[Behind the Scene] Pengumuman Petualang ACI 2011

Foto ACI

18 Agustus 2011

Deg-degan. Berhari-hari terus memikirkan: lolos nggak lolos nggak? Karena jika lolos, saya berharap ini bisa membuka peluang berikutnya. Mewujudkan impian saya sebagai jurnalis sekaligus penulis pengelana. Namun, jika tidak lolos, saya akan coba ikhlas mengerjakan skripsi. Mengejar sidang akhir tahun ini. Biar bapak lega, keluarga lega, dan saya sendiri lega, bisa memikirkan proyek menulis berikutnya.

Berkali-kali buka jejaring sosial. Cek Twitter. Cari @ACIdetikcom. Sudah keluar belum ya pengumumannya? Katanya hari ini, Kamis 18 Agustus 2011. Tapi, amat tidak mungkin 60 Petualang ACI (Aku Cinta Indonesia) diumumkan tengah malam buta. Ini kan bukan pengumuman SPMB.

Pagi-pagi, admin @ACIdetikcom akhirnya nge-tweet kalau pengumuman di situs ACI akan diunggah pukul 12.00 WIB. Menuju tengah hari itu, kepala saya terus dipenuhi adegan pertarungan sengit antara kubu kalah dan kubu menang. Kubu kalah mengajukan alasan-alasan yang sekiranya membuat saya tidak lolos ACI 2011 ini. Semisal, ibadah saya kurang, doa saya belum maksimal, saingan saya banyak (ada beberapa penulis dan travel writer senior), video yang saya kirim ke panitia kurang kreatif, jawaban-jawaban saya selama wawancara via telepon kurang memuaskan, atau esai jalan-jalan saya yang tidak begitu ‘nendang’. Ini hal-hal yang membuat saya pesimis.

Tapi, kubu menang juga nggak mau kalah (namanya saja kubu menang!)

Saya tak lupa menyugesti diri bahwa saya memang layak menang. Saya masih muda (uhuk! 23 tahun). Alhamdulillah, pernah menulis buku traveling – Travelicious Lombok. Pengalaman jalan-jalan di luar NTB (Lombok & Sumbawa) dan luar Jawa belum ada sama sekali. Saya bisa berenang, snorkeling, dan menyukai aktivitas outdoor. Saya juga senang mendokumentasikan perjalanan, dalam ujud cerita atau foto. Video yang saya kirim memang kreatif (backsound-nya lagu ‘Indonesia Pusaka’). Jawaban saya selama wawancara memang meyakinkan – bahkan mampu membuat Mbak Indri – interviewer Detikcom – tertawa. Esai jalan-jalan yang saya tulis juga menarik dilihat dari kacamata jurnalistik. Oke, ini bukan narsis. Ini sugesti diri.

Dua kubu ini terus bertarung. Belum ada tanda-tanda akan berhenti sampai pukul 12.00 WIB. Saya dibuatnya uring-uringan. Ajakan ke kampus oleh Praja, teman kontrakan, saya abaikan. Saya memilih tidur ayam sembari terus memantau perkembangan di Twitter yang me-mention @ACIdetikcom. Tweets para finalis lainnya makin membuat saya keder. Isinya tak jauh-jauh dari harapan dan doa agar menang. Saya tidak mau gegabah dan sembrono nge-tweet dengan me-mention @ACIdetikcom. Saya hanya me-retweet pengumuman dari @ACIdetikcom dan menulis tweet: menunggu pengumuman penting.

Sepuluh menit menjelang pukul 12.00 WIB saya beranjak mandi. Sekalian wudlu shalat zuhur. Biar tenang. Berharap, sehabis shalat dan berdoa, ada kabar baik saya terima.

Saya tidak mengatakan ini semua karena saya. Ini semua karena Dia. Dia telah mengatur semuanya. Saya hanya berharap yang terbaik. Dua hal yang saya sampaikan pada Allah: jika saya menang jauhkan saya dari rasa sombong, jika saya kalah berikan saya hati yang ikhlas dan plong. Allah Mahatahu yang terbaik buat saya. Kendati tentu saja di hati yang terdalam saya berharap Allah memenangkan saya. Eaaaaa, pancet ae!


