Spontanitas Menulis Puisi

Dalam menulis puisi, saya mengandalkan spontanitas. Entah saya terngiang pada satu kata atau satu gagasan atau satu peristiwa, saya akan segera menjadikannya ruh tulisan saya. Semisal, saat merevisi modul kelas menulis untuk sekolah tempat saya mengajar, saya tertumbuk pada kata ‘teh’. Kata ‘teh’ ini ditulis oleh rekan pengajar saya. Ia gemar betul dengan teh. Itu terungkap lewat kata-katanya saat kami mengobrol, bahkan terjelma dalam tulisannya.

Saya sempat tertawa geli dengan kecintaannya pada teh. Teh pun identik dengan pasangannya, yakni kopi. Dan, tetiba saya terhubung dengan orang-orang yang kerap saya lihat di media sosial dan kerap menuliskan kata ‘kopi’. Kopi yang dilekatkan dengan menulis dan inspirasi. Saking ‘sebal’nya saya dengan kata ‘kopi’ yang – saya kira menjadi sebuah kelatahan ini, maka saya sempat membuat status di Facebook.

kopo

Nah, tercetuslah ide kopi di kepala saya. Namun, saya tidak ingin bermanis manja dan bergenit bahasa untuk ‘memuja’ kopi. Saya malah menunjukkan sesuatu yang lain. Berikut puisi yang saya bikin. Judulnya “Air Kopi di Dinding”.

Buang cangkir kopi itu
Empaskan di dinding kamarmu
Biarkan hitam dan manisnya merayap
Menyelusup di pori-pori tembok nan terbuka
Kau punya cara baru ngopi
Langsung saja jilati dinding itu
Sudah basi menyesap kopi dari cangkirnya
Sudah basi!
Pecahan cangkir tancapkan di aliran darahmu
Biar sungai hidupmu terhalang sejenak
Membendung darah
Untuk mengairi sawah
Pahit kopi adalah semesta misteri
Manis gulanya adalah samudera dusta
Mereka adalah perkawinan yang banal
Melahirkan anak-anak gagasan yang kasar
Aku korbannya!
Ya, mungkin terkesan menyindir. Saya pun membayangkan akan sedikit bernada teriak kalau didaulat membacakan puisi ini.
Bukankah di sini puisi menemukan kesejatian ungkapnya?

 

Sila Urun Tutur

