Apakah Awan?

Apakah kau pikir awan hanyalah kapas yang saban hari mengapung di langit?

Apakah kau kira awan tak bisa menghapus lara yang lama bertahta?

Apakah kau anggap awan hanyalah omong kosong titik air yang lewat sejenak tanpa mengandung makna?

Apakah awan cuma mengulang pola sebagaimana hati yang kebas pada suka duka?

Jika awan kau tanya, mungkin ia akan angguk-angguk saja dengan arakan yang membuatmu terpana tanpa jawab.

Coba saja.

13567216_10154275077374304_2263394867785822009_n

***

Saya menulis puisi pada 30 Juni 2016. Berawal dari foto senja yang saya tangkap dari rumah panggung kakak saya. Serta-merta rangkaian kalimat puitis tentang awan meluncur dari benak saya.

Inilah yang menyenangkan di era media sosial. Kita bisa berkarya secara spontan dan mengunggahnya. Perkara bagus atau tidak, itu urusan jam terbang. Justru saya mencermati, seorang yang sudah aktif menulis (dengan level published author), maka menuliskan hal ‘sesimpel’ apa pun, pasti banyak dicari dan dibaca. Setidaknya, kata-kata yang mereka tuliskan, terkukuhkan di hati pembaca.

Masih ingat kan puisi “Malam Lebaran” Sitor Situmorang? Puisi itu sungguh ikonik dan jadi pembahasan para kritikus sastra gegara barisnya cuma satu: “Bulan di atas kuburan”. Pelbagai analisis pun dituliskan. Puisi itu dibedah habis-habisan. Dicari maknanya.

Padahal, di benak saya, bisa saja itu merupakan puisi ‘iseng’ sang penyair. Namun, karena namanya yang besar sebagai sastrwan, sehingga sastrawan lain pun menanggapi puisi itu dengan begitu serius. Itu persangkaan saya. Meskipun saya sempat membaca analisisnya di sebuah buku, tapi saya lupa isinya seperti apa.

Bagi saya, se’iseng’ apa pun sebuah karya, ia tetap layak mendapat apresiasi. Kalaupun tidak dari orang lain, setidaknya dari sang penulis sendiri.

Dan, ini salah satu ikhtiar apresiasi saya terhadap puisi saya sendiri. Dengan menuliskannya di sini.

 

 

 

2 thoughts on “Apakah Awan?

Sila Urun Tutur

