Tarik Ulur Kencang Kendur

Sudah lama saya mengincar buku ini. Berbulan-bulan yang lalu. Bahkan, saya sempat ‘iri’ pada Bang Abner Krey Koibur, rekan saya di Tim Sumatera 3, yang membawa buku ini selama jalan-jalan. Saya pinjam dan baca-baca saat istirahat di kamar. Saya bahkan bikin reminder di hp untuk akan membeli buku ini seusai perjalanan ACI. Tak tahunya, kantong menipis. Jatah beli buku ‘mahal’ pun saya tangguhkan. Buku di kisaran harga lebih dari Rp30 ribu. Termasuk buku ini.


So, skip dulu deh.

Lalu, pada suatu kesempatan, saya main ke Rumah Buku, toko buku yang diskonnya lebih banyak banyak dari Togamas. Saya cari di komputer. Stoknya habis. Aduh! Dengan diskon 20-25%, kutu buku mana sih yang tidak tersentuh hatinya?

Beralihlah saya ke Gramedia Expo. Saya cari di bagian buku-buku panduan menulis. Ada, ternyata! Tapi, harganya. ‘Masih’ Rp38 ribu

Skala prioritas saya susun. Dan, jatah makan tetap saya nomorsatukan. Pikir-pikir, saya tahan dulu deh beli buku ini. Bacaan tentang jurnalisme dasar kan bisa saya cari di internet. Lagipula learning by doing, learning by instinct, serba otodidak untuk jurnalistik, itu lebih menantang dengan segala risiko dan konsekuensinya.

Baiklah, ini cara ampuh buat ngeles!

Kendati demikian, saya tetap keukeuh memiliki buku ini. Siapa pun tahu kalau membaca buku fisik jauh lebih nikmat tinimbang membaca pdf atau e-book. Kendati banyak pula yang menyanggah bahwa baca e-book lewat perangkat reader jauh lebih blablabla… *silakan sebutkan jutaan alasannya*

1 Februari 2012, saya masih tuliskan reminder di hp untuk membeli buku ini. Mudahan tidak tersalip oleh buku-buku lainnya yang juga saya buru, kayak Garis Batas-nya Agustinus Wibowo, Two Travel Tales-nya Mbak Ade Nastiti, The Geography of Bliss-nya Eric Weiner, buku-buku Gol A Gong, dan lain-lain.

Oya, saya juga harus beli lemari, permak jeans, perbaiki LCD hp, dan selametin hardisk laptop saya. Bulan depan. Aduh! Banyak pengeluaran. Semoga neracanya seimbang.

Dan, yeah…berdoa agar to do list saya ini tidak saling cakar satu sama lain

32 thoughts on “Tarik Ulur Kencang Kendur

  1. lafatah said: Garis Batas-nya Agustinus Wibowo, Two Travel Tales-nya Mbak Ade Nastiti, The Geography of Bliss-nya Eric Weiner

    huuuaaahhh sudah ku bagibagi..eh itu buku karangan luwi, kog kaya nama temenku? orang empi juga loh..

  2. Hehehe, gimana kalau buku ini didahulukan, Dek? :-)Mana tau, dengan membeli buku ini, tulisan jurnalisme-mu makin banyak dimuat dimana-mana dan ujung2nya, kamu akan mendapat cukup banyak uang untuk membeli list keinginan lainnya πŸ™‚

  3. elucubrate said: kadang, kemampuan yang kita punya jauh melebihi dugaan kita. dan, semua yang masuk list bakal kecentang. selamat ya πŸ˜€

    Amiiin… Insya Allah!Makasih ya, Elucubangeeet… :)))Kamu memantik semangatku untuk bekerja keras dan berduit πŸ˜€

  4. masfathin said: “Rezeki bagi orang baik datang dari sudut-sudut yg tak terduga,” -Mario Teguh πŸ™‚

    Amiiin… Allah Mahatahu segala sesuatu.Insya Allah rezeki tidak akan tertukar. Tentu setelah diusahakan πŸ™‚

  5. ayanapunya said: aku juga nih, harus mulai mengatur ulang pengeluaran. 2 bulan terakhir boros banget 😦

    Saya pas lagi ‘banyak’ duit, justru bingung mau dipakai apa. Ujung-ujungnya borong buku ini itu. Nggak salah sih. Cuman, ntar ada masanya saya kelabakan dan nelangsa karena ternyata yang jadi prioritas masih ada yang belum ditunaikan. Lupa aja gitu bikin ‘list’-nya πŸ˜€

  6. darnia said: NyahahahhahahahahSemangat, Bradernya Mbokdhe!!Biasanya wishlist gini kalo udah lupa, malah datang dari arah yg tidak terduga *pengalaman* πŸ˜€

    Semangaaaaaaaat juga, Mbok iDan. Hahaha…Anyway, apakah hal yang sama akan terjadi juga pada saya? ;))

  7. tintin1868 said: huuuaaahhh sudah ku bagibagi..eh itu buku karangan luwi, kog kaya nama temenku? orang empi juga loh..

    Yang mana yang udah Mbak bagi-bagi?Ini bukunya penulisnya Luwi Ishwara, wartawan Kompas sejak 1960-an *CMIWWApa benar teman di MP?

