ANTOLOGI

Love Journey#2: Mengeja Seribu Wajah Indonesia

Love Journey#2: Mengeja Seribu Wajah Indonesia

Love Journey#2: Mengeja Seribu Wajah Indonesia. Diterbitkan oleh Diva Press pada Desember 2013. Harga Rp58.000,00.

Kebumen Menuju Kota Layak Anak

Kebumen Menuju Kota Layak Anak

Kebumen Menuju Kota Layak Anak. Diterbitkan oleh Plan Indonesia pada Desember 2013. Tidak diperjualbelikan.

Storycake for Your Life: Backpackers

Storycake for Your Life: Backpackers. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Mulai edar di toko buku 14 Oktober 2013. Just grab it, guys!

977342_571656332855104_291145816_o

Traveling Note Competition. Diterbitkan pada Juni 2013 oleh Diva Press. Catatan perjalanan saya di Way Kambas terpilih menjadi salah satu dari 30 peserta yang lolos kompetisi ini. Bahkan, Alhamdulillah… menjadi salah satu dari tiga pemenang yang berhak dapat hadiah jalan-jalan gratis selama 3 hari 2 malam di Karimunjawa. Lebih dari sekadar menyenangkan! 🙂

Book Junkies

Book Junkies: Catatan Para Pecandu Buku. Lahir Mei 2013. Ini adalah hasil lomba yang diadakan oleh Mozaik Indie Publisher. Berisi catatan para pecandu buku. Saya jadi pemenang kedua dalam lomba ini dengan judul tulisan “Buku Bikin Hidup Lebih Hidup”.

Love Journey: Ada Cinta di Tiap Perjalanan

Love Journey: Ada Cinta di Tiap Perjalanan. Lahir pada November 2012. Sebagai wujud kenang-kenangan dari persahabatan para narablog Multiply. Buku yang lahir dari lomba ini disunting oleh saya. Tata letak dan desain kover ditangani oleh Mbak Dee An. Ada 18 narablog Multiply yang menyumbang naskah di buku yang akan diterbitkan oleh Mozaik Indie Publisher.

A Cup of Tea for Writer
A Cup of Tea for Writer

A Cup of Tea for Writer. Lahir pada September 2012 dari rahim Stiletto Book. Kumpulan tulisan 14 pemenang audisi plus dua editor (Herlina P. Dewi dan Triani Retno) juga empat penulis tamu (Reda Gaudiamo, Ollie, Ika Natassa & Dian Kristiani).  Naskah saya yang lolos di buku ini berjudul “Menyusuri Jalan Aksara” yang berkisah perjalanan menulis saya dari nol hingga sekarang.

TraveLove

TraveLove

TraveLove. Terbit April 2012 di bawah bendera B-First (lini Bentang Pustaka). Kumpulan kisah perjalanan sembilan travel writers. Saya menyumbang tulisan “Does Anybody Know Where Natalie Is?” Hal yang membanggakan adalah karena saya penulis termuda di buku ini. Simak komentar para pembaca di lapak ini.

Anugerah di Bulan Kelahiran

Anugerah di Bulan Kelahiran

Anugerah di Bulan Kelahiran. Terbit 12 Mei 2012 dari rahim Mozaik Indie Publisher. Kumpulan tulisan narablog Multiply Indonesia tentang makna hari ulang tahun dan hari ulang tahun paling berkesan dalam hidup. Saya menyumbang tulisan bertajuk “Sebatang Lilin di Musola“. Antologi ini berbentuk e-book yang bisa diunduh gratis di sini.

Kado Kecil untuk NTB

Kado Kecil untuk NTB

Kado Kecil untuk NTB. Terbit Januari 2012 secara indie melalui nulisbuku.com. Buku ini adalah kumpulan persembahan hati peserta lomba menulis “Bangga Menjadi Orang NTB” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun NTB ke-53. Saya meraih posisi keempat dalam lomba ini dengan tulisan berjudul “Menyemai NTB di Ladang Kata“. Tertarik membaca? Sila beli di sini.

