Menunggu Empat Buku

Great minds talk about ideas, average minds talk about events, and small minds talk about people.

Menulis di penginapan selama keliling Lombok

Menulis di penginapan selama keliling Lombok

Itulah mengapa saya suka menulis. Mencabut ide-ide yang berseliweran di dalam kepala, lantas mengikatnya dalam wujud tulisan. Kendati mungkin ada yang memandangnya remeh, “Mengapa pula menulis remah-remah ide? Apa manfaatnya?” Saya kira, bukan waktunya saya ceramah tentang faedah menulis. Menulis saja, nanti kau rasakan sendiri. Kalau penasaran, silakan telusuri di dunia maya. Banyak artikel atau esai yang membahas tentang manfaat menulis.  Termasuk buku saya bersama para penulis lainnya yang akan beredar pada September mendatang: A Cup of Tea for Writer (Stiletto Book).

Lantas, ide yang terilhami dari kisah nyata perjalanan saya juga akan termuat dalam tiga buku. Jika tak meleset, ketiganya akan terbit tahun ini. Tiga buku tersebut adalah Storycake for Backpackers (Gramedia Pustaka Utama), Love Journey of Bloggers (judulnya masih tentatif, Insya Allah akan diterbitkan oleh Mozaik Indie Publisher) dan satu lagi judulnya masih dirahasiakan. Rahasia karena sedang digodok di sebuah penerbit besar di Bandung.

Apa yang bisa ditarik dari hal di atas?

Bagi saya pribadi, menanti kelahiran sebuah buku tak ubahnya menanti kehadiran seseorang yang amat disayangi. Saya tak mau bilang, “Laiknya menanti kelahiran bayi.” Sebab, saya sendiri belum merasakannya 🙂 Namun, saya bisa memaklumi jika ada penulis berkata demikian. Sebab, ide tak ubahnya janin yang bersemayam di otak. Ketika diwujudkan dalam karya nyata, ketika itulah ia diibaratkan sebagai bayi. Membikin harap-harap cemas, istilah zaman sekarang.

Sembari menunggu hadirnya tiga buku tersebut, maka saya tidak boleh diam terpaku. Harus tetap berkarya. Terutama, skripsi. Resolusi utama tahun ini (menjelang 2012 berakhir, baru deh nyadar!).

** Tulisan ini sengaja dibikin untuk membangkitkan mood menulis yang timbul-tenggelam beberapa waktu belakangan ini.

Iklan

5 thoughts on “Menunggu Empat Buku

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s