  8. imazahra said: Hehehe, gimana kalau buku ini didahulukan, Dek? :-)Mana tau, dengan membeli buku ini, tulisan jurnalisme-mu makin banyak dimuat dimana-mana dan ujung2nya, kamu akan mendapat cukup banyak uang untuk membeli list keinginan lainnya πŸ™‚

    Yappp!!!Saran Mbak Ima jauh lebih cadas daripada saran saya pada diri sendiri. Hehehe…Oke deh buku ini jadi prioritas atas saya. Semoga bisa menggaet hadirnya buku-buku yang lain. :)Tingkiu Mbak Ima.”You’re welcome,” balas Mbak Ima.:D

  9. faraziyya said: saya udah baca! hehhe :Dtapi ko warnanya biru yaa? hmm..coba juga catatan dapur tempo.

    Oh, yang itu edisi tahun 2005 ya?Judulnya: Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar.Kavernya memang warna biru.Yang ini edisi tahun 2011. Isinya lebih terbarui, sepertinya :)Catatan Dapur Tempo-nya akan saya googling dahulu.

  10. imazahra said: Ihiy! :-)Alhamdulillah…Sekarang rajin jadi kontributor kan, Dik?Tentu makin banyak pemasukan kan? πŸ™‚

    Amiiin… Insya Allah, Mbak Ima.Dan, bulan depan Insya Allah akan memanen hasilnya.:))

  11. Garis batas ama bukunya mbak Ade Nastiti jg udh masuk daftar tunggu nih..Jg buku Travel writernya mas Gong, apalg kmrn dpt bocoran dr beliau, ada ‘sedikit surprise’ buatku di buku itu.. πŸ™‚

  12. Dafta tunggu? Bakal ada yang memberikankah? ;pWow! Mari kita tunggu sebulanan lagi saat bukunya nongol di tobuk, Mbak.Dan, kok ya bisa juga Lombok Backpacker dimasukkan ke dalam salah satu bab buku beliau :))

  13. Enggak. Nunggu gajian maksudnya :-DEh iya, Lombok backpacker jg masuk ya dlm bab bergabung dg komunitas backpacker ya?Selamat selamat.. Moga makin rame groupnya πŸ™‚

  14. lafatah said: Amiiin… Insya Allah!Makasih ya, Elucubangeeet… :)))Kamu memantik semangatku untuk bekerja keras dan berduit πŸ˜€

    Tingkiu juga ya,Kau selalu membuatku berkaca pada mu. Ahayyyyy :DGpp kok aku dibilang lucu, asal kau bahagia >,<!–

  15. dieend18 said: Enggak. Nunggu gajian maksudnya :-DEh iya, Lombok backpacker jg masuk ya dlm bab bergabung dg komunitas backpacker ya?Selamat selamat.. Moga makin rame groupnya πŸ™‚

    Hehehehe… Bukannya tangal 25 sudah gajian ya, mbak?Iyaaaa, mbak! Itu yang di-share sama Mas Gong di grup Lombok Backpacker, kok sampai dijadikan nama sebuah bab gitu. Hehehe… Mbak rekomendasikan grup petualangan apa kemarin?

  16. elucubrate said: Kau selalu membuatku berkaca pada mu. Ahayyyyy :DGpp kok aku dibilang lucu, asal kau bahagia >,

    aku ingin cari cermin gedhe dan berenang-renang di dalamnya…karena oh… sungguh… nggak tahan baca komenmu :X)))))

  17. h4riyono said: aminn…semoga kesampean ya cak. segera nabung gih, jangan keloyongan ke tobuk mlulu makaya, ntar malah laper mata ama buku2 yang lain, ckckckck

    hehehehe… iyo, ciak ciak ciak *mirip keciap anak ayam nggak sih?*mari menabung sejak dini…hari.:D

  18. lafatah said: Hehehehe… Bukannya tangal 25 sudah gajian ya, mbak?Iyaaaa, mbak! Itu yang di-share sama Mas Gong di grup Lombok Backpacker, kok sampai dijadikan nama sebuah bab gitu. Hehehe… Mbak rekomendasikan grup petualangan apa kemarin?

    gajian tanggal 5… masih lamaaaaaa……. :))kalo aku sepertinya bukan yg tentang komunitas backpacker Tah… pokoke ada deeeh…. πŸ˜‰

  19. lafatah said: aku ingin cari cermin gedhe dan berenang-renang di dalamnya…karena oh… sungguh… nggak tahan baca komenmu :X)))))

    hei, mengapa kau mudah sekali tertipu mulut manis, hah? :peh, engga kok. serius. . .*ng-fans Fatah, ah :D~

  20. dieend18 said: gajian tanggal 5… masih lamaaaaaa……. :))kalo aku sepertinya bukan yg tentang komunitas backpacker Tah… pokoke ada deeeh…. πŸ˜‰

    Hehehe… Sabaaaarrr… itungan hari tho, Mbak :))Wow! Mari deh kita tunggu kejutannya bareng-bareng πŸ˜€

  21. elucubrate said: hei, mengapa kau mudah sekali tertipu mulut manis, hah? :peh, engga kok. serius. . .*ng-fans Fatah, ah :D~

    Heiii…Kenapa kau mudah sekali tertipu dengan komen balasanku, hah?Hahahahaha…*ah, nggak kok. Nggak serius πŸ˜€

Sila Urun Tutur