Blogger Berbagi Kisah Sejati

Blogger Berbagi Kisah Sejati

Blogger Berbagi Kisah Sejati. Terbit pada Mei 2011 dari tangan-tangan cekatan IndiePro Publishing. Buku ini berawal dari lomba menulis untuk para blogger yang mengangkat tema “Berbagi Kisah Sejati”. Dari ajang tersebut terpilihlah para blogger yang akhirnya naskahnya dibukukan sebagai dokumentasi, juga kenang-kenangan. Tulisan saya “Muslimah Bukan Guru Andrea Hirata, Tapi…” berada di posisi lima besar.

Islam dan Terorisme

Islam dan Terorisme

Islam dan Terorisme. Terbit pada Februari 2010 di bawah ‘ketiak’ STAIN Purwokerto Press. Buku ini merupakan kumpulan tulisan pemenang dan nominator Lomba Penulisan Esai “Islam dan Terorisme” Mahasiswa Tingkat Nasional. Tulisan saya yang berjudul “Untung Ada Terorisme!” didapuk di peringkat kelima.

Menulis Mudah: Dari Babu Sampai Pak Dosen

Menulis Mudah: Dari Babu Sampai Pak Dosen

Menulis Mudah: Dari Babu Sampai Pak Dosen. Terbit tahun 2008. Berisi 34 tulisan (esai) para pemenang Lomba Menulis Mudah yang diadakan oleh www.webersis.com. Di dalam antologi ini juga ada karya Mbak Dewi ‘Dedew’ Rieka, penulis Anak Kos Dodol series dan Mbak Anindita Siswanto Thayf (novelis). Tulisan saya di buku ini berjudul “Keampuhan 3M”.

Antologi Cerpen Pelajar

Antologi Cerpen Pelajar

Antologi Cerpen Pelajar. Kumpulan cerita pendek pemenang dan finalis Lomba Cipta Cerpen Pelajar II se-NTB tahun 2006. Cerpen saya yang berjudul “Pepadu” berhasil meraih juara kedua.

Paripurna Dewan Bencana

Paripurna Dewan Bencana

Paripurna Dewan Bencana. Antologi tulisan pemenang dan finalis Lomba Cipta Cerpen Pelajar I NTB tahun 2005. Saya masih kelas XI IPA-1 ketika menulis cerpen “Masjid Sakaw” yang keluar sebagai salah satu finalis.

13 thoughts on “ANTOLOGI

    • masuk ke dashboard. kan, ada dua tuh versinya: khusus sama umum. masuk ke yang umum melalui ketikan: omnduut.wordpress.com/wp-admin.
      nanti di sebelah ada pilihan ‘Halaman’. Klik ‘Tambah Baru’. Bikin deh halaman yang Cek Yan inginkan. Tapi, memang halaman ini hanya bisa dibuat secara manual, isinya pun kalau ingin diperbarui juga harus melalui cara manual. Tidak kayak menu Blog, Notes, Photos, Music, etc. kayak di Multiply.
      Jadi, kalau ada postingan yang mau Cek Yan taruh di halaman ‘Review’, mau tak mau harus posting dulu lewat fitur ‘Tulisan’. Nanti masukkan tautannya di halaman’Review’.
      Demikian. Sila dicoba 🙂

  1. Ping-balik: Love Journey: ‘Perjalanan’ Indie Pertama « Setapak Aksara

  2. mas lalu, waktu awal-awal nulis, hasil karyanya di kirim ke publiser atau kemana? biar tulisan kita dibaca gitu.. aq punya beberapa tulisan yang menurut temen-temen layak di publikasiin.. cuma ga tau gimana caranya..

    • Kirim ke media massa, seperti koran, majalah. Terus juga nulis di blog. Di sana kenalan dengan banyak penulis juga penerbit. Terus ikut lomba-lomba menulis yang kompensasinya, tulisan pemenang akan dibukukan. Demikian. Semangat mencoba yaaa 🙂

    • Tergantung media massa-nya. Ada yang mensyaratkan tulisan harus benar-benar baru dan belum pernah dimuat di media mana pun. Ada yang justru bersedia menerima tulisan yang pernah diposting di blog. Tergantung sih, Maulida kirim ke media mana. So, baca dulu ketentuan mereka.

Sila Urun Tutur

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s