Sudah lewat pukul 12.00 WIB. Shalat kelar. Doa sudah terpanjatkan semoga menang. Lewat hp, saya cek Twitter. Ada nada-nada histeria juga nada kecewa bertabur di sana. Saya buka link yang diberikan menuju situs ACI. Nah, di sini ujian muncul lagi. Internet 3 sempat-sempatnya menggoda saya dengan koneksinya yang mirip siput mabok. Makin gedebak-gedebuklah jantung saya.

Tapi, itu tidak berlangsung lama, kok!

Laman ACI pun terpampang di layar hp. Di laman pertama, nama saya belum ada. Di laman kedua, belum ada. Di laman ketiga… Lalu Abdul Fatah, 23 th, Mahasiswa.



Alhamdulillah… Langsung deh sujud syukur. Padahal saya nggak tahu kudu baca apa pas sujud. Yang penting, bersujud dan menyatakan terima kasih pada Allah.

Setelah saya siuman dari rasa gembira yang gegap-gempita, saya pun segera cek Facebook. Seorang kawan yang backpacker tulen, namanya Harry Portter, ternyata telah mengucapkan selamat. Begitu juga dengan Mbak Indah Jualinati Sibarani, penulis senior cum finalis ACI 2010, juga nge-wall. Sebelum status Facebook selesai saya tulis pun, Kang Iwok Abqary, sesama finalis ACI 2011, juga nge-wall.

Dan, inilah status saya untuk tanggal 18 Agustus 2011.


[Berkah Ramadan] Alhamdulillah…terpilih sebagai 1 dari 60 petualang ACI (Aku Cinta Indonesia) Detik.com. Terima kasih untuk adik saya: Sekalee Lagee Oky yang sudah membantu ambil video. Juga untuk kawan Lalu Iqbal Ibn Abdillah yang sudah mendukung dengan meminjami software pengolah videonya. Saatnya jalan-jalan :))


Lha, kok bisa-bisanya Facebook kemudian memunc
ulkan status-status saya tepat setahun dan dua tahun lalu di side-bar kanan. Saya membacanya lamat-lamat dan merasa… Inikah salah satu ujud semesta berkonspirasi? Semesta mendukung?


18 Agustus 2009
jika dia bisa membuatku jadi lebih baik, kenapa aku harus menolak?


18 Agustus 2010
Tuhan tahu, tapi menunggu…

Kalau mau dikait-kaitkan, silakan. Kalau saya sih, mau.

Oya, mengenai proses seleksi ACI akan saya tuliskan selesai Jumatan

Iklan

35 thoughts on “[Behind the Scene] Pengumuman Petualang ACI 2011

  1. gila!!!! mas fatah kereeennn bangeet… orang lombok memang top banget deh..wuiiihh… bisa kopdaran 1 indonesia ini ceritanya….hihihi.. asyiiikkk…. *mupeng gila πŸ˜„

  2. aya06fkuh said: gila!!!! mas fatah kereeennn bangeet… orang lombok memang top banget deh..wuiiihh… bisa kopdaran 1 indonesia ini ceritanya….hihihi.. asyiiikkk…. *mupeng gila πŸ˜„

    Untung Aya nggak bilang: Kereen! Mas Fatah gilllaaaa!!! :DHuahuahua….Semoga ini menjadi doa bagi saya dan orang-orang Lombok lainnya :))Eng ing eng… Aya juga ikutan ACI ini kan? Masuk 750 besar nggak?

  3. sittisadja said: Ah masih mudaan aku… *eh.Hihi selamat mas… emang perginya ke mana?

