selimut! Selimut tebal yang ternyata tidak cukup mampu mempercepat adaptasi saya karena… saya jadi nge-drop. Kemungkinan besar sih, karena tubuh saya yang masih belum terbiasa udara dingin Malang.

Kalau dulu-dulu orang Lombok mengenal istilah ‘musim balit‘ semacam kemarau yang benar-benar kering. Panas siang harinya, namun dingin menikam malam harinya. Kini, musim kemarau dan penghujan tiada bedanya. Peristilahan dalam buku pelajaran itu pun sudah semestinya dirombak. Hingga media pun menciptakan istilah sendiri: kemarau basah. Oh… Terus, adakah penghujan kering? Hanya orang-orang gemar istilah dan Tuhan yang tahu 🙂

Bagaimana dengan Lombok?

Baru tiga minggu di rumah, di minggu ketiga inilah saya merasakan suhu udara yang pelan-pelan merosot di malam hari. Subuh pun membuat jemari terasa kaku untuk mengambil air wudu. Kalau tidur, saya menyiasati ketiadaan selimut di kamar dengan sarung. Bekelumbur. Meringkuk di bawah gelungan sarung.

Kadang, memakai celana jins sewaktu tidur terasa membantu. Seakan menolak dingin. Tapi, jarang-jarang pula saya berjins sambil tidur. Seringnya, cuma celana pendek. Dibungkus sarung. Klop sudah. Kayak dodol nangka. Bahkan, adakalanya cuma dibungkus sarung doang tanpa aksesoris apapun. Beuuuh… Bagian luar saja sudah mengkerut, bagian dalam apalagi.

Oya, tadi malam saya tidak sempat menyaksikan gerhana bulan yang spektakuler itu. Padahal sudah bela-belain ngeset alarm. Ya gitu… udara yang kayak es batu bikin saya meringkuk lebih awal. Perut pun dalam kondisi cembung. Bangun-bangun, eh…hampir jam 6. Astaga… Bukannya bersicepat ambil wudu, justru mikirin bulan. Celingak-celinguk nyibak gorden di ruang musala. Nggak nemu. Pas adik saya, Arif, keluar dari kamar mandi, dia nunjuk-nunjuk dengan isyarat wajahnya. “Itu tuh bulannya!”

Segera cek facebook. Penerbit Mizan bagi link ‘lunar eclipse view from Yogjakarta‘. Ah, ntar cari di Youtube saja. Kesampaian! Sore tadi saya mampir ke warnet yang dijaga Izzat, teman Madrasah Ibtidaiyah saya. Ketemu. Dan, saya terkagum-kagum saat memutarnya di laptop rumah. Subhanallah… Subhanallah… Subhanallah…

Oya, gimana di tempat Anda? Dingin jugakah? Sempat lihat gerhana bulan jugakah? Atau jangan-jangan, kita ngalamin kasus yang sama?

12 thoughts on “Bukan Bugil, Tapi Memang Dingin!

  1. di batam semalem hujan angin tah…, jadi gak bisa ngeliat gerhana bulan deh… :(saat ini udara di batam udah mulai normal, beberapa hari yg lalu sempat dingin gak karu2an…

  2. dieend18 said: di batam semalem hujan angin tah…, jadi gak bisa ngeliat gerhana bulan deh… :(saat ini udara di batam udah mulai normal, beberapa hari yg lalu sempat dingin gak karu2an…

    Waduh…Sebagai pengobat rasa, sila diunduh saya dari Youtube, Mbak.Tapi, kalo udah nonton tv seharian ini, berulangkali disiarkan euy, termasuk di On the Spot :))Alhamdulillah deh kalo udara di Batam udah berangsur normal. Apalagi kalo dekat laut, bisa lebih stabil suhunya.

  3. Oh, iya kah, Mbak?Apakah indera perasa saya yang belum terasah benar?Oh, uhm… saya kudu percaya Mbak deh kalo gitu karena sudah berpengalaman bener dalam bercelana… *semoga komentar saya ini tidak lucu*:D

  4. setuju sama Mbak Suluh, pake jeans tambah dingin Tah.Di Malang dah 2mgguan duingin banget kalo malam mpe pagi. Mandi kayak mandi air es.

  5. setuju sama Mbak Suluh, pake jeans tambah dingin Tah.Di Malang dah 2mgguan duingin banget kalo malam mpe pagi. Mandi kayak mandi air es.

  6. @Mas Ihwan: setelah dipikir2 dan timbang rasa, memang bener sih, Mas. Kurang peka nih saya. Mungkin karena pengalaman memakai celana katun saya belakangan ini kurang berimbang dengan celana jins. Hehehe…Malang dingin? Oh, it’s damn true! Kebayang deh saya mandi sehari sekali itu pun siang2. Masih menggigil pula. Heuheu…@Mbak Ivon: atau kain tenun ikat juga anget tuh 😀 tikar mendong itu yang bahan pandan, bukan?

Sila Urun Tutur

