Faces & Places

Sejak membaca ‘Hidup Sederhana’ Desi Anwar yang terlebih dahulu terbit edisi bahasa Inggrisnya ‘A Simple Life’, saya kesengsem dengan kesederhanaan tuturnya. Mengayun pelan namun berisi. Catatan-catatannya kontemplatif. Laiknya sedang membaca pikiran yang meditatif.

Sosok yang cerdas namun dengan pembawaan yang tenang, tak heran kiranya jika Desi Anwar adalah salah satu senior anchor favorit saya. Ia tidak menggebu-gebu ala presenter tv yang masih muda. Ia begitu telaten dan menyimak penuh perhatian tiap narasumbernya. Ia memiliki kualifikasi yang tinggi sebagai penyimak sekaligus pewawancara.

Saya cari videonya di Youtube. Saya belajar darinya mengenai teknik wawancara. Dan, tadi pagi saat ke toko buku, saya menjumpai karya terbarunya ‘Faces & Places’. Saya hendak beli, tapi menahan diri sejenak, mengingat tumpukan buku yang belum kelar saya baca.

da01b

Desi Anwar, senior anchor Indonesia (Sumber: whiteboardjournal.com )

Ini sinopsis bukunya.

Sebagai jurnalis yang sering bepergian dan pelancong seumur hidup, Desi Anwar sudah mengunjungi banyak tempat di seluruh dunia, bertemu dan mewawancarai tokoh-tokoh internasional serta sosok-sosok penting selama tahun-tahunnya sebagai pembawa acara bincang-bincang dan pembaca berita televisi papan atas Indonesia.

Di Faces & Places Desi mengompilasi sejumlah catatan perjalanannya selama beberapa tahun terakhir, yang awalnya diterbitkan di kolom mingguan dalam harian berbahasa Inggris The Jakarta Globe.

Artikel-artikel itu berisi kesan dan kekaguman pribadi, serta sketsa verbal yang ditangkap saat Desi berusaha memahami dan terhubung dengan lingkungan barunya, entah itu Lingkaran Artik yang dingin bersalju, Turki yang memukau, jalanan kota Paris yang romantis, atau pantai-pantai Belitung yang memesona.
Tulisan-tulisan itu juga mere¬ eksikan pribadi-pribadi yang ditemuinya. Sosok seperti Yang Mulia Dalai Lama, pengusaha terkaya di dunia Bill Gates, pemerhati lingkungan yang mencintai orangutan, politisi, kepala negara, dan banyak lagi.

Sejumlah wawancara dan catatan perjalanan di buku ini juga bisa dilihat di acaranya, Face 2 Face with Desi Anwar, yang bisa ditemukan di YouTube.

faces-places

Iklan

2 thoughts on “Faces & Places

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s