    Hehehe… Boleh liat KTP Mbak? :DPerginya ke mana? Belum tahu nih, Mbak. Belum ditentukan wilayah jelajahnya. Insya Allah pertengaha September nanti fiks-nya :DKalau keterangan di situsnya sih, ke tempat-tempat yang belum banyak dieksplor :))

  4. srisariningdiyah said: Hihi sama rasanya pas detik2 pengumuman ittravelers tu grogi, ga bs tdr, panas dingin, bete

    Apalagi dengan bawaan si Tobie Junior yaaa… komplit deh gelisahnya :))

  5. ekkyij said: selamat! saya ditolak. tapi sepupu saya, giffa, diterima πŸ™‚

    Makasih, Bang Ekky πŸ™‚ Semoga tahun depan terpilih ya. Amiiin…Tak paman, sepupu yang dapat. Keluarga yang keren πŸ™‚

  6. tarunapukat said: Congratulations bro…!I’m proud to u!Sepertinya aku disuruh keliling sumbawa dulu baru indonesia πŸ™‚

    Makasih, bro Aji. Hehehe… Ayo, kelilingi dulu daerah sendiri sebelum menjelajahi daerah lain πŸ™‚ Itu juga spirit yang saya tangkap dari dosen saya sekaligus blogger aktif di MP, Pak Bambang Priantono :))Wujudkan mimpinya Aji untuk bikin Travelicious Sumbawa πŸ™‚

  7. nafi12 said: @ tarunapukat : orang sumbawa kah??? kalo iya… asik… ada teman dr sumbawa deh… aku add yaaa….

    Iya, namanya Aji. Sudarmaji Ismail. Di-add gih, Mbak πŸ™‚

  8. nafi12 said: eh eh… hampir lupa. buat Fatah : selamat yaaa….. jangan lupa main ke KSB juga :p

    Insya Allah kalau pulang kampung nanti, pengin main lagi ke Sumbawa πŸ™‚ Kangen sama alam dan pantainya yang keren gila! πŸ˜€

  9. lafatah said: Kangen sama alam dan pantainya yang keren gila! πŸ˜€

    pantainya gila yak? hehehe…udah ke pantai Maluk? Pantai Sekongkang (Tropy)? Pantai Jelenga?itu pantai2 favoritku…. ^^

  10. alhamdulillahhh… seneng bacanya…unforgetable moment ya Fatah..congratulations for you.. semoga semangat menulis dan mengeksplorasi kekayaan alam indonesia terus menyertaimu : )

  11. Subhanallah…, alhamdulillah…, ikut senang dan bahagia.Selamat ya Lalu. Ramadhannya pasti lebih terasa istimewa dengan berita ini.Jadi, akan berpetualang ke mana? kapan? berapa lama?*maapcerewet:”>*23 tahun?Masih muda, ayo bertualang! πŸ™‚

  12. *melonggo gak ngerti ACI itu apa *menangisdarahTapiSelamaaaaaaaaaat Faaaataaaaaah *tereak-tereak, bakalan jalan2 yaaaaah? Senengnyaaaaaaahhhh… Siapa tahu di Palembang pas Sea Games hihihi.

  13. @Mbak Nafi: hahah…iya, pantainya keren gila! Saya baru ke Maluk. Ada tuh fotonya di Home MP saya πŸ˜€ Pengin ke Sekongkang dan lainnya.@Mbak Dian: Hehehe… Hati-hati, deg-degan terus pertanda kurang baik :D@Mbak Helna: Alhamdulillah… Unforgettable banget! πŸ˜€ Makasih atas doanya yaaa… Insya Allah dgn tetap jalan-jalan, ada sisi yang bisa diiris dan dibagi buat orang lain πŸ™‚

  14. Mbak Febi: terima kasih, Mbak. Daerah yang akan saya jelajahi bersama dua teman lainnya belum ditentukan. Pertengahan September nanti akan dibagi timnya dan destinasinya. Hehe…@Cek Yan: Tau nggak pas diwawancara, saya ditanya mau ke mana nantinya: Papua, Kalimantan, Sumatera, atau Sulawesi? Saya jawab Sumatera, khususnya Sumatera Selatan. Alasan saya agak cetek waktu itu: pengin mencicipi pempek asli Palembang, menelusuri Sungai Musi, dan menapaktilasi kejayaan Kerajaan Sriwijaya πŸ˜€ Eniwei, nar ditempatin di mana pun, saya siap sedia… πŸ™‚

