Cukup Tiga Saja Hari Ini

1. Resensi Buku


Siang yang memalaskan. Tadi. Sehabis makan, leyeh-leyeh di kamar kontrakan sambil baca The Lonely Planet Story-nya Tony & Maureen Wheeler. Tetiba-tiba saja Nanda, teman sekontrakan yang juga fotografer untuk Majalah Walida, memberi BB-nya. Dari bapaknya. Pak Fatih.

“Halo, Mas Fatah. Bisa nggak menulis resensi buku untuk majalah baru, Healthy and Happy.”
“Buku apa, Pak?”
“Buku kesehatan.”
Ampuuun… Ya iyalah, Fatah. Ini majalah kesehatan woi!
“Mmmm…” Saya masih mikir.
“Dikirim besok atau dua hari ke depan ya ke e-mail saya?”
“Engggggg… Baik, Pak. E-mail Bapak, apa?”
“Tanya sama Nanda.”
“Baik, Pak.”

Telepon ditutup.

Saya antara kegirangan sekaligus linglung sejenak. Buku kesehatan apa yang saya punya di rak?
Saya segera beranjak dan mendekati rak buku saya. Mencari-cari buku yang kiranya berbau kesehatan. Siapa tahu ada buku bertema kesehatan yang pernah ‘khilaf’ saya beli.

Nihil!

Buku apa, ya? Sementara teman-teman kontrakan saya tidak ada yang jurusan kesehatan. Rata-rata jurusan sosial.

Baiklah. Saya tahu apa yang harus saya lakukan. Mencari-cari buku di kolom review Multiply saya. Dan, saya temukanlah satu buku bertema kesehatan yang Alhamdulillah pernah saya resensi. Saya perbaiki judulnya, rapikan kalimat-kalimatnya, dan segera saya kirim ke beliau.

Tentu saja, saya memberitahu beliau kalau resensi buku saya tersebut pernah saya muat di blog saya dan juga ditaut oleh penerbit yang menghadiahi saya buku tersebut.

Oya, Pak Fatih ini pimpinan redaksi Majalah Walida, tempat putranya bekerja. Di majalah yang khusus diperuntukkan untuk perempuan Muhammadiyah ini pula, resensi novel saya akan dimuat edisi depan, Maret. Sebuah resensi yang sengaja saya kirim bulan kemarin karena kepepet, butuh duit πŸ™‚


2. Two Travel Tales

Pernah saya singgung di sini, seorang malaikat yang menyamar sebagai manusia berbaik hati mengirimkan saya buku Two Travel Tales-nya Mbak Ade Nastiti dan Jurnalisme Dasar-nya Luwi Ishwara. Katanya, bukunya telah dikirim hari Jumat kemarin. Saya kini menanti.

Tadi, saya ikutan komen di status Mbak Ade Nastiti, saat ia menautkan resensi bukunya tersebut. Resensi yang dibuat oleh Mbak Sinta Nisfuanna. Mbak Ade dan Mbak Sinta belum menjadi kawan di FB, ternyata. Nah, saya me-mention Mbak Sinta di komentar status tersebut.

Nah, bisa jadi dari situ atau setelah membaca status saya tentang tawaran menulis resensi buku kesehatan, Mbak Ade mengirim pesan di FB. Intinya, saya hendak dikirimi Two Travel Tales dan harus meresensinya. Aaaaaaaarrrrgh… Siapa sih yang menolak? Hahahaha… Saya sambar saja tawaran itu. Tak lupa agar Mbak Ade membubuhkan tanda tangan dan testimoninya.

Uh, senang sekali!

Jadi, saya bakal punya dua buku Two Travel Tales dong?

Nah, itu! Lalu?

Bisa jadi saya akan menyumbangkannya ke taman bacaan milik teman saya. Atau mengadakan give away?


3. SPK Buku Baru

Setelah dikirimi dua hari lalu via surel oleh penerbit, baru malam ini saya mengeksekusinya. Surat Perintah Kerja dan Berita Acara. Keduanya kudu saya tandatangani.

Dengan geblek-nya saya bertanya apakah suratnya harus saya tandatangani secara elektronik. Artinya, saya menggerakkan tetikus untuk bikin tanda tangannya di lembar Microsoft Word tersebut. Ataukah dengan memindai kedua dokumen yang telah saya cetak dan tandatangi, lalu mengirimkan pindaiannya kembali via surel?

Karena tidak dibalas oleh mereka. Begitu juga sms dengan pertanyaan yang sama, tidak dibalas oleh editor saya, maka saya membaca surel lebih teliti dan akhirnya tiba pada satu kesimpulan. Cetak, tanda tangan, pindai.

Itu yang saya lakoni sejam yang lalu.

Oya, buku yang ditulis rame-rame oleh para travel writers ini, Insya Allah sudah akan berada di toko-toko buku pada awal Maret mendatang.

Nantikan dan beli yaaaaaaaaaaaa :))

22 thoughts on “Cukup Tiga Saja Hari Ini

  1. nonragil said: Kaya’nya tahun naga air adalah tahun gemilangnya dirimu nih, Tah.

    Shio saya naga. Adakah kaitannya? :DKalo yang bagus-bagus, saya iya-kan saja, Mbak :))))

  2. faraziyya said: Baca bareng!Two travel talesnya lg currently reading kan? πŸ™‚

    Belum currently reading, mbak.Masih to read.Bukunya belum nyampe, soalnya. heuhuehue…Oke, mungkin disegerakan ya πŸ™‚

  3. tintin1868 said: wooaaahhh sukses tah.. senang deh bacanya.. semoga lancar jaya..

    Amin ya robbal ‘alamin…Matur suwun, Mbak.Doa yang sama juga untuk Mbak πŸ™‚

  4. dieend18 said: utk buku two travel tales langsung kirim aja ke rumahku… πŸ˜€

    Dibelokkan saja ya. Nyampe kontrakan, mental, kirim langsung ke Batam via merpati putih :)))))

Sila Urun Tutur