  15. lafatah said: Untung Aya nggak bilang: Kereen! Mas Fatah gilllaaaa!!! :DHuahuahua….Semoga ini menjadi doa bagi saya dan orang-orang Lombok lainnya :))Eng ing eng… Aya juga ikutan ACI ini kan? Masuk 750 besar nggak?

    haha.. maya baru tau ACI itu apa dari blog ini.. hahaha.. *gagap informasi banget… XDcoba mas fatah bilangg sebelumnya.. waaahhh.. semangat 45 pasti ikut. apalagi proses wawancaranya bisa pakai video aja.. hehe…semoga aja ada part 2 nya taun depan atau 2 tahun depan.. hahaha.. lagian juga kalo dipikir2 taun ini targetnya cuman 1. mau fokus nyelesaiin koas dulu. hehe

  16. initea said: Waaa ataaah slamat yaaaa!!kereeenn.. taun kmaren si azhar dan nicow jogja yg menang skrng atah uhuyyy kereen!

    Makasih, Mbak Tity :))Maksudnya, yang menang grand-prize sebagai tim terbaik?Amiiiin… Mbak mendoakan saya ya? Amiiiin πŸ™‚

  17. fefabiola said: kapan? berapa lama?

    Mulai sekitar Oktober, Mbak. Seharusnya sih tanggal 26 september, mulainya. Selama 17-21 hari. Tapi, ada beberapa hal yang menyebabkannya dimundurin πŸ˜€

  18. aya06fkuh said: haha.. maya baru tau ACI itu apa dari blog ini.. hahaha.. *gagap informasi banget… XDcoba mas fatah bilangg sebelumnya.. waaahhh.. semangat 45 pasti ikut. apalagi proses wawancaranya bisa pakai video aja.. hehe…semoga aja ada part 2 nya taun depan atau 2 tahun depan.. hahaha.. lagian juga kalo dipikir2 taun ini targetnya cuman 1. mau fokus nyelesaiin koas dulu. hehe

    Heheheh…Nggak apa-apa. Kan, bisa ikutan tahun depan. Semoga ACI tetap diadakan yaaa… Karena saya tahu Aya jago motret dan nulis :)Kalau saya, fokusnya lagi ke jalan-jalan aja nih. Sampai skripsi dijadikan pacar kedua :DOya, setelah bikin video, ada lho tes wawancaranya via telepon. Terus, bikin esai jalan-jalan juga. Cek aja di jurnal berikutnya πŸ™‚

  19. tinggalbaca said: Wah, Fatah selamat yaaa :)aku sempat daftar juga tapi langsung nggak lolos di seleksi pertama hehe…

    Terima kasih, Endah.Semoga tahun depan bisa kepilih yaaa…Amin :)Tetap semangaaaaaat! Tetap bermimpi πŸ™‚

  20. Terima kasih, Mbak Rahma….Errr… rencana ke Lombok? I will tell you later :))Maaf belum balas juga waktu itu… *semoga Mbak mau berlapang menunggu info fixed-nya*:))

  21. lafatah said: Heheheh…Nggak apa-apa. Kan, bisa ikutan tahun depan. Semoga ACI tetap diadakan yaaa… Karena saya tahu Aya jago motret dan nulis :)Kalau saya, fokusnya lagi ke jalan-jalan aja nih. Sampai skripsi dijadikan pacar kedua :DOya, setelah bikin video, ada lho tes wawancaranya via telepon. Terus, bikin esai jalan-jalan juga. Cek aja di jurnal berikutnya πŸ™‚

    iya… ngak apa2 bgt. malah bagus maya ga tau.. hahaha.. kalau masuk kan bisa jadi ribet.. jalan2 21 hari.. gilaa.. coas ku mau dibawa kemana.. haha.. pasti ribet ngurus izinnya. daripada di skorsing pasti akan lebih milih koas.libur 1 minggu aja, di jamin, wisuda bulan 12 lewat.itu artinya bayar SPP lagi.. ohhh tidak… hehe.. jadinya kan pasti mundur dari ACi. kursinya jadi mubazzirr deh:)*super percaya diri banget akan masuk 60 besar…hahaha. πŸ˜›

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s